• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Tri Hita Kharana

goesdun

IndoForum Junior A
No. Urut
32661
Sejak
7 Feb 2008
Pesan
3.022
Nilai reaksi
66
Poin
48
Atma, Angga, dan Khaya, tiga kutub yang menjadikan suatu kehidupan. Jiwa, fisik, dan tenaga dalam satuannya mewujudkan suatu kehidupan yang berperan. Manusia dan kehidupan lainnya akan dapat berperan optimal bila ketiga kutubnya berada dalam keseimbangan. Tanpa jiwa adalah robot, tanpa fisik adalah dogma, dan tanpa tenaga adalah jimat yang hanya hidup dalam dunia khayalan.

Arsitektur terwujud dari ketiga kutub tersebut. Struktur bentuk merupakan fisik bangunan dengan daya adaptasinya sebagai tenaga dan dijiwai oleh pengurip dalam proses pembangunannya. Rangkaian upacara pengadaan bahan, nasarin, ngurip gegulak, ngaug sunduk, makuh, dan ngurip dimensi bentuk dan fungsi adalah proses penjiwaannya.

Sebagaimana manusia dan makhluk-makhluk lainnya, bangunan juga diterima sebagai suatu kehidupan tri hita kharana. Perumahan, banjar, dan desa juga diterima dan diperlakukan sebagai suatu kehidupan tri hita kharana. Masing-masing terwujud dari kesatuan perhyangan, pawongan, dan pelemahan untuk desa khayangan tiga sebagai jiwa, desa pakraman atau teritorial desa sebagai fisik dan sima krama atau warga desa sebagai tenaga.

Sebagaimana halnya manusia, bangunan, perumahan, banjar, dan desa juga wajib mewujudkan kesatuan jiwa, fisik, dan tenaga dalam suatu keseimbangan untuk dapat berperan sesuai dengan fungsinya. Sebagai lingkungan binaan, bangunan wajib memiliki ruang, stabilitas struktur, dan fungsi. Ada tempat pemujaan, tempat tinggal, dan tempat pelayanan. Pemakaian bangunan, penghuni rumah, anggota banjar, warga desa adalah satuan-satuan kehidupan yang diatur norma, sima, awig-awig, dan adat kebiasaan setempat dalam suatu sistem kekerabatan.
 
Namaste,
Inilah bentuk keseimbangan dan harmonisasi dalam Hindu.
Mind, body and soul, keseimbangan mikrokosmos dan makrokosmos.

AHIMSA
menolak semua bentuk kekerasan riil dan virtual
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.