magnum
IndoForum Activist C
- No. Urut
- 1320
- Sejak
- 27 Mei 2006
- Pesan
- 14.143
- Nilai reaksi
- 417
- Poin
- 83
Filter udara adalah bagian yang penting bagi kendaraan. Perangkat ini adalah ujung tombak yang menghalangi masuknya kotoran ke dalam mesin pembakaran. Filter udara terletak pada bagian atas karburator.
Selain menyaring debu yang masuk ke mesin pembakaran, filter udara juga berfungsi untuk mencegah nyala api dari mesin pada saat mesin dinyalakan kembali. Kalau sudah bercampur dengan debu mesin bisa ngadat. Kalau sampe mogok di jalan tentu kita dibikin repot. Karena pentingnya, baru-baru ini Nissan Motor melakukan recall terhadap 140.000 unit model Altima di Amerika Serikat karena bahan pembuatnya berpotensi membuat percikan api yang dapat membakar mesin.
Secara umum penyaringan filter udara pada kendaraan terdapat dua. Satu untuk keperluan optimalisasi sistem pembakaran dan filter pada rangkaian sistem pendingin (AC). Namun kita akan membahas filter pada mesin mobil.
Selain rajin membersihkan filter udara secara rutin, kita juga harus mengetahui jenis-jenis filter udara yang dijual di pasar sehingga kita dapat merawat sesuai dengan bahan dasarnya. Perawatan secara rutin juga ikut menentukan lama usia penggunaannya.
Apabila filter terbuat dari karton, maka kita perlu memperhatikan usia penggunannya. Filter ini memiliki usia yang relatif sebentar. Apabila penggunaannya sudah mencapai 5.000 km sebaiknya segera diganti. Pada pemakaian yang berlebihan, permukaan karton akan berbulu dan apabila dibiarkan serpihan bulu akan masuk bercampur dengan debu ke ruang bakar sehingga permukaan silender mesin akan tergores. Merawatnya sangat mudah, cukup dengan menyemprotnya dengan kompresor sampai debunya bersih.
Filter juga ada yang terbuat dari spons. Perawatannya juga relatif mudah, cukup dengan menyelupkan ke dalam air lalu dicuci dengan detergen. Kemudian diangini atau dijemur namun tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Rata-rata usia filter yang terbuat dari spon berusia 15.000 km.
Ada juga filter yang terbuat dari bahan serat katun. Perawatannya membutuhkan sabun khusus dan oli. Filter dikeluarkan lalu debunya dibersihan dengan cara diketuk hingga kotoran yang menempul berjatuhan. Gunakan alas yang empuk untuk mengetok filer. Setelah itu disiram dengan air mengalir dan disemprot dengan cairan tersebut. Diamkan selama 5 menit kemudian disiram lagi hingga sisa air bersih dari detergen dan berwarna jernih. Untuk mengeringkan, gunakan hair dryer atau kompresor. Semprot dengan kecepatan angin yang rendah.
Penutup saringan udara dan rumahnya jangan lupa dibersihkan dari kemungkinan perubahan bentuk atau kerusakan. Wadah saringan udara juga mengalami penumpukan debu atau basah karena sisa minyak pelumas. Bersihkan dengan air kemudian dikeringkan.
Okezone
Selain menyaring debu yang masuk ke mesin pembakaran, filter udara juga berfungsi untuk mencegah nyala api dari mesin pada saat mesin dinyalakan kembali. Kalau sudah bercampur dengan debu mesin bisa ngadat. Kalau sampe mogok di jalan tentu kita dibikin repot. Karena pentingnya, baru-baru ini Nissan Motor melakukan recall terhadap 140.000 unit model Altima di Amerika Serikat karena bahan pembuatnya berpotensi membuat percikan api yang dapat membakar mesin.
Secara umum penyaringan filter udara pada kendaraan terdapat dua. Satu untuk keperluan optimalisasi sistem pembakaran dan filter pada rangkaian sistem pendingin (AC). Namun kita akan membahas filter pada mesin mobil.
Selain rajin membersihkan filter udara secara rutin, kita juga harus mengetahui jenis-jenis filter udara yang dijual di pasar sehingga kita dapat merawat sesuai dengan bahan dasarnya. Perawatan secara rutin juga ikut menentukan lama usia penggunaannya.
Apabila filter terbuat dari karton, maka kita perlu memperhatikan usia penggunannya. Filter ini memiliki usia yang relatif sebentar. Apabila penggunaannya sudah mencapai 5.000 km sebaiknya segera diganti. Pada pemakaian yang berlebihan, permukaan karton akan berbulu dan apabila dibiarkan serpihan bulu akan masuk bercampur dengan debu ke ruang bakar sehingga permukaan silender mesin akan tergores. Merawatnya sangat mudah, cukup dengan menyemprotnya dengan kompresor sampai debunya bersih.
Filter juga ada yang terbuat dari spons. Perawatannya juga relatif mudah, cukup dengan menyelupkan ke dalam air lalu dicuci dengan detergen. Kemudian diangini atau dijemur namun tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Rata-rata usia filter yang terbuat dari spon berusia 15.000 km.
Ada juga filter yang terbuat dari bahan serat katun. Perawatannya membutuhkan sabun khusus dan oli. Filter dikeluarkan lalu debunya dibersihan dengan cara diketuk hingga kotoran yang menempul berjatuhan. Gunakan alas yang empuk untuk mengetok filer. Setelah itu disiram dengan air mengalir dan disemprot dengan cairan tersebut. Diamkan selama 5 menit kemudian disiram lagi hingga sisa air bersih dari detergen dan berwarna jernih. Untuk mengeringkan, gunakan hair dryer atau kompresor. Semprot dengan kecepatan angin yang rendah.
Penutup saringan udara dan rumahnya jangan lupa dibersihkan dari kemungkinan perubahan bentuk atau kerusakan. Wadah saringan udara juga mengalami penumpukan debu atau basah karena sisa minyak pelumas. Bersihkan dengan air kemudian dikeringkan.
Okezone