• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Tips&Trik mengenal Filter Udara dan perawatannya

magnum

IndoForum Activist C
No. Urut
1320
Sejak
27 Mei 2006
Pesan
14.143
Nilai reaksi
417
Poin
83
Filter udara adalah bagian yang penting bagi kendaraan. Perangkat ini adalah ujung tombak yang menghalangi masuknya kotoran ke dalam mesin pembakaran. Filter udara terletak pada bagian atas karburator.

Selain menyaring debu yang masuk ke mesin pembakaran, filter udara juga berfungsi untuk mencegah nyala api dari mesin pada saat mesin dinyalakan kembali. Kalau sudah bercampur dengan debu mesin bisa ngadat. Kalau sampe mogok di jalan tentu kita dibikin repot. Karena pentingnya, baru-baru ini Nissan Motor melakukan recall terhadap 140.000 unit model Altima di Amerika Serikat karena bahan pembuatnya berpotensi membuat percikan api yang dapat membakar mesin.

Secara umum penyaringan filter udara pada kendaraan terdapat dua. Satu untuk keperluan optimalisasi sistem pembakaran dan filter pada rangkaian sistem pendingin (AC). Namun kita akan membahas filter pada mesin mobil.

Selain rajin membersihkan filter udara secara rutin, kita juga harus mengetahui jenis-jenis filter udara yang dijual di pasar sehingga kita dapat merawat sesuai dengan bahan dasarnya. Perawatan secara rutin juga ikut menentukan lama usia penggunaannya.

Apabila filter terbuat dari karton, maka kita perlu memperhatikan usia penggunannya. Filter ini memiliki usia yang relatif sebentar. Apabila penggunaannya sudah mencapai 5.000 km sebaiknya segera diganti. Pada pemakaian yang berlebihan, permukaan karton akan berbulu dan apabila dibiarkan serpihan bulu akan masuk bercampur dengan debu ke ruang bakar sehingga permukaan silender mesin akan tergores. Merawatnya sangat mudah, cukup dengan menyemprotnya dengan kompresor sampai debunya bersih.

Filter juga ada yang terbuat dari spons. Perawatannya juga relatif mudah, cukup dengan menyelupkan ke dalam air lalu dicuci dengan detergen. Kemudian diangini atau dijemur namun tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Rata-rata usia filter yang terbuat dari spon berusia 15.000 km.

Ada juga filter yang terbuat dari bahan serat katun. Perawatannya membutuhkan sabun khusus dan oli. Filter dikeluarkan lalu debunya dibersihan dengan cara diketuk hingga kotoran yang menempul berjatuhan. Gunakan alas yang empuk untuk mengetok filer. Setelah itu disiram dengan air mengalir dan disemprot dengan cairan tersebut. Diamkan selama 5 menit kemudian disiram lagi hingga sisa air bersih dari detergen dan berwarna jernih. Untuk mengeringkan, gunakan hair dryer atau kompresor. Semprot dengan kecepatan angin yang rendah.

Penutup saringan udara dan rumahnya jangan lupa dibersihkan dari kemungkinan perubahan bentuk atau kerusakan. Wadah saringan udara juga mengalami penumpukan debu atau basah karena sisa minyak pelumas. Bersihkan dengan air kemudian dikeringkan.


Okezone
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.