• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

[Tips] Memandikan Anjing

cks2809

IndoForum Junior D
No. Urut
7702
Sejak
9 Okt 2006
Pesan
2.030
Nilai reaksi
104
Poin
63
Hampir semua jenis anjing tidak terlalu senang kalau harus bersentuhan dengan air. Apalagi jika anda harus memandikan mereka. Untuk mengatasi masalah ini, tidak salah kalau mencoba tips berikut ini.

Memandikan anjing adalah bagian yang harus dilakoni oleh para pemilik anjing kesayangan. Meski untuk kegiatan ini banyak yang segan, karena anjing termasuk binatang yang tidak begitu senang dimandikan. Ada kalanya, pada waktu dimandikan si anjing menjadi sulit dikontrol, mereka berlari kesana kemari hingga harus ditangkap lagi, dimandikan lagi, bahkan lebih berabe lagi karena anjing bisa saja mengibaskan tubuh mereka yang masih basah ke berbagai tempat di dalam rumah anda. Wah, pokoknya, kalau ini sampai terjadi bisa kacau jadinya. Lantas apa yang bisa kita lakukan,?

Langkah - langkah berikut bisa dicoba untuk memudahkan memandikan anjing anda. Langkah awal sebelum memandikan anjing anda, sikatlah tubuh anjing dengan sikat yang lembut. Hal ini bisa memberikan stimulan dan memberi rasa nyaman kepada mereka. Ini perlu dilakukan karena, bulu-bulu anjing yang masih kusut akan mempersulit proses memandikan. Setelah rapi anjing akan lebih gampang dimandikan, selain itu perlu diingat untuk menyiapkan berbagai keperluan mandi seperti shampoo, sabun, handuk dan sebagainya. Letakkan barang-barang tersebut di tempat yang mudah dijangkau. Bila anda memandikan anjing di kamar mandi, lebih baik bila menutup kamar mandi tersebut untuk menghindari anjing keluar dari kamar mandi pada saat dimandikan.

Sedangkan anjing yang dimandikan diluar kamar mandi atau daerah terbuka seperti halaman depan rumah, maka jangan lupa anda mengikatkan tali pengikat anjing tersebut agar lebih mudah dikontrol. Biasanya anjing lebih suka dimandikan dengan air hangat, untuk itu sebaiknya hindari pemakaian air yang agak panas atau air yang terlalu dingin. Bila langkah-langkah tersebut telah rampung, kemudian anda boleh memulai dengan meletakkan anjing ke dalam bak mandi untuk memulai proses pemandian. Secara berangsur-angsur masukkan kaki depan terlebih dulu kemudian diikuti dengan memasukkan kaki belakang, jangan pernah memasukkan tubuh anjing secara keseluruhan pada waktu bersamaan. Hal lain yang patut dipertimbangkan adalah ; bila tubuh anda lebih kecil atau anda merasa kesulitan untuk menghandle anjing anda sendirian, tidak ada salahnya meminta bantuan seseorang.Bila tubuh anjing telah dimasukkan ke dalam bak, boleh dimulai dengan membasahi tubuhnya perlahan atau sedikit demi sedikit.

Pada fase ini, bagian kepala tidak perlu dibasahkan terlebih dahulu karena anjing cenderung melakukan gerakan mengibas bila kepalanya terkena air, dan pada saat dibasahi moncong dan bagian kepala anjing dipegangi supaya dia tidak leluasa melakukan gerakan mengibas. Pakaikan kapas untuk menyumbat telinga anjing pada saat memandikan. Pada saat melakukan penyampoan atau membersihkan tubuh dengan sabun, upayakan agar busa shampoo ataupun sabun tidak masuk ke telinga atau ke bagian mata anjing. Bila ini terjadi akan membuat anjing tidak nyaman. Pergunakan shampoo sedikit saja, karena busa yang terlalu banyak akan menyulitkan anda mencuci. Pada bagian kepala dianjurkan untuk dilakukan pada akhir proses memandikan, dimulai dengan menyabuni bagian moncong hingga, hidung hingga ke bagian atas kepala.

Kalau proses penyabunan telah rampung, bilaslah tubuh anjing anda dengan menggunakan air yang dialirkan melalui selang. Ini lebih memudahkan anda dalam membersihkan setiap bagian tubuh yang dibaluti busa sabun maupun shampoo. Lakukan fase ini hingga anda merasa benar-benar telah melakukan secara sempurna. Pastikan tidak ada sabun yang tertinggal, karena hal ini akan menyebabkan ketidaknyamanan manakala tubuh anjing telah mengering.

Terakhir, anda bentangkan handuk didepan anjing lalu biarkan dia mengibaskan tubuh. Bila anjing anda tidak melakukan gerakan mengibas, tiup bagian telinga dengan keras, biasanya langkah ini akan membuat dia melakukan gerakan tersebut. Kemudian bila anjing anda memiliki bulu-bulu yang tebal, peras bulu anjing dari bagian kepala terlebih dahulu, baru kemudian ke bagian punggung, perut dan terakhir di bagian kaki. Usahakan skema diatas dilakukan setiap melakukan pengeringan, agar pengeringan tidak dilakukan berulang-ulang.Setelah bulu-bulu anjing sudah dirasakan kering dan tidak menetes lagi, biarkan dia bebas kembali. Buka pintu kamar mandi beriut ikatannya, maka anda selalu melihat semangat baru menyertainya. Selamat mencoba!.

(Disarikan dari berbagai Sumber)
 
kadang2 kalo anjing takut air repot juga,kadang2 abis di mandiin ehh keluar trss kotor2an lagi /an

ga bole air dinggin yah /hmm

Nice Tips /no1
 
Hmm... yah, namanya juga mandiin hewan piaraan, kadang penuh perjuangan... /heh

yah, seperti orang aja, kalo mandi tiba2 dikasi air dingin kan kaget n jadi gmana gitu... jadi mesti anget2... hehee.../heh
 
anjing gw mandi seminggu 2 kali, keseringan ga ya ?
habis mandi dikeringkan pake 2 hair dryer....
belum beli blowernya sih
 
doelo aku juga poenya anjing:)
aku mandiin 2 hari sekali......
tapi sekarang udah hilanggggggggggggg :))
 
ga pernah punya anjing.... soalnya dilarang agama...
padahal anjing itu lucu,, apalagi herder yang tingginya >100cm an lucuuu,,,
 
@FBR Master
wew kalau herdernya tinggi 100 cm, ga lucu lagi, tapi serem bgt /wah
blm pernah gw liat anjing se tinggi itu :P
btw kenapa memandikan anjing ga boleh pake air dingin ya ?
biasanya doggy dirumah dimandikan siang hari sekitar jam 11 gitu, jadi air nya udah mayan hangat /heh
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.