• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Tips Interview Ala Gue

Angela

IndoForum Activist A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
18.404
Nilai reaksi
4
Poin
0
Tips Interview Ala Gue

Sumber gambar : residence daer cole

Gan sis.. karena pandemi Corona yg lagi hits banyak efek buruk yg terjadi salah satunya adalah PHK Massal. Banyak pengangguran terjadi karena income yg di dapat oleh perusahaan tidak mendapar prosentase yg sesuai untuk menggaji karyawan. Oleh sebab itu banyak nya PHK massal menciptakan kita semua khawatir.

Sekarang perusahaan pun lebih selektif dalam pemilihan karyawan, lebih ketat & persaingan yg lebih banyak dari sebelumnya. Kali ini ada beberapa tips yg dapat di pakai untuk interview supaya gan sis lebih siap dalam persaingan.

1. First Impression
Kesan perdana di saat akan mengerjakan interview pekerjaan sangat penting. Lakukan kesiapan se-sempurna mungkin. Dari baju, make up, hair styling ataupun sepatu. Karena kesan perdana yg menyengkan akan menciptakan pihak perusahaan tertarik. Ingat tidak ada satupun perusahaan yg akan meng-hire karyawan yg berpenampilan buruk. Selain itu jangan lupa menciptakan lamaran & CV semenarik mungkin. Sekarang CV yg baik tdk cuma menyamtumkan pengalaman kerja saja, namun gan sis harus menjabarkan di perusahaan sebelumnya memiliki posisi apa & job description kerjanya seperti apa.

2. Kesiapan Diri
Selain look yg oke jangan lupa mempersiapkan diri sendiri dengan baik. Tidak terlalu tegang maupun santai. Perhatikan cara duduk, berdiri & jangan lupa tatap mata sang HRD dengan tujuan anda benar benar mengharapkan posisi tersebut. Tatapan mata juga di artikan bahwa anda siap & juga matang dengan pekerjaan yg di tawarkan. Selain itu pahami posisi diri sendiri, skill & juga kemampuan kemampuan lainnya. Nah di saat sengga g sebaiknya gan sis memperbanyak mengasah keahlian melalui internet. Banyak pelatihan gratis yg dapat mengeluarkan sertifikat supaya gan sis lebih jadi pribadi yg matang.

3. Kenali Perusahaan
Sebelum gan sis apply sebuah lamaran alangkah baiknya mempertimbangkan posisi yg di lamar apakah sesuai dengan keahlian atau tidak. Selain itu harus mengetahui bahwa perusahaan tersebut bergerak di bidang apa, apakah kecantikan, kesehatan, ataupun yg lain. Sedikit info, jangan pernah meragukan diri sendiri pada saat interview. Lebih percaya diri & harus penuh kesiapan. Setidaknya gan sis juga memiliki citra pada perusahaan tersebut. Tak jarang pihak HRD akan menanyakan beberapa pertanyaan menjebak seperti " bila anda bekerja di sini apa progress yg anda lakukan untuk 6 bulan kedepan? ".
Dan jangan lupa banyak membaca & belajar mengenai problem solved. Karena tak jarang pihak HRD akan memberikan pertanyaan sulit seperrti " di saat pandemi income perusahaan sangat turun drastis, maka apa yg akan anda lakukan selain mengerjakan penjualan secara online ? ". Nah sudah kebayang sebuh jawaban belum?

4. Fun and Easy
Mengikuti ritme sang HRD saat berbicara, kadang ada beberapa HRD sangat humoris maka gan sis harus dapat mengikuti jokes tersebut tetapi ingat jangan berlebihan. Di tahun-tahin ini kebanyakan interview bersifat lebih santai & tidak setegang dulu. Ingat gan sis harus dapat menguasai situasi. Jangan terlalu tegang karena akan berakhibat nge-blank, gagap, pandangan mata kemana mana. Jadi yg pasti harus siap. Sebelum interview jangan lupa tarik napas panjang

5. Berdoa
Yang awal & akhir tetap no 1 adalah berdoa, doa adalah langkah pembuka supaya lancar pada saat berhadapan dengan HRD. Selebihnya setelh selesai interview pasrahkan semua kepada Tuhan. Setidaknya gan sis sudah mengerjakan yg terbaik & penuh dengan kesiapan. Dan berdoa semoga tidak ada KKN (Kolusi Korupsi Nepotisme). Jangan lupa tetap sering bersyukur & tersenyum pada saat interview berakhir.

So semoga tips tips di atas dapat menolong gan sis semua supaya segera mendaparkan pekerjaan yg lebih baik. Ingat bila saat ini gan sis belum mendapar pekerjaan, pakai waktu luang itu untuk banyak membaca, belajar dari berbagai media ataupun mengikuti pelatihan online. Karena hal tersebut sangat berguna pada waktu interview. Semoga berhasil. Hari ini 18:06
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.