• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Tips Hilangkan Duri di Bandeng

steven yan

IndoForum Junior D
No. Urut
208832
Sejak
2 Jan 2013
Pesan
1.870
Nilai reaksi
23
Poin
38
f4qAp.jpg

MENGONSUMSI ikan memang paling menyebalkan karena banyak memiliki duri, apalagi beberapa jenis ikan air tawar. Salah satunya adalah ikan bandeng. Kini ada cara mudah buat menghilangkan durinya.

Berikut ini ada beberapa cara terbaik buat menghilangkan duri pada ikan bandeng, sehingga dalam mengolahnya pun Anda jadi lebih dimudahkan:

Bersihkan sisiknya
Hilangkan terlebih dahulu sisik ikan. Jika duri sudah hilang, maka sulit untuk membersihkan sisiknya.
Sayat punggung bandeng
Setelah membersihkan sisiknya, maka sayat punggung bandeng, tapi jangan sampai dalam karena akan ada beberapa duri yang terpotong. Cukup sayat punggung dari ekor ke kepala.
Ikuti arah badan ikan
Untuk mempermudah dalam menyayatnya maka sayat sedikit bagian ekornya agak ke dalam dengan mengikuti ara duri (duri ekor sudah terlihat dan bisa dijadikan pegangan)

Pegang ekor dan kepala ikan
Demi menghindari ikan jadi berantakan, maka pegang bagian ekor dan kepala ikan, lalu tarik ekor secara perlahan (tarik kuat dan perlahan). Jika kurang kuat, kepala bisa agak ditekuk, sehingga terdengar bunyi "krek". Duri pun akan tercabut dengan sendirinya. Sayatan pada punggung bisa diteruskan lebih dalam sampai bandeng terbelah dan bersihkan kotorannya​

Gunakan pinset

Untuk mencabut durinya, maka gunakan pinset untuk mencabutnya.​
 
Bandeng atau ikan secara umum memang kuliner lezat, mau diapain juga masaknya: digoreng, dibakar, digulai. Tapi ya kudu hati-hati sama durinya. Kalau ada cara 'membasmi' duri ikan wah sangat membantu banget.

Thanks ya infonya...
 
nah ini yg bermanfaat,ntar di coba dlu bro,ini menghilangkan duri² halusnya jga kh? soalnya sy pecinta ikan bandeng bro,cuma agak risih dgn durinya :D
 
kalau udah mateng di warteg ngilanginnya gimana? :D
ane biasanya main sikat aja kalau duri yang lembutnya :D
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.