• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Tips Belanja Barang Bebas Pajak

Axl Enoch

IndoForum Newbie B
No. Urut
77255
Sejak
7 Agt 2009
Pesan
204
Nilai reaksi
9
Poin
18
APA yang biasanya Anda lakukan di bandara internasional? Jujur saja, tidak banyak yang bisa dikerjakan selain cuci mata di toko-toko (duty free) yang ada, dan sesekali Anda mungkin tergoda lalu mengeluarkan uang dari dompet untuk membeli sesuatu. Kebanyakan dari kita tahu pasti apa yang kita butuhkan, bisa aftershave, parfum, sebotol minuman atau mungkin rokok. Namun, di mana tempat terbaik untuk membeli barang-barang seperti itu?

Kebanyakan orang yang bepergian dengan penerbangan internasional umumnya punya tiga pilihan ketika membeli barang bebas pajak. Bisa di terminal keberangkatan, dalam pesawat, atau di terminal kedatangan. Secara logis, orang berpikir harganya pasti sama dan tidak membuat perbandingan, tetapi itu salah besar.

Kadang-kadang untuk barang yang sama ukuran, merek dan tipe, harganya bisa amat berbeda. Maka, Anda perlu membuat perhitungan sebelum mengeluarkan uang. Tidak percaya? Coba saja lakukan survei kecil-kecilan saat Anda bepergian.

Berikut ini hasil amatan asiatravel.com beberapa waktu lalu, khusus untuk jalur penerbangan Hong Kong ke Bangkok. Rokok Mild Seven di dalam pesawat harganya 12 dollar AS, di Hong Kong International Airport (HKIA) rokok ini dihargai 120 dollar Hong Kong atau setara dengan 14,8 dollar AS, dan di Bangkok International Airport (BIA) harganya 480 bath Thailand atau sekitar 12,2 dollar AS. Dengan membeli langsung saat penerbangan (dalam pesawat) Anda menghemat 2 dollar AS per pak isi 200. Untuk barang berharga murah seperti rokok perbedaan harganya kecil namun tetap saja layak diperhitungkan.

Sekarang, coba bandingkan dengan barang yang harganya lebih besar seperti sebotol Chivas Regal Royal Salute. Dalam penerbangan Anda mengeluarkan uang 62 dollar AS, di HKIA 800 dollar Hong Kong (sekitar 103 dollar AS), dan di BIA harganya 5.320 bath (sekitar 136 dollar AS!!!). Sangat besar bukan? Dengan jumlah uang yang Anda keluarkan untuk sebotol Chivas Regal di BIA, Anda bisa beli dua botol di pesawat.

Namun Anda perlu ingat bahwa stok barang di pesawat terbatas. Jika pesawat tidak memiliki stok barang yang Anda harapkan, Anda tidak punya pilihan kecuali membeli saat sampai di terminal kedatangan. Perlu diketahui juga bahwa harga-harga berubah setiap waktu, jadi pastikan Anda punya informasi terbaru yang memadai sehingga Anda bisa menghemat uang Anda!
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.