• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Tips agar gorengan tetap renyah

SweetHeart

IndoForum Beginner A
No. Urut
65447
Sejak
1 Mar 2009
Pesan
1.263
Nilai reaksi
144
Poin
63
gorengan.jpg


Bagaimana cara menjaga kerenyahan penganan gorengan jika kita tidak langsung menyajikannya setelah digoreng? Berikut beberapa tips mengenai serba-serbi gorengan...

- Digoreng jangan terlalu lama sebelum disajikan (kalau disajikan siang hari, goreng pagi harinya saja, jangan malam sebelumnya), atau dalam adonannya tepungnya ditambahkan tepung beras.

- Bisa juga dihangatkan di oven dengan api kecil.

- Setelah digoreng langsung letakkan di tissue/kitchen towel, dan jangan ditumpuk langsung dengan gorengan lainnya. Fungsinya tissue/kitchen towel tersebut untuk menyerap minyak supaya gorengan tidak lengket satu sama yang lain.

- Untuk menambah kerenyahan, pada adonan tepung untuk menggoreng bisa dicampurkan tepung sagu/kanji dengan perbandingan 1 sendok teh tepung sagu/kanji untuk 3-5 sendok makan tepung terigu. Sebaiknya dicoba dulu sampai pas perbandingannya, karena kalau terlalu banyak sagu/kanji bisa jadi keras sekali.

- Untuk menambah kegurihan, tambahin sedikit aja garam, atau kadang aku kasih royco rasa ayam sejumput saja.

- Setelah digoreng jangan langsung disimpan ditempat tertutup. Biarkan dulu kena angin dan baru ditaruh di tempat tertutup kalau mau dibawa ke tempat tujuan.

- Kalau gorengan sudah kurang renyah, agak melempem, bisa dipanaskan sebentar dalam panggangan roti yang seperti oven (toaster oven), supaya jadi renyah lagi.

- Bisa juga ditambahin sedikit air kapur sirih di adonan tepungnya supaya gorengan tetap renyah. Terus, gorengnya sebaiknya dengan minyak yang banyak. Jadi, biarpun bertumpuk-tumpuk, gorengan dijamin tetap renyah. Tapi hati-hati, kalau kebanyakan air kapur sirih, malah jadi keras gorengannya.

- Cara membuat air kapur sirih: beli kapur sirih dipasar, ditukang bunga rampai atau ditukang jual bumbu dapur. Taruh ditoples kaca, tutupin. Kalau mau dipakai kasih air sedikit, goyang-goyang botolnya supaya kapurnya larut sedikit. Tinggal tuang airnya, siap dipakai.

- Ada yang bikin pisang goreng, tapi tepungnya pake tepung beras Rose Brand. Tepung berasnya cuma dicampur dengan telur, 1 gram pewarna kuning biar gak pucet dan air kapur sirih sedikit. Terus digoreng.

- Ada yang bikin tepung pisang goreng dengan cara mirip yang diatas, cuman ditambah tepung kanji dengan perbandingan 1:2 untuk tepung kanji sama tepung beras. Kemudian pakai 1 butir telur puyuh, garam dan gula pasir dikit (supaya tepungnya berwarna agak kecoklatan) terus air kapur sirih.

- Cara berikut ini lebih enak, tepung lebih renyah, garing dan awet, tapi bikinnya lebih susah. Tepungnya pake segitiga dikasih mentega, diaduk terus sampai rata, baru dikasih air sedikit sedikit sampai cukup konsentrasinya (tidak terlalu encer).

- Untuk menjaga gorengan tetap renyah:
1. Tambahkan santan di adonan tepung
2. Tambahkan tepung beras dan tepung tapioka di adonan tepung terigu.
3. Jangan tutup wadah gorengan sebelum dingin betul
4. Sisa minyak goreng harus benar-benar tiris
5. Untuk gorengan yang gurih-gurih (martabak, bakwan, perkedel dll), tambahkan putih telur diadonan tepung
 
Nice info kk, info yang penting agar jika menggoreng tetap renyah dalam waktu yang lebih lama /no1
 
yummyyy...
saya tes dulu...
hehe
 
kalo begini caranya bgus dah. daripada masukin sedotan ke dalam minyak yang sudah panas untuk bikin gorengan tetep renyah walaupun sudah bermalam
 
^
wew jadi gak sehat donk.... brarti abang2 yg suka jual gorengan pake sedotan ya??? @_@
 
sayang anak sayang istri.... buat gorengan Nyukkkkkkkk !!!!
 
@prohacker.
kebanyakan sie gitu. biar dibawa keliling juga tetep renyah hahaha
 
Amit...Amit...
Anak Bagong mau post...

Oooo gtu toh cara biar gorengan tetep garing..... /hmm
Nais info & Keep Posting....... /no1
Grazie...... /thx /thx /thx
 
tnk gan infonya...kalau tips untuk supaya kentang goreng tetap renyah gimana gan? minta infinya juga dong
Toko Bunga
 
Mantab.............................izin save yah...............................
 
makasi ya buat infona gorengan saya jadi gak gampang melempem
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.