• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

TIPS AGAR ANAK TETAP CERIA DI MASA PANDEMI

Angela

IndoForum Activist A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
16.849
Nilai reaksi
4
Poin
0


TIPS AGAR ANAK TETAP CERIA DI MASA PANDEMI


Pandemi corona pun berdampak pada anak. Hal ini dimulai dari kurangnya kesempatan anak untuk bermain & belajar secara bebas di alam terbuka, hingga minimnya keleluasaan mereka dalam bersosialisasi bersama teman-teman.

Hal tersebut secara tidak langsung dapat mempengaruhi kondisi fisik & mental anak. Contohnya, mereka jadi kurang bahagia, mudah stres hingga depresi. Sebagai orang tua, Anda pasti tak harap kejadian tersebut menimpa anak, bukan?

Untuk itu, penting bagi orang tua supaya sering membekali anak dengan berbagai cara dalam menjaga keceriaannya meski di rumah saja. Dalam merealisasikan hal tersebut, Dokter Spesialis Anak di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Annisa Rahmania Yulman pun membagikan tipsnya.

Spoiler for TIPS PERTAMA:

TIPS AGAR ANAK TETAP CERIA DI MASA PANDEMI

Menjamin pertumbuhan & perkembangan anak secara optimal. Selain memperhatikan asupan makanan yg bergizi seimbang, ini juga dilakukan lewat menghindari gaya hidup kurang gerak.

Untuk mencapai kualitas kehidupan yg baik & aktif, anak diharuskan makan makanan yg sehat & bernutrisi seperti karbohidrat, lemak & protein.


Spoiler for TIPS KEDUA:

TIPS AGAR ANAK TETAP CERIA DI MASA PANDEMI

Melakukan aktivitas fisik selama minimal 30 menit setiap hari juga penting, katanya dalam webinar Bicara Sehat RSUI pada 23 Juli 2020.


Spoiler for TIPS KE TIGA:

TIPS AGAR ANAK TETAP CERIA DI MASA PANDEMI

Penggunaan gadget juga harus diawasi dengan bijak. Sebab, teknologi yg dipakai secara berlebihan juga dapat menimbulkan berbagai risiko buruk pada anak. Ini termasuk adiksi seperti anak sulit konsentrasi hingga mudah tantrum.

Orang tua harus mempunyai dalih & strategi untuk mengatur screen time anak. Untuk anak 0-1 tahun, tidak boleh ada screen time. Sedangkan untuk anak di atas usia 1-2 tahun, orang dewasa harus sering mendampingi anak-anak dalam memanfaatkan gawainya. Usahakan 30 menit sekali istirahat, katanya.

Ninis itu juga menjelaskan bahwa pergerakan anak yg mencakup motorik kasar & motorik halus tetap harus terpenuhi selama masa pandemi ini. Motorik kasar & motorik halus wajib seimbang & hal tersebut merupakan kewajiban orang tua untuk menciptakan permainan yg menyenangkan & mempertimbangkan pergerakan motoriknya, katanya.


Spoiler for TIPS KE EMPAT:

TIPS AGAR ANAK TETAP CERIA DI MASA PANDEMI

Terakhir & tak kalah penting, orang tua dituntut kreatif untuk dapat bermain bersama anak. Anak-anak di masa pandemi ini banyak kehilangan waktu bermain di luar rumah. Jadi sebagai orang tua, Anda perlu memenuhi kebutuhan & kreativitasnya sehingga walaupun anak terpaksa bermain dalam rumah, tidak mengalami kebosanan, katanya.


SUMBER​
Kemarin 23:53
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.