• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Tifan

al_hudzaifah

IndoForum Junior A
No. Urut
18915
Sejak
16 Jul 2007
Pesan
3.389
Nilai reaksi
60
Poin
48
;;) ... Bro mo nanya nih :

1. Ada yang tau tentang beladiri TIFAN gak?
2. Share deskripsi dan sejarahnya dong

Trims sebelumnya ... ;;)
 
Tifan, Kungfu anti Syirik​

mainimg.jpg



Menyenangkan sekali melakukan tarbiyah jasadiyah (pendidikan bagi tubuh) yang menjadi hobby saya yang satu ini, yaitu beladiri. Setelah sekian lama tak bergaul dengan tarbiyah semacam ini, yaitu setelah perisai diri yang saya ikuti saat smp dulu bubar, akhirnya saya bisa merasakan bentuk lain beladiri, dan tentunya yang sekarang lebih islami, katanya. Tifan, merupakan beladiri yang menurut sejarah di kembangkan di daerah cina yang merupakan gabungan dari beberapa cabang beladiri yang ada pada saat itu. Pada saat itu berbagai macam aliran beladiri sedang berkembang di daerah sana, karena jaman tersebut adalah jaman perang.

Saat itu banyak muslim yang sedang melakukan syiar agama Islam ke daerah cina, dan tentu saja banyak tantangan yang mereka hadapi, terutama secara fisik. Oleh karena itu akhirnya mereka mengambangkan sebuah beladiri yang Islami yang akhirnya mereka sebut tifan. Karena banyak beladiri yang di dasarkan pada agama mereka, seperti kungfu shaolin, Budha, Yoga dll dan juga beladiri beladiri yang menanamkan kesyirikan karena memakai tenaga dalam yang tentu saja secara normal manusia tak bisa melakukannya. Karena tenaga dalam yang ada menggunakan bantuan Jin.

Tifan sendiri sejak keberadaan awalnya telah pecah menjadi beberapa aliran, berdasar info dari Mentor Tifan ku di MMI, salah satunya aliran Tsufuk. Mungkin aliran inilah yang sekarang sedang dalam proses penyebaran di Indonesia. Dimana pusatnya adalah di Bandung, untuk saat ini.

Selain tifan, masih ada beberapa hal lain yang masih terkait dengan seni beladiri yang membuat saya penasaran yaitu capoiera dan beladiri yang digeluti oleh aktor Tony Jaa. Mungkin lain kali akan saya ulas lebih dalam.

Sumber : Thifan Po Khan Tsufuk Lanah AMIKOM Blog
 
:-O ... Makasih buat infonya bro ... kalo boleh tau cabang2nya di indonesia ada di mana aja ?, di palembang ada gak ya ? ... :D
 
aq baru denger tuh ada beladiri TIFAN......sama ga kayak karate....
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.