• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

The Lounge Forum Islam

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. /gawi

Wah pada bahas apaan nih? Nikah? /hmm

Pelajari Tauhid dengan baik dulu sebelum memutuskan nikah (pesan guru ane ini). /ok
Dan juga pengetahuan tentang pernikahan yang Islami dipelajari juga. /no1

termasuk dalam psikis bro dlm penggolongan baik SQ (utama), EQ dan IQ :D
gpp bhs nikah biar pd semangat ama memecahkan problematika pernikahan, kek cth pernikahan thdp berbeda pemeluk agama lain :D
 
Gw nikah nanti ketika fisik, ekonomi dan psikis (Kecerdasan Intelektual siap, Kecerdasan Emosional gw siap/Pengendalian hawa nafsu siap, dan kecerdasan spritual gw siap).

utk nusyus dan syiqaq bole, ente duluan >:D<
tar gw lanjut sharing ato nanya yg lom bisa :)

Pistol air kayaknya :D

cobain ya...

Nusyus adalah keadaan dimana suami atau istri dengan sengaja melalaikan kewajiban terhadap pasangannya baik lahir dan atau batin.

misal nusyus dari istri adalah menentang perkataan suami, dan sengaja menyakiti hati suaminya seperti sengaja tidak melayani pangan suami, atau pergi tanpa seijin suami, dll.
Sedangkan dari pihak suami, seperti bertindak kasar bukannya lemah lembut atau seperti melalaikan memberi nafkah lahir batin.

Segitu dulu mungkin, entar saya update lagi.

silahkan dikomentari.
Wallahualam....
 
cobain ya...

Nusyus adalah keadaan dimana suami atau istri dengan sengaja melalaikan kewajiban terhadap pasangannya baik lahir dan atau batin.

misal nusyus dari istri adalah menentang perkataan suami, dan sengaja menyakiti hati suaminya seperti sengaja tidak melayani pangan suami, atau pergi tanpa seijin suami, dll.
Sedangkan dari pihak suami, seperti bertindak kasar bukannya lemah lembut atau seperti melalaikan memberi nafkah lahir batin.

Segitu dulu mungkin, entar saya update lagi.

silahkan dikomentari.
Wallahualam....

Kalau bgt si Istri apabila digituin (termasuk jg Zihar) bisa mengajukan gugatan cerai, sesuai surat Al-Mujadalah ayat 1-5

58-1: Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan (wanita) yang mengemukakan bantahan kepada engkau tentang suaminya, dan dia mengadukan kepada Allah. Dan Allah mendengar soal jawab antara kamu berdua. Sesungguhnya Allah adalah al-Sami’ (Maha Mendengar), lagi al-Basir (Maha Melihat).

58-2: Orang yang menzihar isterinya antara kamu, (menganggap isterinya sebagai ibunya), tidaklah mereka (isteri-isteri mereka) itu ibu-ibu mereka. Ibu-ibu mereka tidak lain hanyalah (wanita) yang melahirkan mereka. Dan sesungguhnya mereka benar-benar mengucapkan perkataan mungkar dan dosa. Dan sesungguhnya Allah adalah al-‘Afuww (Maha Pemaaf), lagi al-Ghafur (Maha Pengampun).

58-3: Orang yang menzihar isteri-isteri mereka, kemudian mereka hendak menarik kembali apa yang mereka ucapkan, maka hendaklah memerdekakan seorang budak sebelum kedua-duanya (suami isteri itu) bercampur. Demikianlah yang diajarkan kepada kamu, dan Allah terhadap apa yang kamu kerjakan adalah al-Khabir (Maha Mengerti/Mengenal).

58-4: Sesiapa yang tidak mendapatkan (budak), maka berpuasa dua bulan berturut-turut sebelum kedua-duanya bercampur. Maka sesiapa yang tidak kuat hendaklah memberi makan enam puluh orang miskin. Demikianlah supaya kamu beriman kepada Allah dan rasul-Nya. Dan itulah hukum-hukum Allah, dan bagi orang-orang kafir ada azab yang pedih.

eh yo skalian gw kasi definisi ama penjelasan2 ttg Zihar

Zihar

Zhihar menurut syariat adalah apabila seorang suami menyamakan isterinya dengan seorang wanita yang haram dinikahi olehnya selama-lamanya, atau menyamakannya dengan bagian-bagian tubuh yang diharamkan untuk dilihatnya, seperti punggung, perut, paha dan lainnya seperti perkataannya kepada isterinya,”kamu bagiku seperti punggung ibuku atau saudara perempuanku” atau dengan menghilangkan kalimat,”bagiku” (al Fiqhul Islami wa Adillatuhu juz IX hal 7124)

Dari kalimat pertanyaan anda diatas : “dan kemiripan dengan ayahnya,(meskipun sebenarnya tidak terlalu mirip)…..? apakah yang anda maksudkan dengan kata ganti nya didalam kata ayahnya kembali kepada ayah suami atau ayah anda? Meskipun suatu hal yang wajar dan biasa apabila wajah seseorang ada kemiripan dengan ayahnya sendiri.
Apapun maksud yang diinginkan dari kalimat tersebut, intinya didalam permasalahan ini adalah, bagi anda—seorang istri—maka tidaklah termasuk zhihar hanya karena terbayang-bayang bahwa wajah suami anda ada kemiripan baik dengan wajah ayah anda ataupun dengan wajah ayahnya sendiri (mertua anda).

Zhihar tidaklah terjadi dari perkataan seorang istri akan tetapi dari perkataan seorang suami, sebagaimana firman Allah swt :

58-3: Orang yang menzihar isteri-isteri mereka, kemudian mereka hendak menarik kembali apa yang mereka ucapkan, maka hendaklah memerdekakan seorang budak sebelum kedua-duanya (suami isteri itu) bercampur. Demikianlah yang diajarkan kepada kamu, dan Allah terhadap apa yang kamu kerjakan adalah al-Khabir (Maha Mengerti/Mengenal).


Jadi seandainya seorang istri mengatakan kepada suaminya,”Anda seperti punggung ayahku” maka hal itu tidaklah termasuk zhihar menurut kebanyakan ulama, seperti Imam Malik, Syafi’I, Ishaq dan Abu Tsaur.

Namun demikian diharuskan baginya si suami itu kafarat sumpah yaitu memberikan makan sepuluh orang miskin atau membelikan pakaian kepada mereka atau membebaskan seorang budak dan jika dirinya tidak menyanggupi itu semua maka diwajibkan atasnya berpuasa selama tiga hari, berdasarkan firman Allah swt :

لاَ يُؤَاخِذُكُمُ اللّهُ بِاللَّغْوِ فِي أَيْمَانِكُمْ وَلَكِن يُؤَاخِذُكُم بِمَا عَقَّدتُّمُ الأَيْمَانَ فَكَفَّارَتُهُ إِطْعَامُ عَشَرَةِ مَسَاكِينَ مِنْ أَوْسَطِ مَا تُطْعِمُونَ أَهْلِيكُمْ أَوْ كِسْوَتُهُمْ أَوْ تَحْرِيرُ رَقَبَةٍ فَمَن لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ ذَلِكَ كَفَّارَةُ أَيْمَانِكُمْ إِذَا حَلَفْتُمْ وَاحْفَظُواْ أَيْمَانَكُمْ كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ


Artinya : “Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja, Maka kaffarat (melanggar) sumpah itu, ialah memberi Makan sepuluh orang miskin, Yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. barang siapa tidak sanggup melakukan yang demikian, Maka kaffaratnya puasa selama tiga hari. yang demikian itu adalah kaffarat sumpah-sumpahmu bila kamu bersumpah (dan kamu langgar). dan jagalah sumpahmu. Demikianlah Allah menerangkan kepadamu hukum-hukum-Nya agar kamu bersyukur (kepada-Nya).” (QS. Al Maidah : 89)

dan Hadits Rasulullah yg diriwayatkan oleh Abu Daud

...

Setelah turun jawaban dari Allah AWT melalui ayat ini, Rasulullah SAW memanggil Aus bin Shamit suami Khaulah:

“Apakah gerangan yang membuatmu berlaku demikian?”. ia menjawab: “Syaitan yang menggodaku”. Rasulullah bertanya lagi: “Apakah kamu kuat untuk berpuasa?”. “Tidak ya Rasulullah”. Kalau begitu apakah kamu mampu memerdekakan hamba sahaya”. “Tidak juga wahai Rasulullah, aku tidak memiliki harta yang banyak untuk memerdekakan budak”. Rasulullah bertanya untuk ketiga kalinya: “Apakah kamu bisa memberi makan kepada 60 orang miskin”. Ia menjawab: “Justru sayalah orang sangat membutuhkan bantuan”. Maka Rasulullah memberinya 15 sha’ yang ia sedekahkan kepada 60 fakir miskin”. (Diriwayatkan oleh Abu Daud).

Sumber : Eramuslim, badruddin69.wordpress.com dan Catetan Fiqih Munakaha gw

--------------------

tapi kalo sebelum menikah sebaiknya memilih calon suami yg shaleh, dan calon Isteri yang Shalehah. Kan dalam melamar yang mulai melamar si calon suami dan yg menentukan persetujuannya adalah si calon Isteri, nah. sebelum diputuskan demikian si Isteri wajib mempertimbangkannya dan si Suami juga "Nembak"nya kudu bijak. supaya kedepannya gak kacau dlm rumah tangga. :D

Kalau suami sudah pasti si Isterinya nyolot gt. kan suami memiliki hak untuk menceraikan Isteri. talak yg berlaku utk benar2 bercerai ialah setelah Talak ke-3. tapi juga talaknya jangan yg waktu diharamkan seperti masa haid/hamil dan dimana Isteri masih suci, digauli, danblm ganti hari. :D
 
^ betul kang, ane sekarang lagi sering ke DT, minta dijodohin ama ustad disana :D :D
kalau tidak salah ada riwayatnya tapi ane lupa lagi, yang ane inget cuman "nikahilah aku dan keluargaku" itu kalau tidak salah.
 
25101_105705119450680_100000335770837_149198_8063878_n.jpg


Lihatlah bagaimana seorang Ibu yang kehilangan anaknya!!!

Masih adakah orang bodoh yang berbicara tentang memuliakan tamu??
 
^ maksudnya gimana kang? kan memang ada adab memuliakan tamu ...

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلأخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ​

“Barang siapa yang beriman pada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya.” (HR. Bukhari)

Saya ga ngerti maksud gambar seorang ibu yang kehilangan anaknya dengan memuliakan tamu?

Apa ada hubungannya dengan kedatangan Obama? atau ada maksud lain yang telah dibahas sebelumnya?
 
oh iya, memang ada adab memuliakan tamu, tapi tamunya yang seperti gimana dulu...

kalau tamunya seperti obama masih boleh dimuliakan tidak?

karena hadits diatas yang saya posting adaah untuk semua kalangan dari muslim non muslim, pria atau wanita....

sedangkan obama? hmmm let's cekibrot....
  • Obama hingga sekarang tidak sedikitpun mengungkapkan rasa simpati terhadap para korban tragedi Gaza setahun lalu. Jangankan simpati terhadap korban atau kutukan terhadap pelaku, menyinggung peristiwa itu saja tidak pernah ia lakukan. Dalam pidato inagurasi atau pelantikannya sebagai Presiden, tak sedikitpun ia menyinggung soal Gaza. Padahal itu peristiwa besar dengan korban lebih dari 1.300 orang tewas, yang telah menarik perhatian masyarakat dunia. Seniman Michael Hart, bahkan Paus saja mengecam Israel. Tapi bagi Obama, tragedi Gaza itu seolah tidak pernah ada.
  • Alih-alih menarik pasukan, Obama justru menambah 30 ribu pasukan ke Afghanistan. Itu artinya tingkat kerusakan dan penderitaan rakyat di sana, termasuk yang kemungkinan bakal tewas, akan meningkat.
  • Obama juga tidak sepenuhnya menarik pasukan AS dari Irak. Menurut penelitian John Hopkins University, akibat invasi AS ke Irak sejak tahun 2003 lebih dari 1 juta warga sipil Irak tewas. Siapa yang harus bertanggung jawab atas semua tragedi ini? Amerika Serikat tentu. Dan kini negara itu dipimpin oleh Obama. Memang dulu ketika AS menginvasi Irak dan Afghanistan, AS dipimpin oleh Presiden Bush. Tapi Obama tidak mengubah kebijakan biadab itu.
  • Obama hingga saat ini belum menutup Penjara Guantanamo sesuai janjinya, yang menjadi tempat penahanan dan penyiksaan banyak Muslim yang tidak bersalah dan tempat penghinaan terhadap Islam dan Al-Quran.
  • Wajar jika pamor Obama saat ini turun, setelah ketahuan belangnya setali tiga uang dengan Bush. Menurut hasil studi yang dilakukan Pew Research Centre seperti dilansir kantor berita Reuters, Kamis (25/2/2010), dukungan kaum muda Amerika Serikat (AS) terhadap Partai Demokrat mengalami penurunan. Padahal dukungan merekalah yang turut memberikan kemenangan bagi Presiden Barack Obama dalam pemilihan presiden AS tahun 2008 lalu. Studi tersebut didasarkan pada wawancara dengan 2.020 orang. Hasilnya, terlihat penurunan dukungan dari mereka yang berumur 18-29 tahun. Pada pemilihan presiden AS 2008 lalu tercatat 62 persen pendukung Partai Demokrat versus 30 persen untuk Partai Republik. Angka itu berubah menjadi 54 persen untuk Demokrat versus 40 persen untuk Republik pada Desember 2009 lalu.

KESIMPULAN :..... (ane masih kerdil bos, ga bisa narik kesimpulan)

Wallahulam...
 
^
kesimpulannya ngapain kita nerima tamu kurang ajar :))
uda jelas perna nyakiti kita dan kita mau disakiti lg dgn rencana busuknya termasuk rencana iluminatinya :))

korsel aja berani menolak obama masuk ke negaranya :D

btw

^ betul kang, ane sekarang lagi sering ke DT, minta dijodohin ama ustad disana :D :D
kalau tidak salah ada riwayatnya tapi ane lupa lagi, yang ane inget cuman "nikahilah aku dan keluargaku" itu kalau tidak salah.

hehehe.... niat jg berpengaruh, niatnya karena ibadah atau nafsu :D
biasa yg berpikiran dangkal tergoda oleh nafsu, pasti kedepannya banyak2 suram :P

hati2 dgn niat, niat jg diitung pahalanya dan kelangsungan hidupnya :D
 
^ niatnya cari jodoh kan... heheheh (kaya lagu wali aja)
 
assalamualaikum..
maaf kalau lsg nyelonong kemari krn tadi nyari2 thread perkenalan gak ketemu, sy member baru dan tertarik ikutan gabung karena pernah baca isi thread di sini, banyak hal2 mengenai agama yg menarik dan belum kuketahui disini yg bikin ingin tahu lebih banyak.
 
^
kesimpulannya ngapain kita nerima tamu kurang ajar :))
uda jelas perna nyakiti kita dan kita mau disakiti lg dgn rencana busuknya termasuk rencana iluminatinya :))

korsel aja berani menolak obama masuk ke negaranya :D

bukankah lebih baik jika kejahatan d balas dgn kebaikan /no1

btw....emang korsel pernah nolak obama d negaranya ? baru denger ane /hmm

@felika :

walaikumsalam....:)

selamat bergabung d indoforum >:D<

salam kenal dari ane B-)
 
assalamualaikum..
maaf kalau lsg nyelonong kemari krn tadi nyari2 thread perkenalan gak ketemu, sy member baru dan tertarik ikutan gabung karena pernah baca isi thread di sini, banyak hal2 mengenai agama yg menarik dan belum kuketahui disini yg bikin ingin tahu lebih banyak.

Wa'alaikum salam...

mari kita sama2x belajar ya...

Tuh kang chike bisa jadi mentor yang baik :D
 
^
wah...ane mah blm bs jadi mentor....masih harus banyak belajar....

oh....bentar lg jumatan....ayo siap2 buat para muslim \m/
 
Assalamualaikum, salam kenal buat para senior IF forum islam :D
atas rekomendasi samantha ikut mencoba meramaikan forum ini, mohon bimbingannya :)
 
Assalamualaikum, salam kenal buat para senior IF forum islam :D
atas rekomendasi samantha ikut mencoba meramaikan forum ini, mohon bimbingannya :)

Wa'alaikum salam...

welkom brader... :-bd

wah, rekomen teh samantha ya... sip lah.

Kita belajar bersama di FRI ini
 
@masykur : salam kenal B-)

om yg ada d FA y ? buset dah.....pertama daftar langsung mengunjungi FA =))=))=))
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.