• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Berita Ternyata kotoran manusia sangat berguna !

Vans eiger

IndoForum Senior C
No. Urut
69130
Sejak
22 Apr 2009
Pesan
5.332
Nilai reaksi
212
Poin
63
Ternyata kotoran manusia, bukan sampah semata, jika bisa kita recycle maka apapun yang kita anggap tidak berguna akan menjadi berguna, seperti Kotoran manusia yang bisa dijadikan hal yang berguna :

Berikut beritanya.


1. Kotoran manusia digunakan untuk penerangan lampu di India


humanwaste.jpg


India memang selangkah lebih maju dan lebih peduli lingkungan dari Indonesia.

Salah satu kota di India telah memanfaatkan kotoran manusia yang ada untuk menghasilkan energi listrik untuk lampu penerangan yang ada di jalan.

Dengan mengumpulkan "sampah" dari sekitar 240 rumah maka dapat menghasilkan listrik sebesar 3.000 watt dimana cukup untuk menyalakan lampu penerangan jalan.

"Sampah" yang dikelola dan menghasilkan Methane Gas (gas metan) akan menghidupkan generator yang ada.

2. Bis di Oslo ( Norwegia ) menggunakan bahan bakar dari kotoran manusia

spbu.jpg

Harap stop membaca artikel ini bila anda sedang makan. :D

Tahukah anda bahwa dalam satu tahun, kotoran manusia yang dihasilkan setiap orang sama selama 1 tahun dapat menghasilkan 2,1 galon (8 liter) BBM, dalam hal ini gas metan (methane gas)?

Mungkin jumlah tersebut tidak terlalu besar bahkan boleh dibilang sangat kecil untuk memenuhi kebutuhan BBM mobil anda saja tetapi bagaimana kalau semuanya dikumpulkan? Maksud kami semua kotoran manusia dalam 1 kota dikumpulkan??

Dengan asumsi seperti inilah, pemerintah di Oslo, Norwegia memutuskan untuk menggunakan bis dengan bahan bakar dari kotoran manusia tersebut? :D

Dengan jumlah penduduk di Oslo sebanyak 250.000 orang maka bila dikalikan dengan 2,1 galon BBM tersebut, hasilnya adalah semuanya itu bisa memenuhi kebutuhan 80 bis dengan jarak tempuh masing-masing bis sejauh 100 km.

Mungkin masih belum cukup tapi hitung saja penghematan BBM yang bisa dilakukan dalam satu tahun dan juga masalah pencemaran lingkungan yang bisa dikurangi. Tapi memang sih sedikit "jijik" bila membayangkan bagaimana bis tersebut bisa berjalan. :D

Sumber berita
brown energy: buses in oslo to be fueled by methane fermented from human waste, Dan Human Waste Powers Streetlights
 
waw.....
di india udah lebih canggih ya....
Please welcome the IPC
We have saved your thread from PertamaX Junkers
AzV
 
^
mm... pertanyaan bagus!! /heh
aku juga pengen tau...

trus aku jg penasaran.. kan kalo bis biasa yang pake bensin.. keluar asep nya tuh dari knalpot hasil pembakaran.. nah.. kalo ini yang keluar apa ya??

/hmm
 
Kerenn!!! kalau bisa sih diterapkan di INDO :D
lanjutkan!!!!
 
ide yg sangat brilian :)
moga2 di indo jg bs diterapkan yg kaya gitu
tp jgn sampe dijadiin minyak goreng aja :P
 
teletong berguna juga.....


sip deh
 
bagaimana dengan polusi udara dari knalpotnya? kalo sebau kotoran manusia sih saya ngga setuju bgt deh ;))
 
ya nggak bau donk. gas metana yg dihasilkan sangat aman karena tekanannya rendah, gak kaya bbg kompor gas kita. di lembang udah lama tuch pemanfaatannya, tapi medianya pake kotoran sapi.
 
ya nggak bau donk. gas metana yg dihasilkan sangat aman karena tekanannya rendah, gak kaya bbg kompor gas kita. di lembang udah lama tuch pemanfaatannya, tapi medianya pake kotoran sapi.

gw mikir, neh kotoran manusia bisa dijadiin pupuk nggak yah ? :-/
 
HMM..
KLO 1 TAHUN MANUSIA MENGHASILKAN 8 LITER BBM...
KENAPA GAG DIADAIN AJ PROGRAM PENGAMBILAN KOTORAN UNTUK BBM..

NTAR KYK SLOGANNYA PMI...
SEGENGGAM KOTORAN ANDA ADALAH NYAWA BAGI KENDARAAN ORANG LAIN..
/heh

BY THE SNOW WOLF
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.