• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

[Tanya] Tips motor supaya enak dipake tiap hari.(tanpa harus sering ke bengkel)

CyberG

IndoForum Newbie F
No. Urut
608
Sejak
18 Apr 2006
Pesan
26
Nilai reaksi
0
Poin
1
Para Biker's yang terhormat,
Saya mau tanya dong... gimana ya....?:D
 
motornya ya lu dorong aja !


lu bawanya jangan lasak !
turutin apa pintak motor klo dia minta naik gigi naikkan, jangan di paksa !
 
motor yang enak buat kamu itu yang gimana ? saya pikir kalo pemakaiannya normal dan servis teratur ngak bakalan sering-sering ke bengkel.
 
motor Low paan??

nih tips MOTOR HONDA!

Cek Kondisi Oli

Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang saher, saher, dan ring saher, kruk as dan noken as atau stang klep. Oleh karena itu, jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara periodic dan gunakan sesuai dengan rekomendasi Honda yaitu Oli Federal.

Cek Kondisi Aki

Jangan dibiarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan aki pada pagi hari.

Selain itu, jika baterei atau accu tersebut sudah melemah secepatnya diganti, sebab jika dipaksakan selain kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih), korosi tersebut akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.

Oleh karena itu, jika terjadi hal itu, arus listrik yang dihantarkan baterei atau accu tidak sempurna dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan dipaksakan dengan mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya. Sebab bisa merusak gigi transmisi.

Periksa Rantai dan Gir

Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?

Periksa Kabel Koil dan Busi

Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Jika sudah cukup umur dan sudah terlihat ada retakan dan pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti. Juga perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

Perhatikan Selang Bensin

Komponen lainnya yang perlu diperhatikan selang bensin ke karburator. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis yang mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Yang pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

Panaskan Mesin 1 Menit

Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-ama cukup 1-2 menit. Ini supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu pastinya jadi buang-buang bensin.

Periksa tekanan angin ban

Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.

Gunakan Selalu Sparepart Asli Honda

Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.

Ok sobat selamat merawat motor Honda kesayangan, jika langkah-langkah tersebut dilakukan dengan benar, motor kesayangan Anda senatiasa tampil prima.
 
Bener2, apalagi kalo ntu motor dicuci tiap hari,
pasti motor jadi enak diliat.
 
motor yang enak di pakai ya motor yg nggak suka mogok dong /e4/e4/e4
 
lo ganti aja jok yg empukan dikit,jd blh nyaman kan,,
 
kalo mau enak ya seperti tips yang diberikan oleh ardzcoholic dijamin motornya selalu enak unt dikendarain
 
ikutin aja apa maunya tuh motor...

pasti nga bawel....

itu aja kalo gw...
 
gmn cara ngobrol ama motorny biar tau yg dy mau, /gg
 
klo dah ada suara2 aneh ama motor low., itu tandanya ad yang dy mau!! cb low dengerin dah.,:)) :))
 
apalagi kalo ardzcoholic jadi motor kita, pasti ga pernah rewel.
karena dia bisa ngurus dirinya sendiri. canggih lagi, kalo rusak bisa bicara.
 
biar enak naik motornya bensinnya di kasih campuran alias addiktif klo mang bener2 pengen enak campurin tu masako 5 bungkus ke bensin di jamin.......puaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaassss/gg/go
 
trunin gigi kl bwt krangin speed bleh ga??

gw sk krangin gigi pz ngbut n suara mesinnya sk2 jd gd gt..

rsak ga y??
 
trunin gigi kl bwt krangin speed bleh ga??

gw sk krangin gigi pz ngbut n suara mesinnya sk2 jd gd gt..

rsak ga y??

itu namanya engine break kk... motor jadi melambat dan suaranya jadi lebih ngeden soalnya tiba2 giginya berpindah ke lebih rendah dalam keadaan rpm tinggi.

kalo keseringan ga bagus kk, so kalo bisa sebelum turunin gigi, tunggu rpm turun dulu baru pindah.
 
supaya enak naek motor na ya lu harus care ama motor lo
jangan banyak modif bos modif mah banyak ngerusak na
pake bensin yg bagus jangan oplosan
klo make oli jangan pindah2 satu merek aja dah cukup
trus klo ada kerusakan jangan ke bengkel benerin aja sendiri jd motor lo ga bakalan sering2 ke bengkel
 
engine break biasanya dipake buat balapan (biasanya balapan roadrace) engine break umumnya dipake pada motor yg ada kopling na

engine break beban buat gearbox klo keseringan apalagi make gearbox dengan rasio kecil bakalan cepet rusak tuh engine
 
nih tips MOTOR HONDA!

Cek Kondisi Oli

Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang saher, saher, dan ring saher, kruk as dan noken as atau stang klep. Oleh karena itu, jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara periodic dan gunakan sesuai dengan rekomendasi Honda yaitu Oli Federal.

Cek Kondisi Aki

Jangan dibiarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan aki pada pagi hari.

Selain itu, jika baterei atau accu tersebut sudah melemah secepatnya diganti, sebab jika dipaksakan selain kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih), korosi tersebut akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.

Oleh karena itu, jika terjadi hal itu, arus listrik yang dihantarkan baterei atau accu tidak sempurna dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan dipaksakan dengan mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya. Sebab bisa merusak gigi transmisi.

Periksa Rantai dan Gir

Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?

Periksa Kabel Koil dan Busi

Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Jika sudah cukup umur dan sudah terlihat ada retakan dan pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti. Juga perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

Perhatikan Selang Bensin

Komponen lainnya yang perlu diperhatikan selang bensin ke karburator. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis yang mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Yang pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

Panaskan Mesin 1 Menit

Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-ama cukup 1-2 menit. Ini supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu pastinya jadi buang-buang bensin.

Periksa tekanan angin ban

Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.

Gunakan Selalu Sparepart Asli Honda

Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.

Ok sobat selamat merawat motor Honda kesayangan, jika langkah-langkah tersebut dilakukan dengan benar, motor kesayangan Anda senatiasa tampil prima.[/QUOTE]

Pasti dari buku panduan :P :P :P
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.