• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Tanda Segitiga Kemasan Plastik

Captain Chikebum

IndoForum Senior E
No. Urut
62006
Sejak
20 Jan 2009
Pesan
3.739
Nilai reaksi
107
Poin
63
Apabila kita menengok di bagian bawah atau samping botol plastik, kita akan menemukan sebuah tanda segitiga yang ada tulisan di tengah atau bawah segitiga tersebut. Produk yang baik, seharusnya mencantumkan tanda penggunaan bahan plastik tersebut yang sudah ditetapkan secara internasional. Penggunaan kode yang sama, diharapkan konsumen sebagai pihak yang secara langsung bersentuhan dengan plastik tersebut dapat mengetahui jenis bahan dan dapak yang di timbulkan.

plastik-1.png


Plastik dengan kode PETE/PET (Polyethylene Terephthalate), jenis plastik ini hanya direkomendasikan satu kali penggunaan, tidak berulang-ulang. Jika terlalu sering digunanakan akan membuat lapisan polimer dalam plastik tersebut meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat membuat kanker. Plastik jenis ini biasa digunakan dalam botol minuman, kotak biskuit, tempat kosmetik, wadah selai. Mempunyai sifat dasar seperti tembus pandang, kuat, tahan pelarut, kedap terhadap gas dan cairan serta melembek pada suhu 80 derajad celcius. Saran penggunaan plastik berbahan dasar ini adalah, hanya di gunanan SATU KALI PAKAI. Penggunaan yang berlebihan dapat meneumbuhkan bakteri.

plastik-2-hdpe.jpg


Plastik dengan kode HDPE (high density polyethylene) . Merupakan jenis plastik yang aman digunakan, karena dapat mencegah reaksi kimia yang terjadi karena panas dan sentuhan benda yang membungkusnya seperti makanan atau minuman. Kode plastik seperti ini biasa digunakan untuk tas plastik belanja, botol pengemas susu cair dan juice, sabun dan wadah ice cream. Sifat bahan ini adalah, keras dan semi fleksibel, tahan terhadap bahan-bahan kimia dan cairan, permukaan berlilin, sedikit buram, melembek pada suhu 75 derajat, mudah diwarna, dibentuk dan diproses. Saran penggunaan, sejauh ini di anggap RELATIF AMAN namun tidak disarankan berlebihan menggunakan sampai berulang-ulang.

plastik-3-pvc.jpg


Plastik berkode PVC (Polyvinyl Chloride). Merupakan palstik yang sangat sulit di daur ulang, apalagi oleh tanah. Makanan yang di kemas dengan menggunakan bahan plastik berkode PVC dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam ginjal, hati dan berat badan. Bahan ini biasa digunakan untuk bahan pembungkus pangan, botol minyak sayur dan kantong darah. Sifat dasar bahan ini seperti keras, kuat, bisa tembus pandang, dapat diubah bentuk menggunakan pelarut, dan melembek pada suhu 80 derajat. Saran penggunaan bahan ini adalah, sebaiknya DIHINDARI, karena memiliki poison plastic, mengandung sejumlah bahan berbahaya.

plastik-4-ldpe.png


Plastik yang berkode LDPE (low density polyethylene). Yaitu plastik tipe coklat (thermoplastic), bahan LDPE ini sulit untuk dihancurkan, namun baik untuk tempat makanan karena sangat sukar untuk menimbulkan reaksi kimia dengan makanan atau minuman yang dibungkusnya. Bahan ini digunakan untuk plastik pembungkus belanja di toko, kantong roti, pembungkus makanan baru, pembungkus makanan, mudah ditekan. Sifat dasar plastik ini lunak, fleksibel, permukaan berlilin, tidak jernih tapi tembus sinar, melembek pada suhu 70 derajat dan mudah tergores . Penggunaan jenis plastik ini, sejauh ini AMAN.

plastik-5-pp.jpg


Pastik berkode PP (Polypropylene). Plastik ini aman untuk digunakan untuk makanan dan minuman. Merupakan pilihan terbaik apabila digunakan untuk membungkus makanan atau minuman. Biasa digunakan untuk botol obat, pembungkus makanan ringan, sedotan, penutup botol, pembuskus cereal. Mempunyai sifat dasar keras namun fleksibel, tahan hingga 140 derajat, permukaan berlilin, tidak jernih tapi tembus sinar, tahan palarut. Plastik jenis ini sejauh ini dianggap AMAN.

plastik-6-ps.jpg


Plastik berkode PS (Polystyrene). Biasanya dipakai untuk pembungkus makanan berbentuk styrofom dan tempat minuman sekali pakai. Juga digunakan untuk bahan CD, sendok plastik, alat makan plastik, dan bahan mainan karton. Sifat bahan ini jernih, berkaca, kaku, mudah patah, buram, melembek pada suhu 95 derajat, terpengaruh oleh lemak dan palarut. Penggunaan bahan dasar ini SEBAIKNYA DIHIDARI, dapat melepaskan styrene sebuah senyawa yang di duga karsinogen dan dapat mengganggu hormon estrogen, dapat menyebabkan kerusakan otak dan kondisi kandungan wanita serta mengganggu sistem syaraf.

plastik-7-other.gif


Plastik dengan kode OTHER. Dalam keadaan terpasang di kemasan tertentu, biasanya kode ini di ikuti dengan kode yang lain seperti ABS, SAN, PC atau Nylon yang menunjukan kualitas ISO bahan tersebut. Bahan ini baik digunakan untuk bahan pembungkus makanan dan minuman. Juga di gunakan untuk tempat botol munim susu bayi, botol pendingin air, suku cadang kendaraan, Sifat bahan ini sangat komplek tergantung kombinasi plastik yang di gunakan. Saran penggunaan bahan ini, dapat digunakan dengan HATI-HATI. Ada kekhawatiran adanya pelepasan senyawa bisperhol A yang dapat merusak kromosom.

Sumber : http://coretanpetualang.wordpress.com/2010/10/01/tanda-segitiga-kemasan-plastik/
 
nice inpo....:-bd
thanks for share...;)
saya izin copas yah...:))

cocok masuk di lounge nih kayaknya...:)
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.