• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Berita Sumbang Tangan demi borobudur

xenocross

IndoForum Newbie C
No. Urut
60486
Sejak
1 Jan 2009
Pesan
146
Nilai reaksi
3
Poin
18
http://www.anakui.com/2008/05/07/sumbang-tangan-demi-borobudur/

Tenang, maksudnya bukan kita suruh potong tangan trus dijual dan disumbangkan buat kelangsungan hidup borobudur. Ternyata para mahasiswa yang lewat Balhut (balik hutan), tepatnya seberang halte stasiun UI, cuma dimintai cap tangannya sebagai simbol dukungannya menjaga kelestarian borobudur. Hmm?
n645692859_443186_3531.jpg

Kumpulan cap tangan ini bisa dibilang simbol dari beribu tangan yang telah membangun borobudur di jaman dahulu kala. Kali ini, tangan warna-warni hasil karya para mahasiswa yang lewat Balhut menyiratkan keingingan kita untuk mendukung dan menjaga warisan Indonesia yang berharga. Event yang diselenggarakan INDOWYN (Indonesia World Heritage Youth Network) ini memang ditujukan untuk generasi muda yang peduli terhadap peninggalan berharga Indonesia, terutama benda purbakala. sebagai buktinya ada beberapa tips yang diberikan untuk menjaga nasib candi-candi kita.

1. Kalo kamu lagi maen ke Borobudur atau candi lainnya, apa yang akan kamu lakukan jika ada sampah berserakan?
3193952806.jpg


3193952812.jpg


A. Biarin aja ah, bukan sampah gw ini.

B. Ambil dan buang ke tempat sampah dong, kebersihan kan sebagian dari iman.

mana yang benar? jelas dong yang B. bukan cuma karena alesan biar dipuji orang sebagai manusia ramah lingkungan, tetapi ternyata sampah itu mengundang para serangga kecil (semut, rayap) yang akan membuat sarang di bagian bawah batu sehingga pondasi Borobudur/candi lain akan ringkih karena batunya jadi bolong-bolong berkat serangga imut tsb. ga mau kan candi-candi kita punah cuma gara-gara sampah? hiiiy. eits, tapi jangan cuma jaga kebersihan di Borobudur aja loh ya, kita juga harus peduli sama lingkugan di sekitar kita. malu ah, anak pinter kok buang sampah sembarangan :)

2. Ada mitos kalo kita bisa megang patung yang ada dalem stupa, keinginan kita terkabul. Tindakan kamu?
MerogohStupa.JPG


A. Pokonya harus pegang sampe kena patung! Harus nyampe!

B. Yaelah, minta gituan mah sama Tuhan kalee.

Sebenernya masalahnya bukan pada bener ato nggak mitos itu, tapi pada efek yang tangan kita sebabkan-tepatnya keringat- pada batu, relief, dan patung di candi. Lho, memang kenapa? Ternyata, keringat kita mengandung bahan kimia yang dapat merusak batu (borobudur)! Waduh. Mau ngerelain eksistensi Borobudur cuma karena kita pengen iseng colek-colek patungnya? NO!!

Wah, ternyata memang sesuatu yang besar itu bisa dimulai dari hal simpel ya. Seandainya semua pengunjung Borobudur menjaga kebersihan dan tidak seenaknya memegang-megang bagian candi, bisa dijamin anak cucu kita kelak masih bisa mengagumi keindahannya. Yuk kita cintai budaya Indonesia, kalo bukan kita siapa lagi?

Kamu bisa ikut mendukung dengan ikutan cause Save Borobudur di Facebook: http://apps.facebook.com/causes/232860/33397484?m=6d54c0aa
 
pertamax dulu ah...



tukul-pertamax.jpg



ane kiraaiin tangannya di potong:D
 
gw jawab soalnya
no 1.
A
no 2.
dolo waktu SMP sih gw uda ke sana
tapi ga nyampe
ya uda lepas

gw kira bner lho mitosnya

klo dari jauH gmn cara ikut sumbang tangnnya kk ?
 
No. 1 A, 2 B,

Tapi bener juga loh...beruntung Indonesia punya Borobudur, selain Bali, Borobudur ikut menyumbang devisa bagi negara kita... oke deh...kalo pergi ke Borobudur gw ga mau nyampah..tapi kalo sampahnya banyak baget, sampah basah lagie..ga mau bantuin ambil sampah gw... :P :P
 
No. 1 A, 2 B,

Tapi bener juga loh...beruntung Indonesia punya Borobudur, selain Bali, Borobudur ikut menyumbang devisa bagi negara kita... oke deh...kalo pergi ke Borobudur gw ga mau nyampah..tapi kalo sampahnya banyak baget, sampah basah lagie..ga mau bantuin ambil sampah gw... :P :P

kok gw double post...aduh...maap..kalo bisa di del di del ajah neeh.....koneksi SMART gw baru ga lancar..
 
join facebooknya lho, kan udah dikasih linknya. kalau punya facebook....
 
iyah nih,, gw tinggal di jogja jg tergugah ngeliat borobudur kotor..
 
jangan lupa kalau punya facebook, masuk cause save borobudur: http://apps.facebook.com/causes/2328...484?m=6d54c0aa

kompas..com - Senin, 19/5/2008 | 00:36 WIB

MAGELANG, MINGGU - Sedikitnya 14.000 cap tangan digelar di Candi Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (18/5), sebagai bagian dari kampanye pelestarian warisan peradaban dunia itu.

"Kami mengadakan kampanye kebudayaan sepuluh ribu cap tangan dan brosur pelestarian untuk Borobudur sebagai warisan budaya dunia di Indonesia," kata Koordinator Indonesia World Heritage Youth Network (IndoWYN) http://www.indowyn.org/, Lenny Hidayat, di Magelang, Minggu.
Cap tangan simbol dukungan pelestarian Borobudur itu dibentangkan di 140 spanduk di pelataran candi oleh para relawan IndoWYN dari sejumlah kota di Indonesia sambil meneriakan yel-yel. Mereka kemudian membawa spanduk cap tangan itu berpradaksina atau berjalan kaki mengelilingi Borobudur sebanyak tiga kali.

Kegiatan terkesan menjadi atraksi wisata Borobudur menjelang puncak Waisak tahun 2008 yang jatuh pada Selasa (20/5) dan bertepatan dengan peringatan 100 tahun Kebangkitan Nasional.

Terlihat hadir dan turut membubuhkan cap tangan antara lain Direktur Peninggalan Purbakala Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar), Soeroso, Kepala Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan Depbudpar, Junus Satrio Atmodjo, Kepala Balai Konservasi Peninggalan Borobudur Depbudpar, Marsis Sutopo, Programme Specialist Unesco Jakarta, Himachuli Gurung, Pendiri Yayasan Dharma Center Kadam Choeling, Biku Bhadra Ruci, dan Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur, Rento Hardiasiwi.

Kampanye pelestarian Borobudur diadakan serentak di 16 perguruan tinggi di lima kota besar yakni Jakarta, Medan, Bandung, Yogyakarta, dan Bogor sejak 5 Mei 2008. Hingga saat ini diperoleh 14.125 cap tangan beraneka warna pada spanduk-spanduk itu.


________________________________________________________________________________________

masih banyak sampahnya
http://www.fotografer.net/isi/forum/topik.php?id=3193952713&p=2

3193952772.jpg


3193952794.jpg


3193952806.jpg


3193952812.jpg


3193952819.jpg


3193952824.jpg


3193952853.jpg


Sekarang percaya? Makanya join cause Save Borobudur, sebarkan ini ke teman2 anda dan bangkitkan kesadaran masyarakat. (Buat yg punya facebook)
linknya: http://apps.facebook.com/causes/232860/33397484?m=6d54c0aa
 
ya begitulah kalo pemerintah Indonesia. nga ada yang dijaga. bagi mereka kalo bisa dijual tuh 1 per 1 bagian untuk kantong sendiri hehehe. sedih banget liat keadaannya begitu >.<
 
aduh, serem bgt sih judulnya.. trnyt... OMG!!!

tong sampahnya kurang besar n jarang d bersihin deh kyknya..

btw, borobudur udah g jd keajaiban dunia lg ya?
sanyang bgt...


______________________________________________________________________________________

:)BARANG BAGUS NEH!! BARU DI INDONESIA DAN PERTAMA DI indo forum!:)
MADE IN USA..
DERMA MATRIX MASKER COLLAGEN [BUKAN KERTAS!!]
MENGATASI KANTUNG MATA, LINGKAR HITAM MATA,
PAYUDAYA KENDUR / TURUN..
DAN UNTUK WAJAH MENDUNG..
CLICK MY THREAD: https://www.forum.or.id/showthread.php?t=61655
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.