• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Stres Jangka Panjang Bikin Otak Mengecil

f4lconz

IndoForum Newbie E
No. Urut
154661
Sejak
19 Okt 2011
Pesan
40
Nilai reaksi
1
Poin
8
Reputasi stres sebagai penyebab sel-sel penjaga keamanan dalam tubuh menjadi loyo sudah lama diketahui. Namun dampak yang ditimbulkan stres bagi kesehatan tidak berhenti sampai situ. Stres juga menyebabkan otak lama-lama menyusut.

Ada banyak penyebab stres, misalnya pernikahan yang tidak bahagia, pekerjaan yang terlalu menekan, kejadian yang menimbulkan trauma, hingga persoalan sepele seperti kemacetan. Jika stres dibiarkan menahun maka dampaknya cukup berbahaya bagi otak.

Ketika stres tubuh akan melepaskan zat-zat kimia. Dalam jangka panjang zat kimia tersebut akan bersifat toksik pada jaringan otak, bahkan bisa membunuh sel-sel otak jika zat kimia yang disebut kortikosteroid itu berkelimpahan dan berlangsung lama.

Kortikosteroid sebenarnya diperlukan tubuh untuk meningkatkan kecepatan reaksi terhadap ancaman atau sering disebut respon melawan atau menghindar (fight or flight), dengan cara menekan sistem imun tubuh dan meningkatkan jumlah gula dalam peredaran darah.

Hippocampus, bagian dari otak yang bertanggung jawab dalam hal pembentukan memori, merupakan bagian yang paling rentan terhadap stres. Itu sebabnya para ahli menganggap stres berkaitan erat dengan terjadinya penyakit demensia.

Para ilmuwan menemukan kondisi otak yang mengecil itu ketika mereka melakukan pemindaian otak pasien yang menderita stres akibat trauma pasca serangan 9/11. Ukuran hippocampus yang mengecil itu hampir sama dengan ukuran otak pasien lanjut usia yang menderita demensia.

Kendati begitu, para ahli mengatakan hasil penelitian ini mungkin terlalu dini untuk menyimpulkan efek stres pada otak karena jumlah respondennya terlalu sedikit.



Sementara itu beberapa penelitian telah menemukan para veteran perang yang menderita sindrom pasca trauma juga menderita gangguan otak yang berat.

Penelitian juga pernah mengungkap stres yang dialami orang usia pertengahan bisa meningkatkan risiko Alzheimer's. Mereka yang sering dilanda stres dan kecemasan juga beresiko dua kali lebih tinggi menderita demensia.
 

effie

IndoForum Staff Personnel
No. Urut
601
Sejak
17 Apr 2006
Pesan
8.576
Nilai reaksi
352
Poin
83
sebab itu jangan bawa masalah sampai stress berat, rugi buat kesehatan kita....
 

masboy

IndoForum Beginner E
No. Urut
109598
Sejak
24 Nov 2010
Pesan
547
Nilai reaksi
2
Poin
18
apapun masalah dicari jalan keluarnya jangan dibawa sampai mikirin terus dan akhirnya stress,,
hidup dijalani dengan penuh kebahagian,,
jangan pernah masalah dihadapi dengan sendiri,, perlunya berbagi masalah dengan orang lain,,
;) ;)
 

munadiz

IndoForum Newbie B
No. Urut
153431
Sejak
5 Okt 2011
Pesan
228
Nilai reaksi
0
Poin
16
makasih buat informasinya .
tapi ada gk tips buat nghindari stres ?
di tunggu ya
 

renifshop

IndoForum Newbie F
No. Urut
154777
Sejak
20 Okt 2011
Pesan
10
Nilai reaksi
0
Poin
1
waduh serem juga yak kalo mengecil, otak kalo jarang dipake bukannya lebih mahal ya?hehehe
 

Ardi Wijaya

IndoForum Newbie E
No. Urut
154858
Sejak
21 Okt 2011
Pesan
31
Nilai reaksi
0
Poin
6
makanya kita santai aja menghadapi suatu masalah. biar nggak stress. :D
 

sinyo ireng

IndoForum Newbie E
No. Urut
156902
Sejak
12 Nov 2011
Pesan
34
Nilai reaksi
0
Poin
6
kayaknya stress emang jadi penyebab penyakit2 berat...
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.