• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

SILSILAH SULTAN JOGJA melalui jalur SUNAN KALIJAGA

lembar

IndoForum Newbie F
No. Urut
115376
Sejak
25 Jan 2011
Pesan
5
Nilai reaksi
0
Poin
1
Ketika wilayah (perwalian) Demak didirikan pada tahun 1478M, seorang ulama yang bernama ‘Joko Said‘, diserahi tugas sebagai Qadli (Hakim). Qadli Joko, dikemudian hari, lebih dikenal dengan panggilan Kalijogo (Sunan Kalijaga).

kalijogo.jpg


Perubahan pelafalan nama dari Qadli Joko menjadi Kalijogo, bukan hal yang aneh dalam budaya masyarakat Jawa. Masyarakat Jawa memiliki riwayat kuat dalam hal ‘penyimpangan’ pelafalan kata-kata Arab, misalnya istilah Sekaten (dari ‘Syahadatain’), Kalimosodo (dari ‘Kalimah Syahadah’), Mulud (dari Maulid), Suro (dari Syura’), Dulkangidah (dari Dzulqaidah), dan masih banyak istilah lainnya.

Posisi Qadli yang dijabat oleh Kalijaga alias Joko Said ialah bukti bahwa Demak merupakan sebuah kawasan pemerintahan yang menjalankan Syariah Islam. Istilah ‘Qadli’ merupakan nama jabatan di dalam Negara Islam. Dari sini sudah jelas, bahwa Sunan Kalijaga adalah seorang Qadli, dan bukan praktisi Kejawenisme.

Riwayat dan Keturunan Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga diperkirakan lahir pada tahun 1450 dengan nama Raden Said. Dia adalah putra adipati Tuban yang bernama Tumenggung Wilwatikta atau Raden Sahur. Mengenai asal usul beliau, ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa beliau juga masih keturunan Arab. Tapi, banyak pula yang menyatakan ia orang Jawa asli.

Sunan Kalijaga disebutkan menikah dengan Siti Sarah binti Maulana Ishaq, dan mempunyai 3 putra: R. Umar Said (Sunan Muria), Dewi Rakayuh dan Dewi Sofiah (Sumber : wikipedia.org dan Maulana Husain, Pelopor dakwah Nusantara).

Sunan Kalijaga juga dikisahkan memiliki istri bernama Dewi Sarokah, yang merupakan puteri Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati), dan memperoleh 5 orang anak, yaitu :

1. Kanjeng Ratu Pembayun yang menjadi isteri Raden Trenggono (Demak)
2. Nyai Ageng Panenggak yang kemudian kimpoi dengan Kyai Ageng Pakar.
3. Sunan Hadi, kelak menggantikan Sunan Kalijaga sebagai Kepala Perdikan Kadilangu.
4. Raden Abdurrahman.
5. Nyai Ageng Ngerang III (Raden Ayu Penengah).
(Sumber : CERITA SUNAN KALIJAGA).

Berdasarkan beberapa sumber catatan Genealogy, Sunan Kali Jaga merupakan salah satu leluhur Kraton Jogja, sebagaimana bisa terlihat pada Silsilah berikut :

1. Sunan Kalijaga # Dewi Sarokah
1.1. Kanjeng Ratu Pembayun # Raden Trenggono
1.1.1. Pangeran Prawoto
1.1.1.1. Pangeran Kalinyamat
1.1.1.1.1. Ratu Ayu Rambe # Panembahan Senapati
1.1.1.1.1.1. Panembahan Seda Ing Krapyak # Ratu Mas Hadi
1.1.1.1.1.1.1. Sultan Agung
1.1.1.1..1.1.1.1. Sultan Amangkurat I
1.1.1.1.1.1.1.1.1. Sultan Pakubuwono I
1.1.1.1.1.1.1.1.1.1. Sultan Amangkurat IV
1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1. Sultan Hamengkubuwono I
1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1. Sultan Hamengkubuwono II
1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1. Sultan Hamengkubuwono III
1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1. Pangeran Diponegoro

1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.2. Sultan Hamengkubuwono IV
1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.2.1. Sultan Hamengkubuwono VI
1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.2.1.1. Sultan Hamengkubuwono VII
1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.2.1.1.1. Sultan Hamengkubuwono VIII
1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.2.1.1.1.1. Sultan Hamengkubuwono IX
1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.2.1.1.1.1.1. Sultan Hamengkubuwono X

Dakwah Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga, memilih sarana Kesenian dan Kebudayaan, dalam berdakwah. Beliau memang sangat toleran pada budaya lokal. Namun beliau pun punya sikap tegas dalam masalah akidah. Selama budaya masih bersifat transitif dan tidak bertentangan dengan ajaran Islam, beliau menerimanya. Wayang beber kuno ala Jawa yang mencitrakan gambar manusia secara detail dirubahnya menjadi wayang kulit yang samar dan tidak terlalu mirip dengan citra manusia.

Cerita yang berkembang mengisahkan bahwa beliau sering bepergian keluar-masuk kampung hanya untuk menggelar pertunjukan wayang kulit dengan beliau sendiri sebagai dalangnya. Semua yang menyaksikan pertunjukan wayangnya tidak dimintai bayaran, hanya diminta mengucap dua kalimah syahadat.

Beliau berpendapat bahwa masyarakat harus didekati secara bertahap. Pertama berislam dulu dengan syahadat selanjutnya berkembang dalam segi-segi ibadah dan pengetahuan Islamnya. Sunan Kalijaga berkeyakinan bahwa apabila Islam sudah dipahami, maka kebiasaan-kebiasaan lama, akan hilang dengan sendirinya (Sumber : forum.upi.edu).

Lakon-lakon yang dibawakan Sunan Kalijaga dalam pagelaran-pagelarannya bukan lakon-lakon Hindu macam Mahabharata, Ramayana, dan lainnya. Walau tokoh-tokoh yang digunakannya sama (Pandawa, Kurawa, dll.) beliau menggubah sendiri lakon-lakonnya, misalnya Layang Kalimasada, Lakon Petruk Jadi Raja yang semuanya memiliki ruh Islam yang kuat.

Seni ukir, wayang, gamelan, baju takwa, perayaan sekatenan, grebeg maulud, serta seni suara suluk yang diciptakannya merupakan sarana dakwah semata, bukan budaya yang perlu ditradisikan hingga berkarat dalam kalbu dan dinilai sebagai ibadah mahdhah.

Beliau memandang semua itu sebagai metode semata, metode dakwah yang sangat efektif pada zamannya. Secara filosofis, ini sama dengan da’wah Rasulullah Saw yang mengandalkan keindahan syair Al Qur’an sebagai metode da’wah yang efektif dalam menaklukkan hati suku-suku Arab yang gemar berdeklamasi.

Tak dapat disangkal bahwa kebiasaan keluar-masuk kampung dan memberikan hiburan gratis pada rakyat, melalui berbagai pertunjukan seni, pun memiliki nilai filosofi yang sama dengan kegiatan yang biasa dilakukan Khalifah Umar ibn Khattab ra. yang suka keluar-masuk perkampungan untuk memantau umat dan memberikan hiburan langsung kepada rakyat yang membutuhkannya (Kunjungi : Sunan Kudus, dakwah damai Para Wali dan Rasionalisasi, Kisah Syaikh Siti Jenar).

Persamaan ini memperkuat bukti bahwa Sunan Kalijaga adalah pemimpin umat yang memiliki karakter, ciri, dan sifat kepemimpinan yang biasa dimiliki para pemimpin Islam sejati, bukan ahli Kejawen.

Sumber
http://lintas.me/6YkhRsDn
 
coba silsilah yg dari nabi Muhammad SAW.... lebih panjang lagi tuh.... ane pernah liat bagannya yg ada di kraton Yogyakarta
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.