• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Serba Serbi Sakit Maag

yanla

IndoForum Senior C
No. Urut
19339
Sejak
24 Jul 2007
Pesan
5.492
Nilai reaksi
276
Poin
83
Sakit maag atau istilah medisnya gastritis, dapat menyerang siapa saja manakala lambung terkena infeksi atau iritasi. Selain faktor eksternal seperti konsumsi obat-obatan berlebih dan alkohol, lambung kita dapat juga terserang infeksi apabila didalamnya terdapat bakteri yang bisa mengganggu proses pencernaan makanan.

Kenali Gejalanya
Pada kasus yang akut gejala yang sering muncul adalah rasa nyeri pada ulu hati, mual, hilang nafsu makan, perut kembung, berat badan turun hingga rasa nyeri yang amat sangat pada perut bagian atas.

Bagaimana Mencegah Sakit Maag?
Sakit maag sangatlah menyiksa karena datangnya selalu tiba-tiba dan membuat kegiatan kita secara otomatis menjadi terganggu. Sampai sejauh ini tidak ada cara yang lebih baik untuk mencegah datangnya sakit maag selain merubah pola hidup dan pola makan menjadi lebih baik lagi.
  • Makan teratur dan hindari konsumsi makanan berlemak, berminyak dan berserat.
  • Hindari minuman beralkohol.
  • Berhenti merokok.
  • Olahraga teratur.
  • Hindari konsumsi obat berlebih terutama jenis aspirin yang dapat mengiritasi lambung.
  • Kurangi stres karena stres dapat memicu pengeluaran asam lambung Anda
.

Yang tidak kalah penting yang harus dilakukan untuk mencegah sakit maag adalah dengan selalu mengisi perut kosong Anda. Sediakan selalu biskuit di dalam tas agar sewaktu-waktu Anda telat makan perut Anda tidak akan merintih kesakitan dan mulai berkontraksi, dan menyebabkan datangnya sakit maag.
 
^

emang ngerokok bisa menyebabkan maag...?? :)

indikasinya kearah mana yah....??

soalnya setau aq, rokok dan maag itu "melibatkan" 2 jenis saluran yg berbeda...:)

rokok saluran pernafasan dan maag saluran pencernaan...:)
 
ooo...
begitu to....
baru tau gw.....
 
^

emang ngerokok bisa menyebabkan maag...?? :)

indikasinya kearah mana yah....??

soalnya setau aq, rokok dan maag itu "melibatkan" 2 jenis saluran yg berbeda...:)

rokok saluran pernafasan dan maag saluran pencernaan...:)

klo di lihat dari salurannya memang berbeda.
rokok, Diluar 4.000 bahan berbahaya dalam tiap batang rokok yang kita hisap, merokok juga dapat menyebabkan peningkatan asam lambung dan tukak lambung.
Jadi gaya hidup ikut andil dalam menyebabkan seseorang sakit maag seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan yang pedas, coklat, minum alkohol dan kopi. Hal ini disebabkan makanan & minuman tersebut dapat merangsang produksi asam lambung. Kebiasaan makan tidak teratur dan merokok juga meningkatkan risiko sakit maag.
Faktor psikis memiliki peran yang cukup besar dalam meningkatkan produksi asam lambung. Waspada bila Anda sering merasa cemas, emosi atau stres. Bisa-bisa, produksi asam lambung meningkat dan terserang sakit maag.
 
hmm...:-?

I see... I see...

thanks om...:D
 
Bingung

Wah kalau kebanyakan makan Obesitas....kurang makan malah jadi Maag....susah juga ya...
:-/
 
klo gw makan roti pagi pagi pasti jadi sakit perut /sob ngga enak dech sakit maag
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.