• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Sate Gluten Yang Lezat [ Photo ]

reflection4us

IndoForum Newbie E
No. Urut
49346
Sejak
2 Agt 2008
Pesan
67
Nilai reaksi
6
Poin
8
Sate Gluten

sate1.JPG


Cara membuat Gluten:
Buat adonan 2 kg tepung terigu. Ketika membuat adonan, tuangkan air kedalam adonan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diulen. Adonan siap direndam ketika sudah tidak lengket dengan tangan. Rendam adonan sampai air menutupi adonan secara keseluruhan. Biarkan satu malam atau minimal 2 jam. Cuci adonan sehingga yang tertinggal hanyalah protein terigu (Gluten). Rebus Gluten dan kemudian dipotong-potong sesuai keperluan, misalnya untuk sate, rendang dan lain-lain. Gluten bisa mengganti peran daging pada semua jenis masakan yang memakai daging.

Bumbu: Kacang tanah, lombok besar dan kecil, Gula merah, kecap, daun salam, garam.

Cara membuat:
• Gluten dipotong-potong sesuai selera. Kalau untuk sate setelah dipotong-potong kemudian ditusuk lalu dibakar. Sambil memanggang olesi sate dengan minyak.
• Kacang tanah digoreng lalu dihaluskan, bawang putih, cabai besar dan kecil dihaluskan, tumis bumbu, tambahkan sedikit air, masukkan daun salam dan kacang yang sudah dihaluskan. Aduk selama satu menit, tambahkan kecap dan gula merah lalu angkat.
• Kemudian ditumis beserta daun salam.
• Tambahkan kecap dan garam secukupnya, aduk sampai rata,
• lalu angkat dengan segera (jangan dimasak lama-lama).

sumber url : http://resepvegi.blogdetik.com
gratis, sehat & baik
 
@reflection4us
terigu nya boleh terigu apa aja? or harus yg spesific krn setahu saya ada yg tinggi/ rendah protein ya, mohon pencerahannya yah..
kalo bisa kasih recommend deh merk terigu yg biasa kamu pakai
 
@reflection4us
terigu nya boleh terigu apa aja? or harus yg spesific krn setahu saya ada yg tinggi/ rendah protein ya, mohon pencerahannya yah..
kalo bisa kasih recommend deh merk terigu yg biasa kamu pakai

nyokap gw biasa kalo bikin sate, satenya dah setengah matang ( banyak perusahaan & resto vege yang jual mentahnya ), jadi ga terlalu repot. Tinggal dipanggang aja.

kalo dari sumber urlnya itu, tidak disebutkan tepung terigunya apa.

tetapi ada info juga dari inet :

Jenis tepung terigu yang paling cocok untuk membuat gluten adalah tepung terigu protein tinggi (merk Cakra Kembar), karena akan menghasilkan banyak gluten. Pati hasil cucian gluten bila disaring lagi akan menghasilkan tepung tang mien. Tepung ini biasa dipakai untuk pembuatan dumpling, hakao, dan campuran untuk membuat ba-pao.

Gluten biasa dibuat sebagai daging tiruan untuk para vegetarian. Satu kilogram tepung terigu protein tinggi (Cakra Kembar) diberi air 600 cc dan sedikit garam lalu diaduk sampai tercampur rata. Adonan ini lalu dicuci sampai airnya bening untuk membuang pati dari terigu. Setelah pati-nya hilang akan tertinggal gumpalan kenyal berwarna keabu-abuan yang disebut gluten dan siap diolah untuk berbagai macam masakan.
 
Asik!
mau belajar buat ah :D
gluten dijual nggak sih?
kayaknya buatnya repot deh :(
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.