• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Sakramen Pembaptisan

erica_aur

IndoForum Junior A
No. Urut
5603
Sejak
26 Agt 2006
Pesan
2.937
Nilai reaksi
211
Poin
63
Sudah Kah Kalian Menerima Sakramen Pembaptisan ?

Rahmat Yang Di Peroleh Dari Pembaptisan :

1. Penghapusan semua dosa sebelumnya. Semua! Total! Termasuk hukuman atas akibat dosa yang biasanya ditanggung di Api Penyucian (sehingga mereka yang mati setelah dibaptis sebelum berbuat dosa apapun, akan langsung masuk ke surga). Bdk. Katekismus 1263.

2. Penghapusan dosa tidak serta merta membebaskan manusia dari concupiscence (kecenderungan untuk berdosa), penderitaan, kematian etc yang datang ke dunia karena dosa. Bdk. Katekismus 1264.

3. Manusia "diciptakan" kembali menjadi "ciptaan baru" (2Kor 5:17), seorang anak angkat Allah (Gal 4:5-7), pengikut serta dalam kodrat ilahi sang Allah (2Pet 1:4), Anggota Kristus (1Kor 6:15) dan pewaris bersama dengan Kristus (Rom 8:17), dan kuil bagi Roh Kudus (1Kor 6:19). Bdk. Katekismus 1265.

4. Pemberian Rahmat Pengudusan dan/atau Rahmat Pembenaran yang memungkinkan mereka untuk menerima kebajikan-kebajikan ilahi (iman, harapan, cinta kasih) karunia-karunia Roh Kudus (tujuh karunia Roh Kudus) dan kebajikan-kebajikan susila (keadilan, keberanian, penguasaan diri). Bdk. Katekismus 1266.

5. Menjadi bagian dari Imamat Rajawi Kristus (1Pet 2:9), suatu bangsa imamat umum sebagaimana Israel sebagai satu bangsa imamat (Kel 19:6). Bdk. Katekismus 1268.

6. Mendapatkan Karakter Sakramen Baptis berupa "materai Allah" ("Dominicus character") yang tak terhapuskan yang diberi oleh Sang Allah Roh Kudus. Bdk. Katekismus 1272-1274.

PS
Mengenai no: 4 diatas:

1. Tujuh karunia Roh Kudus (Yesaya 11:2), yaitu hikmat, pengertian, nasehat, keperkasaan, pengenalan akan Allah, kesalehan, takut akan Allah (bdk. Katekismus 1831).

2. Dua belas buah Roh Kudus (Gal 5:22), yaitu kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri, kerendahan hati, kesederhanaan dan kemurniaan (bdk. Katekismus 1832).
 
1. Penghapusan semua dosa sebelumnya. Semua! Total! Termasuk hukuman atas akibat dosa yang biasanya ditanggung di Api Penyucian (sehingga mereka yang mati setelah dibaptis sebelum berbuat dosa apapun, akan langsung masuk ke surga). Bdk. Katekismus 1263.

/hmm masih bingung sama yang bagian no. 1 ini. Sering disalah artikan sama orang lain, terutama yang menentang ajaran Kristus. Sering bgt orang nanya "Klo gitu buat jahat aja dolo, ntar pas mau mati baru dibaptis", dengan kata lain ga bakal ada orang baek. /hmm /hmm

Ada yang bisa jelasin?
 
sekarang banyak orang dari bayi udah di baptis kok.
 
/hmm masih bingung sama yang bagian no. 1 ini. Sering disalah artikan sama orang lain, terutama yang menentang ajaran Kristus. Sering bgt orang nanya "Klo gitu buat jahat aja dolo, ntar pas mau mati baru dibaptis", dengan kata lain ga bakal ada orang baek. /hmm /hmm

Ada yang bisa jelasin?

sebenarnya semua ayat dalam alkitab tidak mungkin dapat dicerna kata demi kata, karena jika melakukan demikian maka akan timbul pengertian yang jauh berbeda dan sangat riskan serta dapat menjerumuskan kita kepada kesesatan!

satu dan lain hal, dalam ajaran Kristus dikenal adanya hukum penggenapan, "jika ada meterai baru, maka yang lama yang belum sempurna, menjadi sempurna, tapi bukanlah tidak berlaku, akan tetapi digenapi"

misalkan ada larangan untuk memakan makanan atas hewan yang tidak berkuku belah pada perjanjian lama, atau haram makan babi, akan tetapi setelah pada perjanjian baru, Jesus sendiri yang menyatakan "yang keluar dari manusialah yang haram"

PERKATAAN nomor 1 diatas sebenarnya ditujukan untuk mereka "orang-orang yang selama hidupnya... belum pernah sama sekali mendengar tentang Jesus"

dan rasanya untuk saat ini itu tidak mungkin, semua pasti pernah mendengar tentang Jesus!

singkat cerita mungkin demikian:

1. si A adalah orang yang tidak beragama, dan telah meninggal dunia... (tidak pernah mendengarkan sama sekali tentang Jesus)
2. si B adalah anak si A yang juga telah meninggal dunia... (tidak pernah mendengarkan sama sekali tentang Jesus)
3. si C adalah anak si B atau cucu si A yang juga telah meninggal dunia (juga tidak pernah mendengarkan sama sekali tentang Jesus).
4. si D adalah anak si C atau buyut si A, dan saat hidupnya dia mendengar tentang Jesus dan mau menerima Jesus sebagai Juru Selamatnya...

atas kejadian ini maka seluruh dosa si D beserta 7 turunan diatasnya akan terhapuskan dan mereka akan masuk surga!

benarkah demikian? hanya dengan percaya dan dibabtis menerima Jesus si D beserta 7 keturunan diatasnya semua akan masuk surga?

apakah karena ada sepotong ayat "karena satu orang bertobat semua terselamatkan!" kalau begitu kita berbuat jahat saja dulu?

TENTU SAJA TIDAK!

mengapa?

karena Jesus sendiri pernah berkata "Aku adalah jalan kebenaran dan hidup"

sepotong kalimat itu kalau dibaca secara sepintas lalu akan mengartikan persepsi yang sangat berbeda.....

sebenarnya maksud dari sepenggal kalimat itu, haruslah dihayati dan dilakoni sepanjang hembusan nafas kita... jika kita sengaja meluangkan waktu untuk merenung dalam doa dan meminta kebijakan atas pikiran dan tingkah laku kita, kita akan mungkin mendapatkan arti sepenggal kalimat itu adalah, sbb:

1. Kita bertobat dan sepenuhnya berserah diri kepada Jesus.
2. Mengikuti Kristus berarti "HIDUP SEPERTI JESUS" dan bertingkah laku seperti Kristus, karena kata kristen bermakna "orang yang mengikuti Kristus"

3. Orang yang telah dibabtis akan tetapi tingkah laku dalam kehidupannya tidak mengikuti ajaran Kristus, atau kembali kepada kebejadannya (tidak mencontoh pola hidup yang dicontohkan Jesus) "ORANG TERSEBUT TIDAKLAH LAYAK MENAMAKAN DIRINYA SEBAGAI ORANG KRISTEN"

JADI?

orang yang dibabtis dan hidup mengikuti ajaran Kristus-lah yang berhak masuk surga! mengapa hal itu tidak dijelaskan?

karena semua ajaran dalam Kristus banyak diungkapkan dengan perumpamaan, dan membutuhkan jiwa yang tenang untuk mendalami sepotong kalimat demi kalimat walau sepenggal akan tetapi mengandung makna yang sangat dalam.

mengapa? karena Jesus menebarkan benih, akan tetapi tidak semua akan dituai, tentu saja "Hanya benih yang menghasilkan buah yang baik saja yang akan dituai"

sisanya???

"TENTUNYA AKAN DICAMPAKKAN DALAM API NERAKA YANG KEKAL! DIMANA DISANA HANYA TERDAPAT ERANGAN KESAKITAN DAN PENYESALAN SERTA GEMERETAK GIGI"

oleh karenanya itupun digenapi dengan ajaran Kristus tentang perumpamaan "Pengantin yang berjaga-jaga, hanya pengantin yang berjaga dengan cadangan lampu dian yang tetap menyala sampai pada hari penghakiman saja yang layak menjadi pengantin mempelai Kristus!"

api dian itu adalah nyala dan jiwa kita untuk terus hidup didalam Kristus dan mencontoh pribadi Jesus tentunya!!


kalau begitu seorang Pendeta atau Pastur-pun belum tentu masuk surga?

ya BETUL! mengapa demikian?

karena Pendeta dan Pastur-pun hanyalah sebuah sosok pribadi manusia belaka! yang penuh dengan kedagingan! kalau Mereka hanya menyandang itu demi publik dan pandangan masyarakat, tapi dibelakang masyarakat mereka tetap hidup dalam kedagingan! mereka tidak pantas untuk duduk bersama dan memerintah bersama ALLAH BAPA di surga nanti!

KARENA hanya mereka yang hidup sesuai dengan ajaran Kristus-lah yang layak untuk hidup dalam surga yang kekal nanti!

siapa?

"KITA SEMUA! asalkan kita mampu hidup meneladani contoh Kristus dalam kehidupan kita! sampai ajal menjemput kita! setia pada iman kita! hidup didalam KRISTUS! RELA MATI DEMI KRISTUS!"

TIDAK PEDULI siapapun kita!, gembel, pengemis, mantan pelacur atau siapapun!!! semua akan masuk surga! tidak pandang bulu! asal kita hidup didalam KRISTUS"

seperti saat Jesus berkata kepada salah seorang penjahat disamping kayu salib-NYA!

"Engkau pada hari ini akan bersama-sama dengan-KU dalam kerajaan surga!"

mengapa hanya demikian mudah penjahat itu masuk surga?

karena Jesus mengenal hati dan pribadi tiap insan!

saat si penjahat yang berada disamping kayu salib Jesus berserah, Jesus mengetahui "orang itu telah dengan sungguh menerima Jesus dengan segala hati dan jiwa raganya!"

ingat! JESUS MENGENAL TIAP HATI DAN JIWA! kita tidak dapat membohongi Jesus dan TUHAN kita!

kiranya sepenggal untaian kata ini dapat memberikan gambaran tentang besarnya KRISTUS!

kiranya ini semua dibaca dengan hati yang tenang dan doa minta ditunjukkan jalan serta diberikan kebijakan terutama pikiran yang terbuka.....

karena Jesus sendiri pernah berkata "yang keras akan semakin keras!"

siapapun tidak layak masuk kedalam kerajaan surga semudah keledai masuk kedalam lubang jarum.


Teriring doa kiranya Kristus selalu meng-karuniakan kita dengan berkat sejahtera yang kian meneguhkan iman kita sampai akhir jaman.


Wassalam.
 
hallo all dear friends.....

sebelum apa yang kita dapat setelah dibaptis, kita harus tau dulu mengapa kita di baptis.
Yohanes Pembaptis dipersiapkan Tuhan untuk menyiapkan Jalan Bagi Tuhan yaitu dengan membapti orang dengan Air sebagai lambang pertobatan.
Markus
1:4 demikianlah Yohanes Pembaptis tampil di padang gurun dan menyerukan: "Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu."

Kemudian apa yang di katakan Yesus mengenai pembaptisan.
Yahannes
3:1 Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus, seorang pemimpin agama Yahudi.
3:2 Ia datang pada waktu malam kepada Yesus dan berkata: "Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah; sebab tidak ada seorang pun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya."
3:3 Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah."Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah."
3:4 Kata Nikodemus kepada-Nya: "Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?"
3:5 Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.
3:6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.
3:7 Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali.
3:8 Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh."
3:9 Nikodemus menjawab, katanya: "Bagaimanakah mungkin hal itu terjadi?"
3:10 Jawab Yesus: "Engkau adalah pengajar Israel, dan engkau tidak mengerti hal-hal itu?

seperti yang kita ketahui teman2...... pemimpin agama yahudi pasti sudah sudah khatam hukum taurat yang memuat 10 perintah Allah..... dan dia memahami dan mengerti dan mungkin sudah mengamalkan sehingga dia jadi orang baik...... namun apa yang dikatakan Yesus "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah." jadi berbuat baik saja tidak cukup.
dibaptis artinya dilahirkan kembali, dan Yesus Membaptis dengan Roh Kudus, dan kita memperoleh Keselamatan di Kerajaan Allah dengan dibaptis.
lebih tegas lagi teman2, Yesus berkata :
Yohanes 14
14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

tidak ada keselamatan Diluar Yesus.Amin


gbu.

love in Jesus
 
sambungannya lagi

untuk pernyataan ini :
Sering bgt orang nanya "Klo gitu buat jahat aja dolo, ntar pas mau mati baru dibaptis", dengan kata lain ga bakal ada orang baek.

maaf teman2 ini keliru sekali...... Bagaimana kita tau kalo kita bakalan mati sekarang, besok, lusa, minggu depan, tahun depan, tidak ada yang tau teman2, kematian datang seperti Pencuri....... Hanya Tuhan yang tau, jadi sebelum terlambat, bertobatlah dan peroleh keselamatan dengan dibaptis atas nama Bapa, Putra dan Roh Kudus. Amin

GBU

love in Jesus
 
Yang pntng niat...

Semua berawal dari niat..
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.