• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Berita Rudi Rubiandini Jabat Wamen ESDM

yan raditya

IndoForum Addict E
No. Urut
163658
Sejak
31 Jan 2012
Pesan
24.461
Nilai reaksi
72
Poin
48
BANDUNG– Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) bidang teknik minyak dan gas Rudi Rubiandini menjabat Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan almarhum Widjajono Partowidagdo.
KBq67.jpg

Direncanakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melantik Rudi di Istana Negara,Jakarta,hari ini.”Besok (hari ini) pukul 11.00 WIB di Istana Negara,”kata Rudi,kemarin. Dia menyatakan siap bekerja sama dengan Menteri ESDM Jero Wacik. ”Untuk diketahui wamen itu penggodok keputusan.Sedangkan keputusan tetap ada di menteri. Contohnya juga tidak ada keputusan pembantu rektor, yang ada keputusan rektor.Begitu juga dengan keputusan presiden, tidak ada keputusan wakil presiden,”ujar Deputi Pengendalian Operasi BP Migas ini.

Rektor ITB Akhmaloka sangat percaya terhadap kemampuan Rudi.”Dia itu dari dulu aktif dan energik, kalau melihat kemampuannya,diapastibisadi bidang itu (ESDM),” katanya. Menurut rekan Rudi yang samasama kuliah di Fakultas Teknik ITB angkatan 1980 itu, Rudi dikenal unggul,bersih, dan berjiwa muda. Meski berbeda jurusan, Rudi yang mengambil S1 Teknik Perminyakan ITB, sedangkan Akhmaloka di Teknik Kimia,mereka kerap bertemu di kegiatan kemahasiswaan.

”Lalu, kami pernah sama-sama jadi dosen di ITB, Rudi juga pernah jadi Ketua Penerbit ITB.Kami ikhlas melepas beliau kalau untuk kebaikan bangsa di bidang ESDM,”ucapnya. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengumumkan calon menteri kesehatan (menkes) dan wakil menteri (wamen) energi sumber daya mineral (ESDM) kemarin. Presiden memastikan calon Menkes Nafsiah Mboi dan Wamen ESDM Rudi Rubiandini telah lulus tes kesehatan. Nafsiah Mboi dan Rudi Rubiandini segera menjalankan tugasnya setelah dilantik.

”Keduanya juga telah mengikuti pemeriksaan kesehatan. Dari ujian itu,kita nyatakan keduanya lulusdanmemenuhisyarat,” ujar Presiden SBY di Ruang Teratai,Istana Bogor,kemarin. Laiknya menteri-menteri lain yang telah duduk dalam jajaran Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II,kedua calon menteri tersebut juga telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan. ”Segera setelah menjabat pada posisi menteri dan wamen,keduaduanya akan menandatangani kontrak kinerja dan pakta integritas,” tambahnya.

Presiden SBY didampingi Wapres Boediono kemarin pagi mengumumkan secara resmi Dr Nafsiah Mboi Spa MBA sebagai menkes menggantikan almarhum Endang Rahayu Sedyaningsih. Sedangkan Prof Dr Ir Rudi Rubiandini diangkat sebagai wamen ESDM menggantikan almarhum Widjajono Partowidagdo yang meninggal pada 21 April lalu saat mendaki Gunung Tambora,NusaTenggara Barat. Selain menkes dan wamen ESDM, Presiden juga mengumumkan pengangkatan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hendarman Supandji yang akan menggantikan Joyo Winoto.

Sementara kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang telah lama dirangkap jabatan oleh Menteri Perdagangan Gita Wirjawan akan dipercayakan kepada Chatib Basri. Menkes dan wamen ESDM baru serta kedua pejabat setingkat menteri tersebut akan dilantik hari ini oleh Presiden SBY di IstanaNegara,Jakarta.”Dengan demikian,keempat pejabat tersebut bisa segera menjalankan tugas-tugasnya. Mereka akan mengemban tugas penting di negeriiniuntuksekitar2,5tahun mendatang atau sampai berakhirnya masa bakti KIB II utamanya jabatan menteri dan wamen,” ungkap Presiden.

Sementara itu,Presiden menilai Rudi Rubiandini sebagai orang yang memiliki pengetahuan, pengalaman, dan komitmen untuk memajukan sektor ESDM. ”Yang bersangkutan saya pandang,sebagaimana almarhum Prof Widjajono dulu, memiliki kecakapan untuk membantu menteri ESDM mengembangkan kebijakan program dan rencana aksi, upaya nyata untuk meningkatkan pengelolaan energi dan mineral yang baik,”ungkapnya.
 
Selamat bekerja dan berkarya buat P Rudi dan bu Nafsiah.....semoga bisa membawa negeri ini lebih baik lagi...Aamiiiiinnnnn.......
 
siip berarti masih ada ya jabatan wakil menteri...
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.