Angela
IndoForum Addict A
- No. Urut
- 88
- Sejak
- 25 Mar 2006
- Pesan
- 41.725
- Nilai reaksi
- 23
- Poin
- 0
Hi sobat lounge,
Kamu penikmat Roti Boy, tentu aroma kopi yg harum memang menciptakan orang langsung merasa harap mencicipi.
Tapi kalau dilihat-lihat, model & bentuknya gitu doank. Varian rasa juga gitu doank, ehh tetapi kok laris & banyak yg meniru. Kalau dibandingkan toko roti yg lain, ragam bentuk & rasa kan macem-macem, nah Roti Boy bentuk & varian rasanya kan yah gitu doank, tetapi kok dapat laris! Hmmm, kenapa ya?
Ada banyak berbagai alasan, namun alasan utama adalah bentuknya yg simple. Lalu alasan lain rasa Roti Boy, walau rasanya terbatas tak banyak varian, namun rasanya kok enak! Maka, itu salah satu yg bikin orang suka.
Dibandingkan bila pembeli diberikan opsi dengan banyak ragam rasa & bentuk, malah dapat menciptakan para pembeli itu bingung.
Contoh kopi sachet yg dijual dengan banyak varian & rasa, maka kesetiaan pelanggan semakin hilang. Apalagi masalah rasa mirip-mirip, bahkan dari warna kopinya juga mirip-mirip otomatis kesetiaan pada satu produk akan jarang terjadi, apalagi terkadang suka lupa dengan rasa kopi yg disuguhkan tanpa melihat merk.
Nah, itu yg menciptakan Roti Boy punya rasa yg spesifik, tetapi enak maka orang akan mudah mengingatnya. Walau tidak ada merk pun, orang dapat menebak bahwa ini adalah Roti Boy. Itulah kunci utama laris manisnya produk ini.
Selanjutnya alasan kedua adalah tempat, dimana kalau mau berdagang hal yg perlu dipikirkan adalah tempatnya. Contoh, Indomart & Alfamart mempunyai tempat yg strategis di pemukiman warga, tak heran kalau mini market itu lebih banyak menjual produk dibandingkan dengan warung tetangga sebelah rumah.
Walau tempat itu agak tricky, kalau tempatnya strategis biasanya biaya sewa akan mahal. Kalau tempat sepi, harga sewa murah tetapi jarang orang lewat yah percuma juga.
Nah, Roti Boy ini cukup unik mereka sewa ditempat strategis tetapi karena produknya minimalis. Maka tempatnya juga tak memerlukan area yg luas, dapat memotong anggaran dari biaya sewa tempat.
Biasanya kalau toko untuk menarik perhatian orang, akan bikin poster gede, discount besar, hingga berbagai macam cara untuk menarik perhatian. Tapi Roti Boy, cukup dengan aroma harum kopi ketika produk rotinya dipanggang sudah mencuri perhatian orang yg lewat.
Maka itulah trik promo gratis untuk mencari perhatian banyak orang dengan aromanya yg kuat, tak heran tempat Roti Boy banyak dibuka di mall, stasiun, bandara & tempat ramai lainnya. Kalau ditempat yg sepi, belum tentu akan laris manis.
Jadi, tempat adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah produk, tak heran kalau produk yg laris itu modalnya juga cukup kuat.
Jadi bagaimana trik Roti Boy dapat di aplikasikan ke produk lain?
Tentu dapat, khususnya produk masakan selain bermain rasa juga tempat yg strategis. Namun jelas, sampean butuh modal yg cukup kuat. Buktinya ada juga Roti O sebagai kompetitor dari Roti Boy.
Nah produk dengan rasa & model yg itu-itu aja jelas akan lebih efisien, hemat, & cepat dipelajari oleh karyawan. Apalagi orang yg melihat produk simple, akan lebih mudah di ingat oleh pembeli.
Tertarik usaha dengan trik yg dilakukan Roti Boy?
Terima kasih yg sudah membaca thread ini hingga akhir, bila ada kritik silahkan dihinggakan & semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat & merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.
"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2
Pic : google