• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Robot Ini Bertugas Memantau Reaktor Nuklir

steven yan

IndoForum Junior D
No. Urut
208832
Sejak
2 Jan 2013
Pesan
1.870
Nilai reaksi
22
Poin
38

Honda Motor Co Ltd dan Advanced Industrial Service & Technology (AIST) bekerja sama mengembangkan robot survei berakses tinggi di Stasiun Energi Nuklir TEPCO Fukushima Daiichi yang dapat dikendalikan dari jarak jauh.

Robot ini berfungsi untuk melakukan penelitian lapangan di reaktor nuklir Fukushima Daiichi milik Tokyo Electric Power Company Inc (TEPCO). Robot tersebut mulai aktif bekerja sejak tanggal 18 Juni 2013.

"Robot survei ini dikembangkan untuk menyediakan berbagai kebutuhan informasi aktual mengenai kondisi di dalam reaktor nuklir," tulis Honda melalui keterangan tertulisnya, Selasa 25 Juni 2013.

AIST bertugas mengembangkan akses platform yang dapat menjangkau area-area yang tinggi, sementara Honda mendapuk bagian lengan robot yang dipasang di atas platform tersebut.

Adapun teknologi yang diterapkan Honda pada lengan robot itu meliputi teknologi yang memungkinkan tampilan tiga dimensi dari berbagai struktur di sekitar area subyek survei.

Selain itu, lengan tersebut dilengkapi sistem pengendalian yang memungkinkan kontrol secara simultan terhadap beberapa persendian lengan robot.

Dengan teknologi ini, lengan robot dapat bekerja secara simultan dan lebih mudah menjangkau objek yang terhalang oleh benda lainnya, mengonfirmasi data 3D secara lebih rinci, serta mengidentifikasi sumber radiasi yang terdapat di dalam struktur gedung reaktor nuklir.

Sementara itu, AIST juga menerapkan teknologi pada remote control dan kamera pintar yang memungkinkan pengendalian jarak jauh melalui kabel serat optik LAN dan juga nirkabel LAN sejauh 400 meter.


Teknologi robot anyar ini merupakan perkembangan dari teknologi robot humanoid ASIMO yang dapat membantu kegiatan sehari-hari manusia.

Honda juga telah mempelajari serta meneliti mengenai kemungkinan penggunaaan robot humanoid di lokasi bencana, misalnya di wilayah Jepang bagian timur yang mengalami gempa bumi besar dan tsunami pada Maret 2011 silam.
 
 URL Pendek:

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG

Atas.