• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Rahasia Merawat Kain Batik Supaya Tetap Awet

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.076
Nilai reaksi
23
Poin
0
Merawat Kain Batik tidaklah susah & penting untuk merawat kain batik karena kain batik terkenal sebagai bahan pakaian ekslusif & favorit oleh-oleh Jogja dengan motif & warna-warni yg khas, bukan cuma sebuah pakaian, tetapi juga sebuah warisan budaya yg perlu dijaga dengan baik. Perawatan yg tepat akan memastikan kain batik Anda tetap indah & awet selama bertahun-tahun. Tim Hamzah Batiktelah merangkum beberapa langkah sederhana untuk merawat kain batik dengan baik.


Quote:
4656826_20240213112005.jpg



Cara Merawat Kain Batik:

1. Cuci dengan Tangan

Saat mencuci kain batik, sebaiknya pakai air dharap atau suam-suam kuku & deterjen yg lembut. Hindari mengpakai mesin cuci karena siklus pencucian yg kasar dapat merusak serat kain & motif batiknya. Peras kain dengan lembut setelah dicuci untuk menghindari kerusakan.

2. Jangan Gunakan Pemutih atau Pewangi yg Kuat

Penggunaan pemutih atau pewangi yg kuat dapat merusak warna & motif batik. Sebaiknya hindari penggunaan bahan kimia yg keras & pilihlah produk pembersih yg ramah lingkungan & tidak mengandung bahan-bahan yg berpotensi merusak kain.

3. Hindari Merendam Terlalu Lama

Merendam kain batik terlalu lama dapat menyebabkan warna luntur & motif pudar. Rendam kain cuma untuk waktu yg singkat kalau memang diperlukan, & pastikan untuk segera mencuci & mengeringkannya setelahnya.

4. Jemur dengan Hati-hati

Saat menjemur kain batik, hindari sinar mentari langsung. Sinar UV dapat merusak serat kain & memudarkan warna serta motif batik. Lebih baik menjemur kain di tempat yg teduh & berangin supaya kain tetap segar & tidak berbau.​


Quote:
4656826_20240213112210.jpg



5. Simpan Dengan Baik

Simpan kain batik di lemari yg bersih & kering untuk mencegah serangan debu & serangga. Lipat kain dengan rapi untuk menghindari kerutan yg terlalu dalam, atau gulung & simpan di dalam tabung kain yg khusus.

6. Hindari Setrika yg Terlalu Panas

Saat menyetrika kain batik, pakai suhu setrika yg rendah atau sedang. Letakkan kain di bawah kain putih atau kain tipis lainnya untuk melindungi motif & warnanya dari panas langsung.

7. Periksa Label Perawatan

Beberapa kain batik mungkin memiliki instruksi perawatan khusus. Pastikan untuk memeriksa label perawatan sebelum mencuci atau merawat kain batik, & ikuti petunjuk yg diberikan.

Quote:
4656826_20240213112139.png



Dengan merawat kain batik dengan penuh perhatian & kasih sayang, Anda tidak cuma menjaga keindahannya tetapi juga melestarikan warisan budaya yg berharga bagi generasi mendatang. Jadi, mari kita bersama-sama berperan dalam menjaga keberlangsungan tradisi batik Indonesia dengan merawat kain batik dengan baik.


Quote:
Sumber : Hamzah Batik
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.