Klarifikasi Komplain Sdr.Pujianto
Saudara Pujianto memang pernah service notebooknya ke tempat kami. Kami mohon maaf apabila service kami tidak sesuai dengan harapan saudara. Tapi bagaimanapun juga kita sangat...sangat menyayangkan sikap saudara yang demikian karena dalam hal ini sangat merugikan perusahaan kami. Radiant beroperasi sesuai dengan prosedur dan aturan-aturan yang tegas bukan atas dasar sesuatu yang tidak jelas atau semaunya. Sanggahan ini kami lontarkan karena kami merasa sudah menjalankan segala sesuatunya sesuai dengan prosedur, hal ini sudah kami terapkan hingga hari ini dan tidak ada customer kami yang komplain sebagaimana saudara Pujianto. Untuk itu perlu kiranya kami memberikan klarifikasi terkait beberapa Hal lain yang perlu diketahuai juga :
1. Sesuai bukti transaksi yang saudara Pujianto lakukan (no. invoice: 391SOT) adalah total biaya sebesar Rp.300.000,- untuk sevis chipset bukan Rp.400.000 seperti yang saudara komplainkan. Dan saya masih ingat saudara merasa jengkel karena laptopnya sering bermasalah meskipun sudah diservis. Masalah itu jelas diluar tanggung jawab kami karena masalah yang dikeluhkan berbeda dengan yang sudah kami tangani (servis), dan akibat kerusakan pada benda elektronik bisa menjadi sangat kompleks, kami MENOLAK dituding bersalah karena hanya memberi garansi 1 bulan, jika ada organisasi lain yang bisa memberikan garansi lebih lama mengapa saudara tidak memilih untuk menyerviskan ke tempat itu.
2. Tertera di bukti service order, terdapat catatan teknisi yang menangani bahwa selama biaya masih di rentang Rp.200.000,- s/d Rp.500.000,- Radiant tidak perlu melakukan konfirmasi atas permintaan pelanggan sendiri. Perlu untuk diketahui saja, untuk keluhan yang mengarah pada kerusakan mainboard dan komponen-komponennya kita tidak dapat memutuskan secara pasti biaya servis atau harga komponen sebelum unit dibongkar terlebih dahulu oleh teknisi.
3. Masa garansi berlaku sesuai segel. Radiant akan menerima klaim apabila customer yang bersangkutan membawa unit yang masih dalam masa garansi pada hari dan tanggal sesuai yang kami terakan di segel. Jelas-jelas kami akan menolak klaim saudara Pujianto karena saudara membawa unit yang dimaksud berbulan-bulan setelah masa garansi habis dengan alasan apapun apalagi tanpa adanya perjanjian.
4. Keputusan menjual unit Laptop adalah dari saudara Pujianto sendiri bukan provokasi dari pihak Radiant. Hal tersebut terjadi karena saudara pujianto merasa kesal karena unit miliknya sering bermasalah, daripada di waktu yang akan datang menghabiskan banyak biaya perawatan akhirnya saudara Pujianto memutuskan untuk menjual. karena kami tidak melayani jual beli unit notebook apalagi unit bekas akhirnya Radiant hanya bisa membantu memberikan saran.
5. Saudara Pujianto akhirnya mau melepas unit miliknya seharga 1 juta rupiah dan meminta kepada Radiant untuk membantu menjualkannya. Saudara Suryo selaku pegawai Radiant bermaksud membantu dengan mengajukan penawaran harga, hal ini dilakukan secara personal tanpa membawa atribut atau kapasitasnya sebagai teknisi di Radiant. Nominal yang diajukan adalah sebesar Rp.500.000,- , dgn value yang ditawarkan adalah unit tersebut tidak perlu menunggu lama untuk laku. Antara membayar servis sebesar Rp.300.000 atau melego unitnya sebesar Rp.500.000 saudara Pujianto masih bingung untuk memilih satu diantaranya. singkat kata ahkirnya saudara Pujianto menerima tawaran saudara Suryono, yaitu menjual notebooknya apapun kondisinya seharga Rp.500.000,-. dari kesepakatan itupun saudara Yulianto sudah bersikap curang yaitu tidak mengikut sertakan baterai dan hardisk (baru ketahuan setelah dibongkar). menjawab pernyataan di atas bahwa saudara Suryono akan menghargai baterai seharga 100.000 itu adalah tidak benar.
Beberapa point tersebut adalah garis besar kronologis yang terjadi. Kami mohon maaf apabila saudara Pujianto menyesal dengan servis Radiant, hal itupun terjadi karena sikap anda sendiri sebagai pembeli yang sungguh tidak sepantasnya. Kami hanya menjalankan operasional toko sesuai standart peraturan.
Hormat Kami,
Manajemen Radiant Computer Surabaya