• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

pilih ikan ato daging

pilih ikan ato daging

  • Ikan

    Suara: 24 57,1%
  • Daging

    Suara: 18 42,9%

  • Total suara
    42
Sebenernya gw lebih doyan daging,tapi buat sehat pilih ikan lah, ikan juga cuman ikan laut doang gw doyannnya :D
 
ikan laut agak enak, tus sehat lagi, bisa dimasak macam-macam
 
Ya ikan dong!!! Apalagi wa anak perikanan. :D

Keunggulan daging ikan
Dibanding daging sapi, kambing, atau daging hewan lainnya, ikan punya banyak keunggulan atau kelebihan. Dagingnya lebih empuk dan gampang dimasak. Karena jaringan penghubung antara otot pada ikan hanya ada 3%. Serabut ototnya pun lebih pendek, sehingga lebih mudah dikunyah dibanding daging sapi, kambing atau lainnya. Jumlah lemak pada ikan tidak sebanyak lemak daging. Hal ini jadi memudahkan dalam pencernaan. Karena itu meskipun telah memakan ikan, orang mudah kembali merasa lapar. Lemak yang terdapat dalam ikan mengandung asam lemak tak jenuh omega 3 yang sangat baik bagi kesehatan. Asam lemak tak jenuh omega 3 sangat baik untuk mencegah penyakit degeneratif, seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke, dan kanker. Sering mengkonsumsi ikan dapat membantu menghambat terjadinya arteroskerosis (penyumbatan pembuluh darah). Kajian epidemiologis mengungkapkan bahwa bangsa Eskimo yang rata-rata mengkonsumsi ikan 300–400 gram per hari jauh dari penyakit jantung. Sementara pada daging sapi atau lainnya lebih banyak mengandung asam lemak jenuh.
Para ahli gizi juga sepakat bahwa asam lemak omega 3 dan omega 6 yang terdapat dalam ikan dan produk olahannya (termasuk minyak ikan) punya peranan penting dalam peningkatan kecerdasan anak. Untuk membentuk perkembangan otak janin dalam kandungan, ibu-ibu yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi ikan. Fase cepat tumbuh otak janin terjadi pada usia kehamilan 20 – 36 minggu. Pada periode tersebut ibu hamil sebaiknya banyak mengkonsumsi ikan laut. Ikan juga mengandung protein sekitar 17%. Protein ikan memiliki komposisi dan kadar asam amino esensial (asam amino yang penting bagi tubuh, tapi tak bisa diproduksi oleh tubuh). Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu protein ikan setingkat dengan mutu protein daging, sedikit dibawah mutu protein telur, dan diatas protein serelia dan kacang-kacangan. Asam amino dalam protein ikan dapat meningkatkan mutu protein pangan lainnya. Misalnya, beras memiliki kadar asam amino lisin rendah ( 3,7 % dari protein), tetapi ikan mengandung lisin tinggi (8,1%). Jadi mengkonsumsi nasi dan ikan bersama-sama akan bersifat komplementer atau saling melengkapi.
Ikan olahan yang sudah dikeringkan umumnya mengandung protein lebih tinggi bila dibandingkan ikan segar. Hal ini karenakan proses pengeringan telah mengurangi kadar air sedemikan rupa, sehingga kandungan protein per 100 gram bahan menjadi lebih tinggi. Ikan-ikan segar apapun jenisnya, mengandung protein relatif sama sekitar 16–22%. Termasuk ikan patin yang kini kian populer. Khusus untuk ikan laut, umumnya kaya akan iodium. Kandungan iodiumnya mencapai 830 ug (mikro gram)/kg. Jika dibandingkan dengan iodium pada daging yang hanya 50 ug dan telur 93 ug. Akibatnya jika banyak mengkonsumsi ikan laut dapat mencegah penyakit gondok.

29847492xl4.jpg


Sumber :
Boedi Sawitri
Copyright 2007 by Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah
http://ikm.depperin.go.id/Publikasi...d/22/Daging-Ikan-Dapat-Mencegah-Penyakit.aspx
 
hari ni pilih daging ayam, alasan? ibu gwa masak rendang ayam, kalau milih ikan, gak makan gwa, hahahahahaha
 
saya seh lebih suka ikan ^^
 
ikan fillet lah, ga ada duri atopun tulang!! :D
salmon dan tuna tuh yg gw suka, soalnya mengandung omega 3 untuk kesehatan jantung
secara 1 dr 2 orang meninggal krn serangan jantung /no1
 
ikan enak..tapi daging lebih enak lagi...walopun lebih bagus ikan..
 
ikan ah

Dalam masa pertumbuhan, saya perlu banyak protein /gg
 
klo ak lebih milih daging soalnya, makannya ga ribet, klo ikan banyak durinya.emang sih klo ikan lebih bergizi dari daging yg lain2.
 
ikan banyak protein nya klo daging malah nambah lemak di badan /gg

gw pilih ikan aja dah karena gw setuju sama id gw diatas ini .................. :>

@ all lam kenal yach dari gw yg masih newbie nih ................. >:D<
 
daging dong... lebih mak nyussss...=P~
 
sekarang lagi musim steak tapi pake ikan loh, jadi ada steak pake kakap atau salmon :-bd
 
daging dunk.. lagi butuh lemak haha
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.