Ciri lain bila koil rusak bisa ditandai ketika mesin motor dalam kondisi panas, tiba-tiba pengapian berhenti, otomatis motor mogok. “Kalau koil rusak juga bisa ditandai dari mesin motor yang tiba-tiba mati saat kondisi panas atau perjalanan jauh,
Biasanya coil sering mengalami panas itu disebabkan karena adanya beberapa komponen yang berada dalam sistem pengpian mengalami kerusakan sehingga coil pada mobil tersebut menjadi panas. Seperti di kutip otodomain.com Komponen pada sistem pengapian yang biasanya sering mengakibatkan coil menjadi panas itu terjadi pada busi ataupun CDI yang rusak.
Koil yang lemah membuat percikan api busi di dalam ruang bakar menjadi lebih sulit terjadi. Akibatnya akan berimbas pada waktu stater untuk menghidupkan mesin yang lebih panjang dan lebih lama daripada saat kondisi koil normal.
Cuma meski tegangan terganggu, koil jenis apapun masih bisa bekerja. Hanya saja performa mesin kurang, atau mesin sering mati sendiri tanpa sebab dan bisa hidup lagi setelah berhenti beberapa saat. Makanya biar tahu kualitas koil di motor, coba diuji avometer.
Kumparan primer di dalam koil pengapian menghubungkan antara terminal positif koil dengan terminal negatif koil. Ciri-ciri kumparan primer : Kumparan primer penyebab koil mobil mati berfungsi membangkitkan medan magnet. Luas penampang kawatnya lebih besar dibandingkan dengan luas penampang kumparan sekunder.
Fungsi komponen sistem pengapian konvensional pada mobil
Resistor pada koil berfungsi untuk membatasi arus listrik yang mengalir menuju koil dari aki. ... Koil Pengapian (Ignition Coil) berfungsi untuk menaikkan tegangan dari 12 Volt tegangan battery menjadi tegangan tinggi yang besarnya 10.000 – 20.000 Volt.
Biasanya coil sering mengalami panas itu disebabkan karena adanya beberapa komponen yang berada dalam sistem pengpian mengalami kerusakan sehingga coil pada mobil tersebut menjadi panas. Seperti di kutip otodomain.com Komponen pada sistem pengapian yang biasanya sering mengakibatkan coil menjadi panas itu terjadi pada busi ataupun CDI yang rusak.
Koil yang lemah membuat percikan api busi di dalam ruang bakar menjadi lebih sulit terjadi. Akibatnya akan berimbas pada waktu stater untuk menghidupkan mesin yang lebih panjang dan lebih lama daripada saat kondisi koil normal.
Cuma meski tegangan terganggu, koil jenis apapun masih bisa bekerja. Hanya saja performa mesin kurang, atau mesin sering mati sendiri tanpa sebab dan bisa hidup lagi setelah berhenti beberapa saat. Makanya biar tahu kualitas koil di motor, coba diuji avometer.
Kumparan primer di dalam koil pengapian menghubungkan antara terminal positif koil dengan terminal negatif koil. Ciri-ciri kumparan primer : Kumparan primer penyebab koil mobil mati berfungsi membangkitkan medan magnet. Luas penampang kawatnya lebih besar dibandingkan dengan luas penampang kumparan sekunder.
Fungsi komponen sistem pengapian konvensional pada mobil
Resistor pada koil berfungsi untuk membatasi arus listrik yang mengalir menuju koil dari aki. ... Koil Pengapian (Ignition Coil) berfungsi untuk menaikkan tegangan dari 12 Volt tegangan battery menjadi tegangan tinggi yang besarnya 10.000 – 20.000 Volt.