• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Pencetus Jargon "Tarik Sis Semongko" yg Viral Dituduh Plagiat!

Angela

IndoForum Senior A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
7.075
Nilai reaksi
2
Poin
0
Pencetus Jargon Tarik Sis Semongko yg Viral Dituduh Plagiat!

Hai hai Agan & Sista, masih tetep semangat ... kan
emoticon-2 Jempol
. Terima kasih sudah berkenan singgah di thread ane. Beberapa hari yg lalu, di grup WA ada yg share video tentang lagu yg lagi viral di dunia maya, dengan jargonnya "Tarik, Sis ... Semongko!" Ane buka deh tuh video, & video tersebut cukup bikin perut ane mules gegara ngakak, GanSist, gak cuma sekali tuh video ane setel, berkali-kali & tetep aja bikin ane ketawa.
Spoiler for video semongko:
{thread_title}

Meskipun isinya cuma deretan stiker jenaka & kalimat lirik lagu, sukses bikin ane bolak balik ketawa
emoticon-Leh Uga


Berawal dari sanalah jiwa kepo ane muncul, GanSist, ane cari-cari dah gimana ini jargon dapat merakyat banget, ampe viral gitu. Usut punya usut ternyata jargon yg viral di media sosial tiktok ini berasal dari sebuah pentas musik di daerah Banyuwangi. Jargon ini viral bersama dengan lagu yg berjudul "Bunga" yg dinyanyikan oleh Anggun Pramudita dicetuskan perdana kali oleh seorang MC dangdut kondang di Banyuwangi, yg bernama Ridho Woyo-woyo.

Melalui eksibisi dangdut yg diselenggarakan oleh kelompok pemuda Damlimo, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, yg menggandeng AA Jaya Event Organizer, pada Januari 2020, Ridho mengajak penonton bergoyang dengan jargon "Tarik, Sis ... Semongko!". Jargon tersebut dalam bahasa Jawa artinya ajakan untuk berjoget. Semongko sendiri merupakan kepanjangan dari semangato sampe bongko, yg kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia jadi semangatlah sampe mati.

Tarik sendiri dapat juga sebagai aba-aba untuk penabuh gendang memulai alunan musiknya. Siapa sangka, setelah videonya diunggah di media sosial malah jadi viral. Tidak pernah terbayang sebelumnya di benak Ridho kalau videonya yg mengpakai jargon dengan judul lagu Bunga tersebut dapat menempati trending nomer dua di flatform Youtube! Video ini cuma kalah oleh video lagu Lisa dkk dalam grup band Blackpink. Pencapaian yg luar biasa.

Meskipun Ridho mengaku bangga dengan viralnya jargon tersebut, tetapi pasti saja ada oknum-oknum yg tidak bahagia dengan pencapaian Ridho. Manusiawi, yekan, GanSist, gak mungkin kita dapat menciptakan semua orang senang, pasti ada yg julid & iri. Bahkan ada beberapa oknum yg menuduh Ridho mengerjakan plagiat. Bukannya marah, Ridho malah dengan lapang dada menerima & memaafkan oknum-oknum tersebut. Pemusik, penyanyi, & bahkan netizen dengan segala kebenarannya pun ikut menuduh Ridho Woyo-woyo mengerjakan plagiat.

Untung Ridho nggak ambil pusing, GanSist, ia malah bahagia dapat memberikan hiburan kepada masyarakat luas, salah satunya ane. Ane cukup terhibur dengan jargon tersebut, apalagi dalam bentuk video yg sudah ane share di atas
emoticon-Leh Uga


Nah, buat Agan & Sista, buat melepas penat sejenak ane bawakan video yg sedang viral di jagad maya. Hayo, kita goyang! Tarik, GanSist ... Semongko!!!
emoticon-Goyang

Spoiler for Tariiikk Sis:




Sumber gambar : Google
Referensi di sini Hari ini 18:31
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.