• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Penari Lelaki Bukan Banci

pinnacullata

IndoForum Activist C
No. Urut
24506
Sejak
24 Okt 2007
Pesan
13.034
Nilai reaksi
224
Poin
63
KESAN banci yang sering dilekatkan masyarakat kepada para penari berjenis kelamin lelaki dibantah keras oleh Andi Supardi, penari Betawi yang sudah menari sejak tahun 1973.

Andi adalah generasi ketiga dari pendiri Topeng Betawi, yaitu kelompok kesenian Betawi yang didirikan kakek dan neneknya, Raden Djiun bin Dorak dan Ibu Kinang pada tahun 1918.

Sejak remaja, dirinya sudah dilatih menguasai berbagai kesenian Betawi, mulai dari lenong, teater, tari dan juga musik. Menurut Andi, kesan banci mungkin muncul dari sikap dan gerak lemah gemulai yang dimiliki oleh setiap penari pada umumnya dan lemah gemulai biasanya melekat sekali dengan identitas perempuan. Namun, tidak demikian menurut Andi.

"Dalam tari Betawi, lelakinya kan juga harus melakukan gerak silat yang gagah. Saya juga bisa melakukannya. Disesuaikan aja. Jadi penari lelaki bukan banci," ujar Andi.

Andi mengungkapkan memang akibat stigma tersebut, anak-anak asuhannya di Sanggar Tari Betawi Setu Babakan yang laki-laki lebih sering menekuni musik daripada tari. Namun, Andi mengaku telah mengingatkan enam anak lelaki tersebut hingga mereka juga mencoba belajar menari. "Saya bilang, kalau kalian mau menekuni seni Betawi harus belajar menari juga," tutur Andi.

Menurut Andi, menari jangan langsung didefinisikan sebagai pekerjaan perempuan atau wanita. Lantas, lelaki yang terlibat di dalamnya langsung dianggap memiliki sisi kewanitaan. "Yang penting hatinya sendiri, pribadinya. Datang dari sini," ujar pria yang lahir tahun 1961 ini sambil menepuk dadanya.

Andi sendiri menikah dengan seorang wanita Betawi bernama Maimunah dan sudah dikaruniai tiga orang putra-putri, yaitu Maulana, Suci dan Nia. Si sulung sekarang sudah bekerja sementara si bungsu masih duduk di kelas 4 SD.

============
sumber: kompas
 
Gw sih setuju, ada juga cowo yg walaupun suara dan gerakannya gemulai(kaya teman gw) tapi punya cewe dan kalo panco, dorong2an, kuat bener deh...

Gw jadi ingat pepatah :

Banci tenaganya lebih kuat????
 
lho kan ada penari kyk break dance itu , cowo kan , hihihihihi
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.