• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Pembangkit Listrik Seukuran Koin

Bulubabi

IndoForum Junior B
No. Urut
6034
Sejak
4 Sep 2006
Pesan
2.583
Nilai reaksi
238
Poin
63
Pembangkit Listrik Seukuran Koin


generator_piezoelektrik.jpg

Untuk membuat pembangkit listrik berukuran kecil ini,
para peneliti Institut Teknologi Georgia,
AS memanfaatkan kawat-kawat tipis dari bahan
oksida seng yang bersifat piezoelektrik
atau menghasilkan beda tegangan jika
diberi tekanan mekanik.



Apakah Anda termasuk orang yang merasa ribet jika harus selalu mengisi ulang baterai ponsel, MP3, atau perangkat genggam lainnya? Jangan khawatir, masalah tersebut segera diatasi dengan generator listrik berukuran mini yang dapat dibawa ke mana-mana, bahkan dimasukkan ke saku sekalipun.

Generator yang dikembangkan Profesor Zhong Lin Wang dari Institut Teknologi Georgia, AS tersebut dapat membangkitkan listrik arus searah secara terus-menerus dari energi gerak yang ada di sekitarnya. Bahkan, alat ini dapat menuai listrik dengan mengubah energi mekanik yang sangat kecil dari gelombang ultrasonik, gerakan tubuh, bahkan aliran darah sekalipun.

Tapi, jangan buru-buru kepincut dan ingin segera memilikinya. Sebab, pengembangnnya masih dalam tahap prototip. Alat tersebut tersusun dari kawat-kawat tipis yang dapat bergetar. Kawat-kawat ini bersifat piezoelektrik sehingga menghasilkan beda tegangan saat diberi tekanan mekanis. Beda tegangan inilah yang dibutuhkan untuk menghasilkan arus listrik.

Saat alat tersebut memperoleh dorongan mekanis, misalnya karena digerakkan, kawat-kawatnya akan bergetar dan menempel ke sebuah pelat khusus sehingga arus mengalir. Arus listrik yang mengalir karena beda tegangan dari setiap kawat memang sangat lemah tapi relatif besar jika dikumpulkan. Wang dan timnya yakin mampu membangkitkan arus sekitar 4 watt dari setiap satu centimeter kubik volume kawat.

Arus sebesar itu sudah cukup untuk menjalankan alat-alat elektronik berukuran kecil. Pokoknya asal ada energi yang menggerakkan kawat tipis tersebut - tentu saja hanya butuh dorongan yang sangat kecil - generator ini dapat membangkitkan listrik. Jadi, pembangkit listrik yang tak lebih besar dari ukuran koin ini bisa saja dipasang di sepatu, di ujung jari bagi yang sering mengetik, atau tempelkan saja ke kulit dekat pembuluh darah.

Sumber: kompas.co.id
 
wah............... kemajuan teknologi ne..............
bisa bebas maen layangan.................
 
busett ebat....
kemaren2 listrik tanpa kabel cuma pake gelombang

,kalau untuk watt yg gede2 kuat ga??? :-/


btw nice post /no1
 
Wang dan timnya yakin mampu membangkitkan arus sekitar 4 watt dari setiap satu centimeter kubik volume kawat.
itu baru segede coin, gimana kalo segede lapangan bola /no1 pasti mantapp
 
sayang masi prototipe /sob
kalo d gunakan mantap tu
 
wah mantab.. nice post kk

alat ini kalo bisa dipasang dgn ponsel atau laaptop pasti keren bgt tuh

ga perlu baterai dan repot2 nge-charge lagi

cool... unlimited power:D
 
haruz di jauhin dari jangkauan anak kecil tu/heh
 
nice post bulbab /no1 keren juga biar laptop hp dall ga selalu riet bawa charge tuh /no1 kapan ya d luncurin ke pasaran /hmm
 
ber arti d masa dpn alat" elektronik jd makin kecil + ringan dong
tambah praktis
nice"
 
nice post bulbab /no1 keren juga biar laptop hp dall ga selalu riet bawa charge tuh /no1 kapan ya d luncurin ke pasaran /hmm

masi lama kali ya /hmm
sekalian aja di tempel/in-built di dalem laptop nya biar gak butuh di colok /heh

wah kalau gin lama2 gak usa bayar listrik dunk =))
 
PLN tambah rugi dunk num klo kit aga bayar listrik /heh /heh
 
keren nih bisa dikantongin dong, lama2 bs bangkrut nih PLN kalo alat ginian keluar produksi masal
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.