• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

(Muhasabah) Rukun Islam : The Functions for Small Scale People upto A Civilization

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.583
Nilai reaksi
23
Poin
0
11589773_20240403095553.jpg




11589773_20240216015224.jpg



11589773_20240403085605.jpg


Tulisan ini adalah dengan Rukun Islam yg kita semuanya pahami bersama. Penjelasan rukun dapat disebut dengan mengatakan asas kalau dalam sebagai warga negara.

Namun,sebagai Muslim/at tentu memahami akan tentang Rukun Islam yg ada 5 Rukun, yaitu :

1. Mengucapkan dua kalimah syahadat, yaitu tentang kesaksian serta keyakinan akan TIADA TUHAN yg patut disembah selain Allah SWT serta bahawa Nabi Muhammad SAW adalah Rasul Allah SWT.

2. Mendirikan lan menunaikan Ibadah Sholat Fardhu 5 Waktu sehari semalam, yaitu Sholat Isya, Sholat Subuh, Sholat Dhuhur, Sholat Ashar, serta Sholat Maghrib.

3. Membayar 4 tipe Zakat, yaitu : 1. Zakat Fitrah, 2. Zakat Maal/Harta, 3. Zakat Perniagaan serta 4. Zakat Rikaz.

4. Menunaikan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan, dimulai sejak terbit Matahari atawa sejak Azan Subuh hingga Azan Maghrib.

5.Menunaikan Ibadah Haji (jikalau sanggup).​



11589773_20240403092534.jpg



THE FUNCTIONS of RUKUN ISLAM PERTAMA to KEDUA for SOCIETIES​


Sebagai Muslim/at yg meyakini akan Allah SWT adalah Tuhan serta Muhammad SAW adalah Rasul Allah SWT tentu setiap kita memahami akan Rukun Islam Pertama to Ketiga. Rukun atawa asas dari Rukun Islam dari Allah SWT melalui Jibril AS kepada Muhammad SAW yg diajarkan kepada setiap kita, setiap Muslim/at dapat dijelaskan dengan fungsi-fungsinya kalau ditimbang manfaat-manfaatnya kepada skala. Kebermanfaatan Rukun Islam yg perdana hingga ketiga ditimbang dari segi skala dapat dijelaskan dengan skala kecil ke menengah bahkan hingga skala sebuah Nation.


Kebermanfaatan-kebermanfaatan dari Rukun Islam kedua yaitu jadi sehat, cerdas serta berhati nurani. Karena dengan sholat setiap Muslim/at dapat jadi sehat dengan praktek sholat serta berdoa yg dapat membersihkan emosi-emosi negative yg dihembuskan oleh musuh Umat Manusia, yaitu Iblis beserta anak keturunannya kepada nafsu-nafsu yg setiap manusia mempunyainya. Dan setelah berdoa serta praktek sholat dapat menyegarkan hati serta tubuh setiap kita.​


11589773_20240403092552.jpg


THE FUNCTIONS of RUKUN ISLAM KETIGA to KEEMPAT for A CIVILIZATION​


Sebuah riwayat ataupun cerita yaitu : bahawa Umar bin Khattab pernah marah bukan kepalang kepada muslim/at yg tidak bayar maupun enggan bayar zakat, sedangkan zakat ada 4 jenis, mari dibaca dibawah ini :


MEMBAYAR ZAKAT (Ada 4 Jenis) merupakan Rukun Islam, yaitu Rukun Islam ke-4.Tidaklah dapat dikatakan sebagai Muslim/at kalau tidak membayar zakat.Sedangkan Zakat itu ada 4 jenis, yaitu Zakat Fitrah, Zakat Mal (Zakat Harta Kekayaan). Zakat Perniagaan & Zakat Rikaz (Zakat Harta/Barang Temuan). Yaitu dibawah ini :

1.Zakat Fitrahadalah Zakat yg dibayar setiap Bulan Ramadhan sebelum Sholat Idul Fitri. Dalam Bulan Ramadhan selama 1 bulan adalah masa waktu yg diberikan. Sedangkan waktu terbaiknya adalah sesudah berbuka puasa di hari terakhir (hari ke-30) hingga sebelum pelaksanaan Sholat Idul Fitri. Kecuali kepada orang-orang yg sangat membutuhkan ie : makan minum saja susah per bulannya.

2.Zakat Maladalah Zakat yg dibayar atas harta/kekayaan yg diempunyai dengan nasab (aturan & ketentuan) yg berlaku. Seperti Zakat Mal dari Harta Kekayaan berupa logam mulia. Zakat tipe ini tidak dibayarkan secara rutin dalam jangka waktu tertentu melainkan kalau sudah mencapai nasab (jumlah kadar tertentu).Misalkan zakat harta dari emas yg (seingat saya) kalau sudah mencapai 85 gram , tetapi CMIIW.

3.Zakat Perniagaanadalah Zakat yg dibayar atas hasil kekayaan yg diempunyai/didapatkan dari hasil perdagangan dengan nasab (syarat, aturan & ketentuan) yg berlaku kepada yg berharta kekayaan.Zakat tipe ini tidak dibayarkan secara rutin dalam jangka waktu tertentu melainkan kalau sudah mencapai nasab (jumlah kadar tertentu).Misalkan zakat dari kekayaan peternakan ataupun dari pertambangan/industri.

4.Zakat Rikazadalah Zakat yg dibayar atas hasil kekayaan dari harta/barang yg ditemukan. Nisab atau akbar kadar dari Zakat Rikaz adalah sebesar 20% dari nilai harta/barang temuan kamu. Barang temuan tersebut jadi milik Anda kalau sudah 1 tahun tidak ada yg klaim harta/barang yg anda temukan.​

Jadi, Zakat (Ada 4 Jenis) adalah PERINTAH (Keharusan) & merupakan Rukun Islam sebagai Muslim/at.​


Kebermanfaatan dari membayar 4 tipe zakat, kalau setiap kita cermati yaitu bermanfaat kepada yg membutuhkan such as orang-orang yg fakir nan miskin. Jika setiap kita cermati dengan merasa, maka fungsi-fungsi dari Rukun Islam Ketiga lan Keempat dapat bermanfaat teruntuk skala kecil, menengah hingga sebuah nation.

Sedangkan kebermanfaatan dari berpuasa di Bulan Ramadhan merupakan untuk bertumbuh kembangnya Rasa Emphaty sehingga dapat menjadikan keshalehan sosial kemasyarakatan. Manfaat dari berpuasa (all kinds) menumbuhkan Rasa Emphaty yg lebih mendalam kepada semua makhluk Tuhan YME oleh setiap kita semuanya. Sehingga dengan keshalehan sosial kemasyarakatan dapat menjadikan a civilization become a true good civilization.​


11589773_20240403093532.jpg



KESIMPULAN​


Agama Islam merupakan Ajaran nan Bimbingan (Guidances) untuk setiap kita dalam hidup diatas dunia ini. Dengan memahami serta mematuhi akan Rukun Islam, maka dapat menjadikan setiap kita jadi Muslim/at yg bermanfaat nan berhati nurani setidaknya untuk diri sendiri, keluarga serta lingkungan sekitar setiap kita. Sehingga pada akhirnya dapat menciptakan Peradaban NKRI sebuah Peradaban yg TRULY A GOOD CIVILIZATION. Yang pada akhirnya NKRI dapat jadi RAYA serta LASTS a THOUSAND YEARS.​





PENUTUP


Sekian dari artikel ini tentang Rukun Islam serta fungsi-fungsinya. Semoga dapat bermanfaat teruntuk NKRI, serta Islam ataupun setidaknya untuk amal jariyah saya pribadi. Sekian & terimakasih...​


11589773_20240216022605.jpg

Belum ada topik
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.