• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

MP3, iPOD dan Sejenisnya Bila Dipakai Terlalu Ekstrim Dapat Menyebabkan Tuli

magnum

IndoForum Activist C
No. Urut
1320
Sejak
27 Mei 2006
Pesan
14.143
Nilai reaksi
417
Poin
83
MP3, iPOD dan Sejenisnya Bila Dipakai Terlalu Ekstrim Dapat Menyebabkan Tuli

Saat ini muncul trend baru dikalangan anak muda dengan melakukan aktivitas diiringi musik yang didengarkan melalui MP3 atau iPOD. Menurut suatu penelitian di Inggris jika hal ini dilakukan dalam waktu 7,5 menit dan volume suara mencapai 108 bit maka akan mengakibatkan rawan mengalami ketulian. Ahli indera dengar Hongkong mengatakan hal itu sudah cukup akan merusak sel halus dalam telinga, mempengaruhi pendengaran, dan beresiko menjadi tuli.

Dari hasil penelitian di Inggris ditemukan dari 1000 pengguna MP3 dengan usia 16-34 tahun, setiap hari mendengar 1 jam atau lebih dan 14% nya dalam 1 minggu rata-rata 28 jam keatas. Dan 1/3-nya menyatakan mengalami gejala telinga mendenging.

Penanggung jawab lembaga terkait yakni Vivienne Michael menuturkan, bahwa remaja yang kerap mendengar musik dengan earphone dan volume yang keras, akan tuli 30 tahun lebih awal dibanding seumur hidup orang tua, artinya pendengaran remaja generasi baru sudah mulai berkurang saat memasuki usia 40 tahun, atau bahkan mengalami kerusakan. Diingatkan pengguna MP3, jangan menyetel volume hingga melampaui 60% dari volume tertinggi dan mendengar lebih dari satu jam, jika volume tertingginya 10, sebaiknya distel ke tingkat 6.

Ahli terkait menandaskan, jika sudah kehilangan pendengaran itu tidak dapat dipulihkan kembali, meskipun memakai alat bantu dengar, itu juga hanya bisa memperbesar suara, merangsang sel halus yang belum sepenuhnya putus. Saat telinga pemakai kerap muncul gejala telinga mendenging, itu adalah pertanda adanya masalah dengan pendengaran, ia menambahkan, “jika indera dengar bergema tapi sinyalnya tetap tidak merespon, maka pada akhirnya akan mengakibatkan pendengaran menjadi tuli selamanya.”

Volume yang terlalu rendah, membuat pemakai merasa tidak nyaman mendengarkan musik, jadi disarankan “pemakai bisa mengatur volumenya sebesar 85 bit sebagai pembatas, dan atur volumenya hingga dibawah 85 bit, dengan demikian tidak akan berdampak pada sel halus di telinga.”
 
tapi kalo dengerin mp3 nda melalui headset nda apa2 kan , walaupun Volumenya 10 /gg/gg/gg
 
pokonya dengerin mp3 ?? salah judul mungkin om

dengerin mp3 pake earphone/headphone

nah kalo dengerinnya pake speaker ?? kan bisa /e4
 
gw kalo pake earphone biasanya volume cuma 10% /wah
 
seperti nya berita ini pernah di tayangkan di RCTI belum lama ini.
ga baik juga, suka dengerin bunyi2an yang keras pas di telinga dalam waktu yang lama /hmm
 
Wew jadi klo ada yang maen cs gimana tuh ada yang Fire In The Hole ! DUAR
Klo maen cs gak pake hs mana enak....pake speaker kan ga isa denger jejak kaki,trus klo pake hs kan jadi gak ganggu ketenangan customer net laen....jadi kira2 volume nya di stel brp?10 ?
 
main game yah pake aja volume yg kecil....

lagipula kalo main game online biasanya kalo volume terlalu gede bikin berat,BMG nya di turunkan....


kalo mau dengerin gede2 yah gpp,tanggung sendiri....

pake speaker kalo gede banget yah sama ja dgn headset yg suaranya gede....

pasang volume yg normal aja.....
 
gwa tuh uda kena
hue2 main CS gede2 dah pake karbin smua
uh sakiiit >.<
 
Karbin kan isa pake peredam......coba klo ada yang pake machine gun,kan rusuh banget tuh nembak ga brenti2 kuping gwe sakit sebelah jadinya /swt
 
wew telinga gue sekarang klo pake handsfree sering pekak nih /sob
 
^
^
^
^
gambarnya koq sama kyk gw sih????


klo soal ini gw dah dikasih tau sama guru SMP gw dulu.
tp klo denger dari berita baru kali ini di INDOFORUM.
ternyata guru gw bukan cuma mau nakut2in anak2 yang suka dengerin mp3 di kls doang.


maen cs, foot step nya digedein aja(klo gk salah ada caranya sih)
klo gw maen CS,spikernya gw arahin kesamping jadi yang masuk ke kuping gw cuma pantulan suara dari dinding doang,..(suara kecil klo dipantulin bisa jadi besar, klo dah besar dipantulin lagi malah lebih besar)
 
Bukan info yang relatif baru. Tapi emang penting bwat warning ke temen2 yang suka pake mp3, iPod dan sejenisnya.
 
smp gw maen drum + maen cs mulu..skarang?
ga kuat denger2 yg bising...
padahal kata orang segitu ga trllalu brisik, gw anggpnya trlalu bising...
alah alah...capek..
 
aduh jadi takut ne gw kalo mau main cs pake headset, rencana mo beli headset bisa2 batal ne,, wkwkwk,, biasa pinjem hs net ga PW sih =p
 
wah berita ini bener banget kok....
Aku dari kecil tergila2 denger musik loh.... pertama kali punya tape compo mungil kelas 1 SD .... tapi klo malam dengerinnya pake earphone biar ga ganggu sodara2 yg lain dan aku dengerin musik itu sampe tertidur2. Menginjak kelas 4 SD aku dihadiahkan walkman... wah tambah jadi deh kebiasaan dengerin musikku. Sampe menginjak awal kuliah dgn discman dan hidup jauh dari org tua, aliran musik ku pun berubah dgn musik berdentum2....POkoknya ga isa tidur dan ga isa konsen belajar klo ga ada earphone yg terpasang di telinga.

Tapi pas kuliah semester 3 dulu, earphone benar2 harus lepas dari telingaku karena adanya gangguan pada telinga sebelah kiriku. Dan klo pas kumat sakitnya, wah serasa mau pecah deh kepala. Dan sampe skr telinga kiriku masi sering bermasalah walau tidak sesering dulu. Dan yg pasti pendengaran di telinga sebelah kiri berkurang banyak loh.... Kadang2 jadi budek dikit /heh

makanya yg punya hobbi dengerin musik dgn volume keras yg langsung terpasang di telinga.... klo bisa di kurangi volumenya karena penyesalan yg datang terlambat ga akan ada gunanya.
 
Waduh gawat, telinga saya dah pernah tuh mendengung 2 kali.
OMG.
Jgn make dl deh.
 
klo misalnya gwdgrnya volume terkecil di mp3 gw gimana? apa masih berpengaruh? klo bit-bitan itu apa sih? apa bisa dijelasin klo 108 bit itu apa artinya sih? ngmng2 dl itu apa sih?
 
pengaturan tiap2 mp3 n ipod kan beda2 kan bitnya...gmn taunya?
 
waduh...gwa sering bner setel lagu metal dengan volume ekstreme dan dengerin pake hedset(kalo ga..bisa dicincang orang sekampung gwanya...)..
sampe skarang paling efek yang gwa rasain..rada susah nginget...
tapi kalo pendengaran, puji tuhan masih blom ada masalah..masih kuat lah head bang 3 ronde..hihihi:))
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.