• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

motor dan beratnya

sucisari

IndoForum Newbie C
No. Urut
282388
Sejak
9 Des 2013
Pesan
144
Nilai reaksi
0
Poin
16
http://goo.gl/qTyZgK
Sistem satuan internasional
Apa yang dimaksud dengan system satuan internasional ?
Sekarang, satuan yang paling banyak kita gunakan adalah sistem satuan yang ditemukan di dalam sistem metric, yang berdasarkan pada panjang, berat (tenaga) dan waktu. Sistem ini pertama digunakan dalam dunia rekayasa dan industri. Satuan Internasional (SI) juga berdasarkan sistem metric, tetapi lebih dikenal dengan nama sistem satuan mutlak. Satuan ini terdiri dari panjang, masa dan waktu sebagai dasarnya, dan sampai sekarang digunakan dalam bidang fisika. Satuan tersebut telah dipergunakan pada bidang-bidang lain dimana digunakan satuan berat yang berbeda seperti pada pengembangan luar angkasa, dan sekarang mulai digunakan di bidang rekayasa dan industri. SI singkatan bahasa Perancis “Le System International d’Unites” yang artinya system satuan Internasional.
Satuan dan koefisien konversi.
Item Satuan
Konvensional Satuan SI Koefisien
Konversi ke SI
Torsi Kgf.m N.m 1 kgf.m = 9,80665 N.m
Tekanan Kg f / cm2 Pa atau N/mm2 1 Kgf/cm2 = 98.06665 kPa
Exhaust Displacement Cc cm3 atau L 1 cc = 1 cm3
Output / Daya PS kW 1 PS = 0,7354 kW

http://goo.gl/kPQ8W2
 Dimensi dari berbagai komponen
Hubungan dimensi pada kendaraan dinyatakan dalam satuan mm. Saat mengukur dimensi, ban harus dipompa dengan tekanan standar yang telah ditentukan, dan kendaraan berdiri tegak, tanpa beban.

http://goo.gl/2fKXVb
1) Panjang keseluruhan (overall length)
Panjang keseluruhan adalah panjang sepeda motor dari bagian paling depan sampai bagian paling belakang. Ukuran panjang ini digunakan untuk mengklasifikasikan sepeda motor, dan dimensinya dapat di atur. Pada umumnya, ban depan digunakan sebagai patokan bagian paling depan dan spatbor belakang,carrier, atau lensa lampu belakang sebagai bagian paling belakang.

2) Lebar keseluruhan (overall width)
Merupakan lebar sepeda motor yang diukur pada bagian terluar pengukuran tidak termasuk spion. Umumnya, pengukuran dilakukan pada ujung tuas kopling atau tuas rem.

3) Tinggi keseluruhan (overall height)
Tinggi ini diukur dari lantai tempat sepeda motor berdiir tegak dengan ke dua roda menyentuh lantai sampai tiitk tertinggi pada sepeda motor, pengukuran tidak termasuk spion. Umumnya, titik tertingi diukur pada cowling (screen), master rem, atau bagian atas speedo/tachometer.

4) Jarak sumbu roda (wheel base)
Merupakan jarak horizontal dari pusat depan sampai pusat roda belakang saat sepeda motor tanpa beban. Dapat juga dikatakan jarak antara as roda depan dan as roda belakang.

5) Tinggi minimum ke lantai (lowest above–ground height)
Yaitu jarak tegak lurus antara komponen terendah sepeda motor dan lantai. Disebut juga road clearance. Umumnya bagian paling rendah adalah bagian bawah cowling, atau standar.

6) Overhang
Overhang berarti proyeksi. Overhang adalah dimensi dari proyeksi komponen dari as roda depan ke bagian depan dan as roda belakang ke bagian belakang.

B. BERAT SEPEDA MOTOR

Berat menunjukkan bobot dari sepeda motor dan dinyatakan dalam satuan kilogram (kg).
1) Berat Kering
Merupakan berat keseluruhan kendaraan tidak termasuk bensin, oli, air pendingin, elektrolit battery, pengendara atau perkakas kendaraan.

2) Berat Kendaraan
Merupakan berat total kendaraan termasuk bensin, oli, air pendingin, elektrolit battery dalam keadaan kendaraan siap digunakan. Tetapi tidak termasuk pengendara atau perkakas kendaraan. Ukuran ini disebut juga berat kendaraan kosong.

3) Berat Total Kendaraan
Merupakan berat kendaraan ditambah berat pengendara. Bobot pengendara tunggal (single rider) kira-kira 55 Kg

4) Berat Semi Kering
Merupakan berat kendaraan total dikurangi berat bahan bakar. Berat ini digunakan hanya untuk. mesin balap dan tidak lazim digunakan untuk tipa sepeda motor biasa.

http://goo.gl/fQi5i1
 
Terakhir disunting oleh moderator:
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.