• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Minum Teh Saat Sahur Bantu Cegah Dehidrasi

omeoo

IndoForum Newbie D
No. Urut
113253
Sejak
14 Jan 2011
Pesan
82
Nilai reaksi
2
Poin
8
Sumber dari sini

Minum Teh Saat Sahur Bantu Cegah Dehidrasi
teh.jpg

Bagi banyak umat Muslim, tantangan utama saat menjalankan ibadah puasa adalah menahan rasa dahaga saat beraktivitas, apalagi ketika kondisi ini diperparah oleh temperatur tinggi. Meski godaan untuk minum bukan merupakan tantangan yang tidak bisa diatasi, perlu diingat bahwa pada masa puasa tubuh kita tidak mendapat asupan cairan yang cukup, sehingga potensi terjadinya dehidrasi selalu ada.

Lantas bagaimana cara mencegah dehidrasi saat berpuasa?

Mudah saja, sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris beberapa waktu lalu menyimpulkan bahwa dehidrasi dapat dihindari dengan sebuah langkah sederhana: membiasakan diri mengkonsumsi teh.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di British Journal of Nutrition ini membuktikan bahwa teh memiliki khasiat yang sama baiknya dengan air mineral dalam hal mencegah kekurangan cairan tubuh. Hanya saja, tubuh kita membutuhkan waktu lebih lama untuk menyerap zat-zat yang terkandung dalam minuman teh.

Namun justru faktor inilah yang membuat teh menjadi minuman ideal pencegah dehidrasi di masa puasa.

Apabila kita minum teh saat sahur, maka zat-zat kandungan teh akan mulai bereaksi sekitar 4-6 jam kemudian, yaitu saat kita telah mulai beraktivitas. Air yang dihasilkan dari reaksi tersebut selanjutnya akan dimanfaatkan oleh tubuh kita untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Jadi, tidak ada salahnya kita mulai ganti kebiasaan ngopi di pagi hari dengan minuman teh yang terbukti lebih baik untuk kesehatan serta kelancaran berpuasa.

Selamat menjalankan ibadah puasa!

Sumber gambar:
http://static.intelligent.lv/uploadEx/images/ru/body.soul/praktikum/1.5traff/2.jpg
Sumber dari sini
 
lho? malah bukannya justru bukin dehidrasi ya? :-/

ternyata malah sebaliknya /heh

nice info /no1
 
nah ini baru bener, soale mnum teh manis saat sahur bs menambah stamina... coba ja deh...
soale saya udah membuktikan sendiri,smpe skarang jg msh sy lakukan...
 
emang teh itu minuman paling enak sih lagian orang indonesia kayaknya ga bisa sehari ga binum teh ;)
 
ane suka sih teh...tp klo panas mending ane minum air putih aja deh
 
pernah denger malah bikin haus...salah dong ane sahur minum susu hehe
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.