• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Mhytology Dunia [Anyone can Update]

Thx buat Arcala. .

Kalau ada yang mau nambahin monggo :D


nih Updated 1 dolo berhubung mau pergi nih/wah




Himiko atau Pimiko (卑弥呼, d. ca. 248) adalah seorang penyihir berkekuatan hebat pada masa kuno Yamataikoku Wa (Jepang). Awal dinasti cina anak sungai kronik sejarah hubungan antara Ratu Himiko dan Kerajaan Cao Wei (220-265), dan mencatat bahwa periode Yayoi orang memilih dia sebagai penguasa dekade berikutnya peperangan di antara raja-raja Wa. Awal sejarah Jepang tidak menyebutkan Himiko, tapi sejarawan mengasosiasikan dirinya dengan tokoh-tokoh legendaris seperti Ratu Permaisuri Jingū, yang adalah Bupati (ca. 200-269) di zaman kira-kira sama seperti Himiko. Ilmiah perdebatan mengenai identitas dan lokasi Himiko-nya domain Yamatai telah berlangsung sejak akhir zaman Edo, dengan pendapat dibagi antara Kyushu utara atau provinsi Yamato tradisional saat ini Kinki. "The Yamatai kontroversi", menulis Keiji Imamura (1996:188), adalah "perdebatan terbesar sejarah kuno Jepang."
 
Beam, boleh post legenda dewa laen ga? slaen jepang... soalnya ente uda nyasar ke fenrir.. wkwkkw... kalo boleh, ntar gw update... gmn?
 
Minta judulnya diganti aja, jadi "(update) Kumpulan Mitologi Dunia". Gimana TS?.
 
Ok dah sis, gw ganti

UP UP!!

Updated

Himiko atau Pimiko (卑弥呼, d. ca. 248) adalah seorang penyihir berkekuatan hebat pada masa kuno Yamataikoku Wa (Jepang). Awal dinasti cina anak sungai kronik sejarah hubungan antara Ratu Himiko dan Kerajaan Cao Wei (220-265), dan mencatat bahwa periode Yayoi orang memilih dia sebagai penguasa dekade berikutnya peperangan di antara raja-raja Wa. Awal sejarah Jepang tidak menyebutkan Himiko, tapi sejarawan mengasosiasikan dirinya dengan tokoh-tokoh legendaris seperti Ratu Permaisuri Jingū, yang adalah Bupati (ca. 200-269) di zaman kira-kira sama seperti Himiko. Ilmiah perdebatan mengenai identitas dan lokasi Himiko-nya domain Yamatai telah berlangsung sejak akhir zaman Edo, dengan pendapat dibagi antara Kyushu utara atau provinsi Yamato tradisional saat ini Kinki. "The Yamatai kontroversi", menulis Keiji Imamura (1996:188), adalah "perdebatan terbesar sejarah kuno Jepang."




Guanyin (Cina:观音; Pinyin: Guan Yin; Wade-Giles: kuan-yin, Jepang: Kannon, Korea: Gwan-eum) adalah Bodhisattva dikaitkan dengan kasih sayang sebagai dipuja oleh umat Buddha di Asia Timur, biasanya sebagai seorang perempuan. Nama Guanyin adalah singkatan Guanshi'yin (观世音, pinyin: yin guānshì, Wade-Giles: shih kuan-yin) yang berarti "Mengamati Suara (atau Menangis) seluruh dunia".

Umumnya diterima (dalam masyarakat Cina) bahwa Guanyin berasal sebagai Sanskerta Avalokitesvara (अवलोकितेश्वर), yang merupakan bentuk laki-lakinya. Umum dikenal di Barat sebagai Dewi Mercy, Guanyin juga dihormati oleh Tao Cina sebagai dewa. Namun, dalam mitologi Taoisme, Guan Yin memiliki cerita-cerita asal usul lain yang tidak terkait langsung dengan Avalokitesvara.
 
duh, ilang nih bahan2nya.... nyari2 dlu ah... tar uda dapet lgs post disini... hehe...
ada banyak padahal dewa yg gw dlu ada bahannya kaya Shiva, Odin, dkk..
 
Updated

turun ke bawah, sehingga membuatnya saudara Amaterasu dan Susano-O.



Yamatano-Orochi (八岐大蛇 ) Sering hanya disebut Orochi dalam bahasa Inggris, ia adalah seorang raksasa berkepala delapan menyerupai ular naga dalam mitologi Jepang. Menurut legenda, setelah Susanoo diusir dari Surga, ia bertemu dengan dua dewa duniawi menangis di dekat sebuah sungai di Provinsi Izumo. Setelah menanyakan mengapa mereka menangis, mereka menjelaskan bahwa mereka harus memberikan Orochi salah satu putri mereka setiap tahun untuk provent nya mengamuk kekerasan, dan sekarang mereka harus mengorbankan putri kedelapan dan terakhir, Kushinada.

Susanoo, kaget oleh kecantikan Kushinada, meminta tangannya dalam perkawinan, ia kemudian mengubah dirinya menjadi sebuah sisir dan meletakkan di rambutnya untuk menyembunyikan dirinya dari Orochi. Setelah permintaannya, orangtuanya delapan tong minuman minuman keras dan meninggalkan mereka sebagai persembahan kepada binatang itu. Orochi muncul dan masing-masing kepala minum mendalam dari tong-tong, itu menjadi sangat mabuk, dan Susanoo mengambil kesempatan ini untuk memotong dagingnya.



Post aja BK, :D
 
@om beam kk beam...yang cerita tentang dewi yang telanjang buat mancing dewi amaterasu keluar koq aq liat di internet beda ya.../hmm

dikatakan klk si si dewi uzeme itu menari sambil bawa cermin...trus karena dewa2 laen yang liat uzeme nari dewa2 laen bersorak2...karena tertarik amaterasu mengintip..trus dia liat bayangannya sendiri dari cermin...

yang bener yang mana ni bingung..hahaha...
 
sori nih bro beam... ente lenyap kmana? gw update ni tempat..


HEIMDAL

heimdal_%281907%29_by_j._t._lundbye.jpg


Kalo ente pada ngefans maen game jaman dulu di PSOne namanya Xenogear, ini nama uda ga asing, Heimdal adl robot yg dipake Citan uzuki sbelom berubah jadi Fenrir.
Nah, Heimdal ini merupakan salahsatu dari dewa dalam mitologi bangsa Norse. Dia adalah dewa yang dilahirin oleh 9 orang ibu (gimana caranya ya?).
Dia juga dikasih tugas buat ngejaga Bifrost- jembatan berbentuk pelangi yang jadi penghubung antara Midgard dan Asgard. Sebagai seorang penjaga, dia punya daya penglihatan dan pendengaran yg lebih mantebh dibanding dewa2 laennya. Katanya sih, dia bisa ngeliat sampe jarak ratusan mil, bahkan bisa denger suara rumput yg lagi tumbuh (rumput tumbuh keluar suara aja gw baru tau).
Dia punya terompet yang disebut dengan Gjallar,

Gjallar.jpeg


yang bakal ditiupnya kalau ragnarok alias kiamat para dewa telah tiba. Waktu ragnarok terjadi, Heimdal salahsatu dewa terakhir yg mati setelah Odin
 
NEMESIS

292px-Alfred_Rethel_002.jpg


Dalam mitologi bangsa Yunani, ada seorang dewi yang terkenal dengan nama Nemesis. Doi adalah putri dari Nyx-goddess of Night, en dikenal oleh penduduk as dewi pembalasan. Banyak sekali orang yang ngerasa takut sama Nemesis, espsecially setelah bergabung dengan saudaranya yang memiliki kekuatan dahsyat. Pasalnya, doi bertugas menghukum siapa aja yang berani berbuat dosa atau melanggar peraturan tanpa pandang bulu (mau itu bulu ketiak, bulu kaki, bulu.. apapun lah). Baik itu orang biasa, bangsawan, atau dewa sekalipun, kalo mereka berbuat kejahatan.. pokoke hajar...

Nemesis juga menjadi salahsatu dewi yang diincer oleh Zeus. Nemesis kemudian diangkat jadi salahsatu penasihat Zeus, bersama dengan Dike dan Themis. Bahkan menurut ceritanya, Nemesis-lah yang pertama kali menciptakan peraturan dan hukum!

Kalau di IndoForum mungkin Nemesis yang pertama kali bikin IKGFC kali ya? =)) (just a joke..)

btw, kalo di game mungkin Nemesis uda ga asing lg, yaitu musuh terserem di RE3... Jill cantik gt malah pengen dibunuh coba....
 
walah ternyata nemesis adl nama dewi juga ya....................
nice ts................../no1
 
MEDUSA

images


Stheno, Medusa, dan Euryale adalah tiga bersaudara yang dikenali dengan nama Gorgons. Diantara mereka bertiga, Medusa lah yang paling imut dan cantik, dengan rambut bergelombang yang indah bener...

Sayangnya, kecantikannya bikin dia jadi sombong sampai berani bilang kalau dia tuh lebih cakep dibandingin dewi Athena. Opkors, hal itu bikin sang dewi marah berat, maka dikutuklah medusa jadi makhluk yang mengerikan sangat. Badan sebelah bawahnya berubah jadi badan ular, rambutnya yang bergelombang berubah menjadi ribuan ular berbisa. Gawatnya lagi, setiap pria yang liat matanya bakalan berobah jadi batu!
Udah banyak korban yang jatuh akibat menatap matanya. Tapi akhirnya ada seorang muda bernama Perseus berhasil ngebunuh Medusa dengan bantuan dewi Athena.

images


Naaah, kalau ente sekalian pernah maenin game castlevania, kalian pasti pernah menghadapi boss yang satu ini, terus kalau sering maen dota, hero ini juga salahsatu hero yang cukup kuat loh...
terus gw denger2 merk terkenal Versace itu pake lambang Medusa ini... gw baru nyadar...


btw, ini menurut greekmythology.com hasil translate
medusa adalah makhluk jelek.
Mari kita lihat bagaimana ia menjadi ada.

Ca02.gif


Medusa adalah putri Phorkys dan keto, anak-anak Gaia (Bumi) dan Okeanos (Ocean). Dia adalah salah satu dari tiga bersaudara yang dikenal sebagai Gorgons. Dua saudara perempuan yang lain itu Sthenno dan Euryale. Medusa adalah satu-satunya fana keluar dari tiga. Dia satu-satunya dewi cantik dan tinggal jauh di utara dimana matahari tidak ada. Karena sangat penasaran, dia ingin melihat matahari, dan memohon pada Dewi Athena untuk meminta izin untuk mengunjungi selatan. Athena menolak untuk membiarkan dirinya mengunjungi Selatan. Medusa marah dan berani untuk mengatakan bahwa Athena tidak memberinya izin karena ia cemburu pada kecantikannya. Athena marah dan menghukum dia dengan mengubah rambutnya menjadi ular dan memaki-maki dia dengan membuat dia begitu jelek bahwa yang pernah melihat matanya akan berubah menjadi batu.

images
 
ATHENA

images


Next, kalo kemaren bicarain Medusa, sekarang bicarain Athena.
Athena adalah putri raja dewa Zeus, seorang dewi perperangan dan kesenian yang jadi salahsatu pendamping Zeus. Proses kelahiran Athena juga unik punya, what is it?
Suatu hari, Zeus ngerasain sakit kepala yang sangat hebat. Sewaktu kepalanya dibelah sama dewa Hephaistos, eeeh.. muncul deh seroang cewek cantik yang pake armor lengkap dan bersinar.
Kemunculannya itu jelas bikin Olympus (tempat tinggal dewa-dewi Yunani) gonjang-ganjing. Tapi berkat kesopanan dan keanggunannya, dengan cepat doi menarik perhatian semua dewa-dewi yang ada dan berkat kebaikan hati plus kebijaksanaannya jugalah dia jadi salahsatu dewi yang dipuja-puja sama bangsa Yunani.

Athena01-l.jpg


Ini versi Wikipedia:
Athena, (bahasa Yunani: Αθηνά or Αθήνη bahasa Doris: Ασάνα) yang dialihaksarakan sebagai Athene, adalah seorang Dewi Yunani yang melambangkan kebijaksanaan, strategi, dan perang. Ia dihubungkan oleh bangsa Etruria dengan dewi mereka bernama Menrva, dan kemudian dikenali oleh orang Romawi sebagai Minerva, yang ditemani oleh seekor burung hantu kecil, memakai sebuah tameng dada bernama Aegis yang diberikan kepadanya oleh ayahnya dan ditemani oleh dewi kemenangan, Nike.
Athena juga dikenal sebagai dewi yang mengajari para pahlawan. Athena adalah seorang dewi perang bersenjata dan tak pernah digambarkan sebagai anak kecil, selalu sebagai seorang dara (perawan) (parthenos). Kuil Parthenon di kota Atena, Yunani adalah kuilnya yang paling terkenal. Ia tidak memiliki suami atau kekasih, meski sekali peristiwa Hephaestus mencoba menggodanya namun gagal.
Herodotus dan Plato secara salah mengidentifikasikan Athena dengan dewa Neith, dewa bangsa Berber. Menurut Plato, Athena diderivasi dari A-θεο-νόα (A-theo-noa) atau H-θεο-νόα (E-theo-noa) yang artinya adalah batin Tuhan (Crat.407b).
Menurut legenda, Athena adalah putri kesayangan Zeus, dewa terkuat. Ibunya adalah dewi Metis, yang merupakan dewi pemikiran dan kepandaian, dan terkenal sebagai dewi kebijaksanaan. Athena diberkahi kekuatan oleh ayahnya, kepandaian dan kebijaksanaan oleh ibunya.

images


Menurut ramalan, apabila Zeus memiliki anak dengan Metis maka anak tersebut akan lebih kuat dan pandai dari Zeus sehingga mampu untuk menggulingkan Zeus dari tahta. Pada saat Metis mengandung Athena, Zeus menelan Metis untuk mencegah kelahiran anaknya. Hal ini menyebabkan Zeus menderita sakit kepala hebat dan memerintahkan Hermes untuk membelah kepala Zeus dengan menggunakan kapak perunggu (buatan Hephaestus)untuk menghilangkan rasa sakitnya. lalu lahirlah Athena melalui kepala/dahi Zeus dalam keadaan berbaju perang lengkap dengan pelinding kepala. Disebutkan pula penyebab sakit kepala Zeus karena Metis membuatkan baju perang dan pelindung kepala untuk anaknya didalam tubuh Zeus, dan proses pembuatan inilah yang menyebabkan Zeus menderita sakit kepala.
Dalam legenda lain Pallas dianggap ayahnya, maka ia sering diberi gelar Pallas Athena (Παλλάς Αθηνά). Tapi ada juga yang menyebutkan kalau Athena berhasil membunuh Pallas dalam perang Dewa Vs. Titan sehingga diberi gelar Pallas Athena.
Athena adalah dewi kebijaksanaan dan ilmu pengetahuan, adik dari Ares sang dewa perang. Athena terkenal akan belas kasihannya pada manusia saat para dewa yang sewenang-wenang berkuasa. Dia pernah membunuh Medusa dan meletakkan kepalanya pada sebuah perisai yang dinamakan "Perisai Aegis" sebuah perisai yang menurut mitos sangat kuat.

images
 
HADES

images


Hades adalah dewa kematian atau dewa neraka dalam Mitologi Yunani. Hades juga dikenal dengan nama Pluto (Plouton) dalam Mitologi Romawi. Karakter Hades sering digambarkan bersama anjing berkepala tiga bernama Cerberus di dunia bawah tanah (neraka).

Di dalam kekristenan kata Hades dipakai untuk menterjemahkan kata Sheol, (Sh'ol) dalam bahasa Ibrani, yang artinya alam kubur manusia atau "dunia di bawah". Bahasa Indonesia menerjemahkan kata Hades yang berarti alam kubur tersebut dengan kata neraka, diambil dari bahasa Sanskerta, dengan arti yang sama.

images


images

dari greekmythology.com
Hades duduk di singgasana yang terbuat dari kayu hitam, dan membawa tongkat. Dia juga memiliki helm, yang diberikan oleh Cyclopes, yang bisa membuatnya tidak kelihatan. Hades aturan kematian, dibantu oleh berbagai (setan) penolong, seperti Thanatos dan Hypnos, para penambang Charon, dan anjing Cerberus. Banyak pahlawan dari mitologi Yunani telah turun ke bawah tanah, baik untuk mempertanyakan tirai atau berusaha membebaskan mereka. Walaupun Hades tidak mengijinkan rakyatnya untuk meninggalkan domain, pada beberapa kesempatan, ia telah memberikan izin, seperti ketika Orpheus meminta kembali Eurydice kekasihnya.

Hades memiliki kekayaan bumi, dan dengan demikian disebut sebagai 'Orang Terkaya'. Mungkin juga karena - seperti Sophocles menulis - 'Hades yang memperkaya diri dengan mendesah air mata kita'. Dari semua dewa, Hades adalah orang yang paling tidak disukai dan bahkan para dewa sendiri memiliki keengganan dirinya. Orang menghindari berbicara namanya agar mereka menarik perhatian yang tidak diinginkan-Nya.

200px-Hades-et-Cerberus-III.jpg
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.