• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Menguji Ilmu Jokowi Saat Relokasi Warga Bantaran Ciliwung

yan raditya

IndoForum Addict E
No. Urut
163658
Sejak
31 Jan 2012
Pesan
24.461
Nilai reaksi
72
Poin
48
s69bK.jpg
Pemerintah berencana membuat sodetan di pinggir Kali Ciliwung mulai dari kawasan Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur ke Banjir Kanal Timur (BKT).

Bagi Pengamat Tata Kota Yayat Supriyatna, rencana itu sulit terwujud jika pemerintah tidak menyediakan relokasi sesuai keinginan warga. "Tergantung kesiapan menyediakan rumah susun atau tempat relokasi baru. Selama tempat baru tidak sesuai harapan, sulit bagi mereka untuk pindah," katanya saat berbincang dengan Okezone, Kamis (24/1/2013).

Untuk itu, menurut dia, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) harus mampu menyediakan tempat relokasi yang baru sesuai dengan harapan dan keinginan warga yang akan terkena relokasi untuk pembangunan sodetan tersebut.

"Sekarang tergantung Pak Jokowi, apakah tempat yang baru sesuai harapan mereka dan berapa lama proses dialog terjadi?. Apakah ada ganti rugi dan bagaimana dengan yang tidak setuju?," terangnya.

Artinya, mantan wali kota Solo itu kembali diuji untuk bisa berdialog dan meyakinkan warga agar mau direlokasi tanpa ada protes seperti yang dilakukannya ketika di Solo.

"Apakah Pak Jokowi akan mampu sesukses di Solo tanpa ada protes. Di sini Pak Jokowi harus bisa meyakinkan warga," terangnya.

Seperti diketahui, pemerintah menganggarkan Rp1,2 Triliun untuk membebaskan lahan dan merelokasi warga yang pemukimannya terkena pembuatan sodetan Kali Ciliwung ke arah Banjir Kanal Timur (BKT).

Pemerintah juga menyediakan anggaran Rp500 miliar untuk normalisasi Kali Ciliwung. Dilokasi yang akan terkena sodetan diperkirakan ada 75 ribu Kepala Keluarga (KK) yang akan terkena relokasi.
 
Sungguh Perjuangan yang sangat Berat
semangat Pak Gubewrnur :-bd
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.