• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Mengenal Aplikasi Kasir untuk Usaha Kecil

suninthesky

IndoForum Newbie F
No. Urut
288406
Sejak
20 Nov 2020
Pesan
1
Nilai reaksi
0
Poin
1
Buat pengusaha yang baru merintis usahanya, pasti membutuhkan bantuan teknologi untuk mengembangkan bisnisnya. Selain melakukan promosi melalui media sosial, perlu adanya aplikasi kasir. Apa sih aplikasi kasir?
Aplikasi ini bisa membantu usaha kecil untuk makin berkembang. Bagaimana caranya? Dengan adanya fitur laporan transaksi dan laporan keuangan, aplikasi ini bisa membantu para pemilik usaha untuk melihat perkembangan keuangan mereka. Bahkan, ada aplikasi kasir yang juga menyediakan fitur laporan menu yang paling banyak dipesan.
Kalau sebelumnya pemilik usaha memiliki sistem keuangan konvensional, seperti mencatat di excel atau buku, bisa menggunakan aplikasi kasir ini. Jadi, dengan fitur-fitur itu, pemilik usaha bisa memanfaatkannya untuk mengatur strategi agar usaha makin berkembang.
Nggak hanya itu lho, aplikasi kasir juga dilengkapi dengan fitur seputar karyawan yang bisa melihat kinerja karyawan. Wah, makin terbantu untuk mengapresiasi karyawan atau mengevaluasi mereka.
Aplikasi kasir juga punya pilihan pembayaran yang sedang disukai yaitu cashless menggunakan kartu debit, kartu kredit, sampai berbagai macam e-wallet. Dengan begitu, akan mengurangi adanya kontak antara kasir dan pelanggan di saat pandemi.
 

hashmacro

IndoForum Newbie F
No. Urut
289544
Sejak
23 Sep 2021
Pesan
0
Nilai reaksi
0
Poin
0
Saat Anda mencari point-of-sale (Aplikasi POS) bisnis kecil terbaik, penting untuk memahami jenis alat apa yang Anda butuhkan untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis Anda. Sistem POS yang baik untuk bisnis kecil memungkinkan Anda memproses setiap penjualan dengan aman dan memiliki perangkat lunak yang tepat untuk membantu Anda menangani tugas administratif dengan lebih efisien.

Jenis penjualan yang Anda lakukan dan jenis tugas yang memerlukan bantuan bergantung pada jenis bisnis Anda. Kafe yang sibuk mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda dari butik pakaian, atau penjual retail souvenir kantor seperti tas promosi, dan sistem POS bisnis kecil yang bekerja untuk tukang ledeng mungkin tidak masuk akal untuk studio kebugaran.

Untuk sistem POS bisnis kecil, biaya (awal maupun berkelanjutan), keamanan, kepatuhan PCI, dan kegunaan harus menjadi faktor utama dalam memilih sistem POS terbaik. Artikel ini membantu Anda memahami apa yang harus dicari dalam sistem POS sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk bisnis Anda.
Apa itu Sistem POS?
POS memungkinkan Anda menelepon penjualan dan menerima pembayaran. Ini seperti mesin kasir dengan otak, dan dapat dipecah menjadi tiga komponen dasar:

Perangkat keras
POS memiliki perangkat keras yang memungkinkan Anda menerima pembayaran. Jika Anda mendapatkan sistem POS baru, Anda harus memastikannya menerima semua bentuk pembayaran termasuk uang tunai, kartu kredit (terutama kartu chip), dan pembayaran seluler. Jika masuk akal untuk bisnis Anda, sistem POS Anda juga harus mencetak tanda terima, menyimpan uang tunai di laci kas, dan memindai kode batang.
Perangkat lunak
Perangkat lunak POS seperti pusat perintah Anda. Pada tingkat dasar, ini memungkinkan Anda menemukan item di perpustakaan Anda dan meningkatkan penjualan. Solusi point-of-sale yang lebih kuat juga menampilkan alat yang bermanfaat seperti pelaporan penjualan, perangkat lunak keterlibatan pelanggan, manajemen inventaris, dan banyak lagi.
Pembayaran
Sistem POS juga menangani perutean dana ke rekening bank Anda setelah setiap penjualan.

Kapan Anda membutuhkan sistem POS?
Jika Anda ingin menerima pembayaran kartu kredit dan debit dan memiliki sistem yang efisien untuk melacak penjualan, mungkin ada baiknya untuk berinvestasi dalam POS yang dibuat untuk bisnis kecil. Bahkan usaha kecil yang sangat kecil mendapat manfaat dari sistem POS yang baik.

Kecuali Anda memiliki sistem yang solid untuk mencatat setiap penjualan secara elektronik, sulit untuk memiliki pemahaman yang akurat tentang apa yang Anda jual. Pada dasarnya, semakin banyak data yang Anda miliki tentang bisnis Anda, semakin baik kemampuan Anda untuk membuat keputusan yang tepat. Plus, memiliki sistem POS bisnis kecil membantu bisnis Anda tampak lebih sah, yang sangat penting jika Anda baru memulai.

Faktor penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih sistem POS:

  • Biaya setup awal (waktu dan uang)
  • Biaya pemrosesan pembayaran (mis., % penjualan + biaya per transaksi)
  • Biaya pemrosesan bulanan lainnya (misalnya, biaya kepatuhan PCI, biaya tolak bayar)
  • Biaya peralatan/biaya sewa
  • Biaya perangkat lunak POS
  • Kepatuhan PCI (yaitu, cara Anda memproses pembayaran, menghubungkan sistem Anda, dan mengelola data pelanggan dengan aman)
  • Tingkat mobilitas
  • Kemampuan untuk menerima kartu chip EMV
  • Kemampuan untuk menerima pembayaran NFC seperti Apple Pay, Android Pay, dan kartu nirsentuh
  • Fitur perangkat lunak POS (misalnya, faktur, kemampuan untuk menyimpan data pelanggan dengan aman, manajemen inventaris, program loyalitas pelanggan, manajemen janji temu)
  • Bagaimana perbandingan sistem POS yang berbeda, seperti Square vs. Shopify
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.