Mengapa terus berdoa ketika tidak ada jawaban?

Amanda

IndoForum Beginner C
(Terjemahan dari artikel Why Keep Praying When There Is No Answer?)
Mengapa kt harus terus berdoa ketika seolah olah tdk ada jawaban? Ada 4 alasan.

1.Doa yg terus menerus membantu kt memusatkan perhatian kt

Ketika anda menaikkan doa permintaan terus menerus,itu bukan utk mengingatkan Tuhan akan kebutuhan kt. Dia tdk butuh diingatkan!

Itu justru utk mengingatkan anda sendiri tentang siapa sumber jawaban akan kebutuhan anda. Bila setiap doa anda dijawab scr langsung, 2 hal akan terjadi:

Pertama, doa akan menjadi senjata yg merusak diri anda sendiri. Dan anda tdk akan pernah berfokus pada Tuhan, krn Ia hanya anda pandang sbg mesin penjawab doa, layaknya mesin yg mengeluarkan minuman ketika anda menginginkannya.

Setiap kali anda berdoa dan langsung mendapat jawaban, anda hanya akan melekat pada jawaban/berkat. Tuhan ingin anda melekat pada Sang pemberi jawaban/berkat, BUKAN pada jawaban/berkat nya.

2.Doa yg terus menerus mengklarifikasi permintaan anda

Jawaban yg tertunda memberi anda waktu utk mengklarifikasi permintaan anda dan memperbaiki doa anda.

Ketika anda berdoa terus menerus pada Bapa di Surga, itu akan menyaring dan memisahkan permintaan sejati anda dari keinginan belaka.

Doa anda akan didengar spt ini. "Tuhan,aku sungguh bergumul ttg hal ini". Tuhan bukannya tdk mau menjawab doa anda, Ia mau. Namun, Ia mau anda yakin benar itu memang yg anda inginkan.

3. Doa yg terus menerus menguji iman anda

Yakobus 1:3-4 berkata (3) sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. (4) Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.
Ketika iman anda diuji, ketahanan anda mendapatkan kesempatan utk berkembang.

Jadi,biarkan itu berkembang,karena ketika ketahanan anda sdh matang, anda akan mjd sempurna dan utuh, tdk kekurangan suatu apapun.

Satu2nya cara anda bs mencapai kedewasaan spiritual adalah dgn membiarkan iman anda diuji; dan salah satu cara Tuhan menguji iman anda adalah dengan MENUNDA BEBERAPA JAWABAN DALAM DOA-DOA ANDA.

4. Doa yg terus menerus menyiapkan hati anda utk menerima jawaban

Ketika anda meminta sesuatu pd Tuhan, hampir selalu Tuhan menjawab dgn cara yg lebih besar dan lebih baik dr yg kt doakan.

Kadangkala Tuhan menolak memberi jawab atas doa anda krn apa yg anda pikir dan mintakan terlalu kecil.

Dia ingin memberi anda sesuatu yg lbh besar dan lbh baik. Tp Dia hrs mempersiapkan hati anda lbh dulu utk menerima itu.

Maka Tuhan menggunakan penundaan dalam memberi jawaban utk membantu kapasitas hati anda berkembang terlebih dahulu sehingga anda siap menerima jawaban yg lbh besar dan lbh baik tsb.

Ingatlah, "Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita," (Efesus 3:20)

-Apa yg anda doakan dlm jangka waktu lama? Bagaimana anda bs memperbaiki doa anda?

-Jika Tuhan membiarkan anda diuji dgn menunda jawaban doa anda, bgmn anda dpt menunjukkan pada-Nya bahwa anda mau berkembang dan menerima rencana-Nya atas hidup anda?

-Pikirkan sesuatu yg telah anda doakan sekian lama namun belum dijawab Tuhan. Apakah anda bs melihat bahwa penolakan Tuhan sbnrnya justru berkat bagi hidup anda? Terkadang doa yg tak terjawab justru menyelamatkan kita karena seringkali kt meminta sesuatu yg tdk baik utk diri kita.
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact us untuk memulai.
Top