• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Mengapa mesin diesel susah hidup?

Masjoko

IndoForum Newbie F
No. Urut
288273
Sejak
3 Okt 2020
Pesan
5
Nilai reaksi
0
Poin
1
Istilah ini diartikan sebagai kondisi ada udara pada sistem atau jaringan bahan bakar. Masalah ini membuat mobil sulit dinyalakan karena pembakaran mesin diesel tidak memantik api. Jadi, bila terdapat udara di dalam sistem bahan bakar, mesin diesel sulit hidup karena tidak sesuainya volume bahan bakar ke ruang bakar.

Mobil diesel memang memiliki perbedaan dengan mobil bensin, bukan hanya bahan bakarnya yang berbeda namun kerusakannya juga berbeda meski masalahnya sama.

Penyebab mobil diesel common rail susah hidup atau sulit distarter dipengaruhi oleh banyak hal, berikut penyebab mobil diesel sulit dinyalakan saat pagi hari :

1. Busi Pijar Bermasalah

Busi pijar atau biasa disebut glow plug fungsinya juga cukup penting. Khususnya disaag cold start, glow plug akan membantu suhu kompresi melewati titik bakar solar sehingga bisa terjadi pembakaran. Busi pijar diperlukan karena saat suhu mesin cukup dingin, misal dipagi hari atau didaerah bermusim dingin, suhu yang dihasilkan kompresi mesin juga akan merambat ketiap komponen mesin.

Hal ini menyebabkan suhu akhir saat solar diinjeksikan ke ruang bakar, tidak mampu melewati titik bakar solar. Permasalahan engine susah hidup dipagi hari menjadi contoh adanya kerusakan pada komponen glow plug. Namun, masalah ini tidak mempengaruhi kinerja mesin saat suhu normal mesin sudah tercapai, sehingga power akan tetap terjaga walau glow plug bermasalah.

2.Tekanan bahan bakar menurun

Mesin diesel merupakan self combustion engine yang melakukan proses pembakaran tanpa perlu percikan api. Hal ini bisa terjadi karena suhu udara saat dikompresi melebihi titik bakar solar.

Jika tekanan kompresi turun, suhu saat kompresi juga turun otomatis solar akan sulit terbakar. Hal inilah yang menyebabkan mesin yang susah distart. Tekanan kompresi turun, bisa ditimbulkan karena masa udara didalam ruang silinder berkurang saat langkah kompresi.

sumber : otodomain.com
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.