• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Menara Tertinggi Saat Ini

baehaqi

IndoForum Senior E
No. Urut
13414
Sejak
29 Mar 2007
Pesan
4.073
Nilai reaksi
306
Poin
83
Sebuah menara saat ini tengah dibangun di Tokyo untuk kepentingan penyiaran digital dan diberi nama Tokyo Sky Tree. Menurut pihak pendiri menara tersebut akan memiliki tinggi keseluruhan 634 meter, sehingga menjadikan bangunan tersebut sebagai menara mandiri yang tertinggi di dunia. Seperti yang dikutip megindo.net dari japantoday.com, dalam rencana awalnya menara tersebut direncanakan memiliki tinggi 610 meter, namun pihak konstruktor memutuskan untuk menambah lagi tinggi antenanya setinggi 20 meter, sehingga menara tersebut akan lebih tinggi dari menara penyiaran setinggi 610 meter di Guangzhou, China yang kini masih menjadi menara tertinggi di dunia, tandas Tobu Tower Sky Tree Co.

tower2.jpg



skytree%202.jpg


Menara yang dibangun di Sumida-ku, Tokyo ini rencananya akan diresmikan pada musim semi 2012 dan setiap malamnya akan menerangi daerah sekitarnya dengan lampu-lampu dengan dua warna berbeda. Menara ini diharapkan bisa menjadi landmark baru untuk Jepang menggantikan Tokyo Tower, menara setinggi 333 meter yang didirikan seabad lalu di Minato-ku, Tokyo.

tokyosumidatowerqo7.jpg


tokyo-sky-tree-1.jpg


Sementara itu yang ada di Indonesia...

65122_menara_jakarta_di_kawasan_kemayoran_jakarta_pusat_thumb_300_225.jpg

Menara Jakarta akan dijadikan andalan wisata Ibu Kota. Sebagai menara yang diproyeksikan tertinggi di dunia, menara ini akan dilengkapi anjungan wisata lengkap dengan restoran berputar.

Demikian disampaikan Roesdiman Soegiarso, Direktur PT Prasada Japa Pamudja, pengembang Menara Jakarta,

Restoran ini akan ditempatkan di ketinggian 350 meter. Tepat di atas observation deck atau anjungan wisata untuk pengunjung. Sambil bersantap pengunjung bisa menikmati pemandangan kota 360 derajat.

Anjungan wisata ditempatkan pada ketinggian 331 meter dengan dua lantai. Lantai pertama berupa area kosong untuk menikmati pemadangan dengan teropong. Sedangkan lantai kedua akan ditempatkan sejumlah restoran dan cafe. “Tapi tak berputar. Restoran berputar letaknya satu lantai di atasnya,” ujarnya. “Di atas restoran berputar baru ballroom yang bisa untuk resepsi pernikahan.”

Untuk menuju ke area wisata tersebut termasuk restoran berputar, pengunjung akan diantar menggunakan lift yang tersebar di tiga kaki menara. Setiap menara berdiameter 13,5 meter itu menjulang hingga ketinggian lebih 300 meter.

Di Jakarta, restoran berputar sudah bisa dinikmati di ‘Pure’. Restoran itu terletak di lantai 35 Menara Imperium Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

65228_rincian_bangunan_menara_jakarta.jpg

Menara Jakarta akan dikembangkan secara terpadu sebagai pusat jaringan telekomunikasi dan multimedia dengan teknologi tinggi. Menara ini juga akan dikembangkan menjadi pusat gaya hidup. dengan mengintegrasikan aspek teknologi, hiburan, pendidikan, pariwisata dan perdagangan.

Rencananya, menara ini akan dilengkapi sejumlah fasilitas. Selain restoran berputar dan anjungan wisata, juga tempat parkir seluas 144 ribu meter persegi, gedung podium 17 lantai, restoran berputar, mal, kafe, taman hiburan, museum sejarah Indonesia, hotel, ruang pameran, dan pusat multimedia.

Pembangunan Menara Jakarta, saat ini, telah sampai pada tahap pemasangan pondasi. Menara setinggi 558 meter ini direncanakan beroperasi pada 2012.

65121_perbandingan_menara_jakarta_dengan_menara_di_dunia_lainnya_thumb_300_225.jpg

Menara Jakarta diproyeksikan sebagai menara tertinggi di dunia. Menara setinggi 558 meter itu didesain mampu menahan guncangan gempa hingga 8 Skala Richter.

Namun, bukan berarti menara akan hancur ketika diguncang gempa lebih besar dari 8 skala richter. “Banyak faktor teknis yang mempengaruhi elastisitas bangunan,” kata Roesdiman Soegiarso, Direktur PT Prasada Japa Pamudja, pengembang Menara Jakarta,

Secara teknis, struktur Menara Jakarta memakai standar yang lebih tinggi dari aturan yang dipakai internasional. Struktur menara menggunakan perhitungan periode ulang gempa 100 tahun. Di Indonesia, aturan yang ditetapkan hanya perhitungan periode ulang gempa 50 tahun. Demikian pula aturan yang dipakai sejumlah negara besar termasuk Amerika Serikat.

Pengeboran pondasi dilakukan hingga kedalaman 57 meter sebanyak 415 titik. Cor beton dilakukan hingga kedalaman 16 meter. Sedangkan penyangga horisontal dibuat sebanyak 1.461 titik sepanjang 57 meter.

65205_menara_jakarta_thumb_300_225.jpg

Menara Jakarta akan dikembangkan secara terpadu sebagai pusat jaringan telekomunikasi dan multimedia dengan teknologi tinggi. Menara ini juga akan dikembangkan menjadi pusat gaya hidup. dengan mengintegrasikan aspek teknologi, hiburan, pendidikan, pariwisata dan perdagangan.

Pengembang Menara Jakarta menggandeng konsultan properti kelas dunia, Jones Lang LaSalle guna melakukan kajian kelayakan proyek ini sebelum dijual kepada konsumen.

“Jones Lang akan melakukan kajian kelayakan dalam beberapa bulan,” kata Roesdiman Soegiarso, Direktur PT Prasada Japa Pamudja, pengembang Menara Jakarta, “Karena proyek ini tidak main-main, kami tentu harus menggandeng konsultan kelas dunia.”

65257_pembangunan_menara_jakarta.jpg

Jones Lang adalah konsultan properti internasional. Konsultan yang sudah memiliki cabang di Jakarta ini telah menjadi penasihat beberapa proyek properti terkemuka di negeri ini. Jones Lang juga berperan besar dalam mendatangkan produk berkelas dunia untuk dipasarkan di sejumlah pusat belanja kelas atas di Jakarta.

Setelah kajiannya selesai, pengembang mulai menjajakan proyek ini kepada para calon konsumen. Sebab, proyek menara tertinggi di dunia ini nantinya bukan sekadar akan menampung menara telekomunikasi, tetapi juga akan digunakan sebagai ruang perkantoran, pusat belanja dan hotel.

Kajian itu juga akan digunakan oleh pengembang untuk menjajaki pinjaman ke perbankan. Dari total anggaran sebesar Rp 3 triliun, menurut Roesdiman, tidak cukup dipenuhi dari setoran pemodal dan hasil penjualan atau penyewaan ruangan.

Dia menjelaskan sebenarnya sejumlah bank papan atas sudah ditemui oleh pengembang. Namun, lantaran situasi sedang krisis, maka perbankan masih cenderung menunggu sebelum memutuskan. “Saat ini bank masih wait and see,” kata Roesdiman.
 
kyak na proyek yg di indo ud di rencana in kapan tahun dech
kok cman kdengeran na cman planning na aj ya
swt bgt
 
yang di Indonesia masih kalah donk ama yg di Tokyo...
 
kenapa ya konsultannya ga punya anak bangsa?
 
wah.... kalo di jepang emang banyak yang ter"_____" di dunia yeh... tapi di indonesia kalo jembatan suramadu diberdiriin nanti jadi menara tertinggi di dunia deh :P :P :P
 
wah yg jepang bagus tuh menara nya,
yg indo punya si ud denger beritanya
 
wah.... kalo di jepang emang banyak yang ter"_____" di dunia yeh... tapi di indonesia kalo jembatan suramadu diberdiriin nanti jadi menara tertinggi di dunia deh :P :P :P

wkaka =))
bisa aja neh make jembatan suramadu :))
 
Itu burj dubai katanya 800M loh...
 
LAh yang indo cuman nyusahin doank...

Mending yang di Jepang bisa ngebanggain bangsa...
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.