• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Manfaat Essential oil dan Tips Menggunakannya

jennywijaya

IndoForum Newbie A
No. Urut
288379
Sejak
10 Nov 2020
Pesan
318
Nilai reaksi
1
Poin
18
Essential oil menjadi tren waktu-waktu ini seiring dengan pandemi COVID-19. Banyak yang memilih memakai essential oil pada diffuser mereka untuk memberi efek menenangkan sekaligus mengharumkan ruangan.

Namun ternyata, essential oil juga banyak bermanfaat untuk tubuh saat dihirup maupun dioleskan. Beragam manfaat hadir sesuai dengan jenis atau bahan pembuatan minyak. Berikut SehatQ berikan beberapa manfaat essential oil beserta tips menggunakannya.

Manfaat essential oil


Essential oil menjadi penambah yang bagus untuk perawatan kulit, rambut, dan perawatan kesehatan lainnya, serta dapat digunakan untuk aromaterapi. Beberapa manfaat essential oil, di antaranya:

  • Mengurangi gejala stress dan kecemasan
  • Meredakan sakit kepala dan migrain
  • Meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi insomnia
  • Mengurangi peradangan
  • Sebagai antibiotik dan antimikroba
  • Pengharum ruangan dan pakaian
  • Pengusir nyamuk
  • Tambahan untuk produk kosmetik dan perawatan tubuh
Tips memakai essential oil

Sebelum dan saat memakai essential oil ada beberapa hal dasar yang perlu Anda ingat dan lakukan, ini mencakup:
  • Jangan lupakan minyak pembawa
Saat menggunakan essential oil secara topikal dengan mengoleskannya, selalu gunakan minyak pembawa. Minyak pembawa adalah minyak yang digunakan untuk mengencerkan minyak esensial, seperti minyak kelapa atau jojoba oil.

  • Lakukan tes alergi
Sebelum memakai essential oil pada area tubuh yang ingin dioleskan secara luas, lakukanlah dulu uji atau tes alergi. Banyak essential oil yang memiliki kandungan pemicu alergi, dan beberapa juga tidak boleh diminum karena dapat mengakibatkan gangguan kesehatan atau pencernaan.

  • Belilah yang murni
Saat membeli essential oil untuk dipakai, pilihlah yang murni, tidak mengandung tambahan aditif, atau bahan minyak lainnya, serta bebas bahan kimia. Hati-hati dengan produk-produk tiruan.

Aksesoris penunjang penggunaan essential oil

Setelah Anda menemukan essential oil yang tepat untuk Anda, Anda bisa mulai berinvestasi pada beberapa aksesoris atau perlengkapan tambahan untuk meningkatkan efisiensi penggunaannya. Beberapa perlengkapan yang bisa Anda pertimbangkan untuk didapat adalah:

  • Laci penyimpanan minyak
Saat Anda memiliki beragam varian essential oil dan dengan botol-botol mereka, laci penyimpanan mungkin Anda butuhkan. Barang ini mungkin akan merapihkan dan meminimalisir ruang, memudahkan untuk mencari, serta membuatnya lebih cantik dan rapi.

  • Tas kecil
Tas kecil mungkin akan berguna sebagai penyimpanan essential oil, jika Anda ingin menggunakannya setiap hari atau saat bepergian.

  • Diffuser mini
Diffuser mini akan cocok untuk bepergian yang dapat ditaruh di mobil untuk menenangkan diri atau meningkatkan energi dalam perjalanan menuju beberapa lokasi atau acara tertentu.

  • Diffuser ultrasonik
Diffuser ultrasonik menjadi pilihan tepat bagi Anda yang tidak menginginkan ukuran besar. Modelnya juga kebanyakan sangat estetik dengan warna putih dan ramping. Cukup colokkan dan uap akan memancarkan kabut cahaya yang indah untuk dinikmati semua orang.

  • Kalung
Anda juga bisa menemukan essential oil dengan bentuk kalung sehingga dapat membawa minyak tersebut secara praktis tanpa harus takut lupa menaruhnya.

Cara menggunakan essential oil dengan aman

Kualitas essential oil yang ada di pasaran sangat bervariasi, dari yang murni hingga yagn sudah diencerkan atau dikombinasikan. Mungkin beberapa produsen pun tidak menyantumkan semua bahan pembuatnya pada label. Oleh alasan-alasan inilah essential oil tidak boleh dikonsumsi.

Jika Anda ingin menggunakan essential oil sebagai tambahan dalam diffuser, pastikan itu tidak akan berdampak buruk pada Anda maupun anggota keluarga Anda. Beberapa essential oil dapat menimbulkan efek samping seperti, alergi, rasa mual dan pusing, perasaan gelisah, gangguan pada jantung dan lain sebagainya.

Ini karena tidak semua orang, dan tidak semua kondisi seseorang dapat menerima dengan baik uap yang dihasilkan tersebut. Terlebih pada wanita hamil dan menyusui, anak kecil, atau mereka yang memiliki kondisi medis tertentu.


Cara paling aman untuk menggunakan minyak esensial meliputi:

Aksesori aromaterapi: Anda dapat menggunakan kalung, gelang, dan gantungan kunci yang dibuat dengan bahan penyerap untuk mengoleskan minyak esensial, lalu Anda dapat menciumnya sepanjang hari

Minyak tubuh: Campurkan essential oil dengan minyak pembawa seperti zaitun, jojoba atau minyak kelapa yang dapat dipijat ke kulit. Essential oil sangat terkonsentrasi, sehingga berpotensi menyebabkan iritasi.

Stik aroma: Inhaler essential oil yang berupa stik plastik portable yang memiliki sumbu penyerap yang menyerap minyak esensial. Mereka biasanya dilengkapi dengan tutup untuk menjaga aroma sampai Anda ingin menghirupnya.

Manfaat essential oil cukup banyak, mulai dari pelengkap kosmetik dan perawatan tubuh, hingga manfaat kesehatan dan penenang lainnya. Tapi, Anda harus benar-benar memilih dna menggunakannya dengan tepat.

Setiap essential oil memiliki efek sampingnya tersendiri dan penting untuk mengetahui itu untuk meminimalisir risikonya. Temukan lebih banyak informasi seputar manfaat essential oil di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Anda juga bisa berdiskusi dengan dokter seputar topik ini. Download aplikasi SehatQ di App Store atau Play Store.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.