• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Lumpur Panas Bisa Jadi Objek Nanoteknologi

magnum

IndoForum Activist C
No. Urut
1320
Sejak
27 Mei 2006
Pesan
14.143
Nilai reaksi
417
Poin
83
Nanoteknologi bisa diaplikasikan pada lumpur Lapindo terutama untuk memproses silika yang kadarnya cukup signifikan untuk dipisahkan. Silika inilah yang dapat diproses dengan mesin ball mill sehingga menghasilkan nanosilika sebagai bahan penguat batako atau batu bata.

"Cukup mencampurnya dengan komposisi 10 persen berat semen yang dicampurkan ke dalam lumpur maka kekuatannya bisa mencapai 2 hingga 3 kali dari desain bata atau batako yang dibuat sebelumnya," ujar Ketua Masyarakat Nanoteknologi Indonesia (MNI) Dr. Nurul Taufiqur Rahman M. Eng., di Surabaya, Senin (7/8). Batu bata yang sedang dikembangkan di sekitar lokasi semburan lumpur saat ini merupakan campuran lumpur dan tanah liat dengan komposisi masing-masing 50 persen.

Menurut Taufiq, nano silika bersifat nanofiller. Artinya, partikel-aprtikel silika dalam ukuran nanometer tersebut akan mengisi rongga-rongga kosong di dalam batubata yang potensial menimbulkan pelapukan dan tidak kedap air.

"Rongga-rongga dalam batubata akan tertutup dengan nanoteknologi ini. Itulah mengapa aplikasi nanoteknologi dalam pemanfaatan lumpur panas Lapindo sangat mungkin dilakukan," ungkapnya. Pertimbangannya, selain relatif murah karena teknologinya sudah dikuasai ahli-ahli dari Indonesia, bahan-bahannya juga mudah didapatkan.

Nanoteknologi sebenarnya bertujuan untuk melakukan rekayasa, memanipulasi dan mengontrol sebuah objek dengan ukuran nanometer (sepermiliar meter). Rekayasa ini dilakukan oleh mesin-mesin seukuran molekul yang diciptakan secara khusus. Dengan nanoteknologi, material dapat didesain sedemikian rupa dalam orde nano, sehingga dapat memperoleh sifat dan material yang diinginkan tanpa memboroskan atom-atom yang tidak diperlukan.

Arah nanoteknologi

Untuk melaksanakan semua ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ditunjuk sebagai koordinator pengembangan nanoteknologi wilayah timur. Melalui kerja sama ini, diharapkan jaringan penelitian dan penggunaan laboratorium dapat maksimal dalam menghasilkan temuan yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Disamping itu, hambatan ketiadaan laboratorium dan ahli di sebuah instansi dapat teratasi," ujar Nurul. Menurut Nurul, nanoteknologi merupakan sebuah masa depan, karena telah mempengaruhi semua industri seperti kimia, tekstil, komputer, penyimpanan data, transportasi, energi, kesehatan, dan keamanan.

Di Amerika Serikat, riset nanoteknologi marak sejak laboratorium pertama berdiri pada 1993 dan kini telah menjalar ke negeri Cina, sehingga sekarang ini beberapa produk mereka bermunculan. Lima negara terbesar investasinya adalah AS (35 persen), Jepang, Cina, Korea (Asia 35 persen), dan Uni-Eropa, terutama Jerman (28 persen). Pada 2004, investasi nanoteknologi di seluruh dunia sekitar 6 miliar dolar AS dan 4,6 miliar AS di antaranya dikeluarkan pemerintah.

Di Indonesia sendiri, nanoteknologi belum terlihat pada arah yang jelas. Hal ini dikarenakan belum ada usaha yang memfokuskan riset bersama di bidang tertentu untuk pencapaian yang hebat.

"Itulah sebabnya, melalui kerjasama dengan ITS dan perguruan tinggi-perguruan tinggi lain, kami ingin mengajak untuk memikirkan secara bersama-sama terhadap arah dan pengembangkan nanoteknologi ke depan," tutur Dr Nurul.
 
kataya sih lumpur panas tuh bagus klo mau dbuat semen n bahan bangunan lainnya /no1
 
iya karena kalo dah dingin nanti keras,tp membentuk nya itu susah krn panas.....
yah bagus bwat objek nanoteknologi biar bahan objek nya ngak ke alam....:D
 
ngomongnya c gampang, tapi apa orang2 Indo mao?? /hmm
Mereka pasti langsung rebutan kalo dah ketauan dapet untung yg gede, soalnya sejauh ini blom keliatan untungnya.... /heh
 
lhaaa emang banyak yg tau cara bwat benda nanotechnologi.....
 
ga usah pake car-cara yang sulit lha mending tuh lumpur d dinginkan kemudian lgsg aja buat semen /gg gu emau tuh beli klo bisa d buat untung kok /gg
 
kalo dah dingin bukannya dah keburu keras duluan yach??? /hmm

Beli apa cc T!T!?? /gg
 
bused sapa yg mau deket2 lava(lumpur panas)apalagi megang itu....

lagian kalo mau di bawa nya harus seimbang ngak boleh terlalu dingin tar susah di kluarin nya dari truk...
 
nahitu sekarang gue lagimikir caranya kan lumyan dapat untung banyak paling juga ama lapindo d jual murah /gg
 
si lapindo kalo mau ngambil lumpur panas harus cari pengeruk yg berani dkt2 sama lava
 
T!T!~ch@/\/ berkata:
emank teknologi ga ada yang bisa ya
ngak bisa apa?? ngeruk lava/lumpur panas??bisa sih ngeruk tanah/lumpur panas pake yg berbahan metal,tp apa lapindo mau kuar duit banyak,lagian cari lava kan susah tunggu gunung meletus:D :D :D
 
katanya mau d alirkan ke laut apa ga berbahaya tuh /swt
 
keknya malah memberi efek kesuburan buat tanah sekitarnya /hmm.

buktinya tuh tanah di daerah gunung kidul tanamannya subur, kecuali kemarau /heh
 
yosh!! kata temenku yang jurusan agriculture juga gitu, biasanya tanahnya subur..
 
Kalo dijadiin ajang Pendidikan, penduduknya tinggal dimana?? mending pindahin ke Rumah SBY kan luas tuh!
 
nah itu ada yg gue pikirkan lagi kan klo lupur segitu banyaknya keluar dari dalam pasti yg d bawah tanah keropos kan /? /hmm apa ga akan turun ke bawah tuh daratannya /? /hmm
 
iya makanya kenapa ngak di jual ke si Geroge W Bush,ato presiden lain nya,padahal investasi nya gede lhoo bwat nanoteknologi,dasar SBY ngak punya akal sehat mau di buang kelaut bikin laut kotor,bikin lumpur,truss ikan mati,polusi,kalo tsunami orang2 ketimpa lumpur dan bikin parah......

duh kalo gw bisa pindahin gw buan gke alaska dech..../gg
 
makanya itu knp ga berpikir ya klo lumpur tuh sebenarnya ada gunanya juga /swt
 
Gimana kalo kita kasih tau aja ke SBY, kita minta bagian 40% /gg /gg
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.