• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Larangan Cium Pipi di Tempat Kerja di Jerman

XiaoYanZi

IndoForum Beginner A
No. Urut
144616
Sejak
14 Jul 2011
Pesan
1.118
Nilai reaksi
38
Poin
48
VIVAnews - Sebuah komunitas etiket dan perilaku sosial mengeluarkan aturan mengenai larangan berciuman di tempat kerja. Komunitas yang menyebut diri 'Masyarakat Knigge' mengatakan, ciuman di pipi dengan rekan bisnis dirasa tidak nyaman bagi banyak orang Jerman.

Ketua masyarakat Knigge, Hans-Michael Klein, mengatakan menerima puluhan email dari pekerja menyangkut masalah ini. Ia menyarankan, para rekan bisnis sebaiknya memberi ucapan selamat dengan perilaku tradisional seperti berjabat tangan.

"Mayoritas mengatakan ini bukan perilaku khas Jerman, dan berasal dari tempat seperti Italia, Perancis, dan Amerika Selatan," ungkapnya seperti dikutip dari bbc.co.uk.

Namun begitu, ia menyatakan tidak mungkin untuk melarang orang saling mencium pipi saat di tempat kerja. "Tapi kita harus melindungi orang yang tidak ingin dicium," tambah Klein.

"Kami menyarankan, jika orang tidak keberatan, mereka dapat mengumumkan hal itu dengan pesan kertas kecil di meja mereka."

Menyikapi hal tersebut, komunitas ini mengadakan pertemuan guna membahas masalah ini dan melakukan survei. "Kebanyakan orang yang disurvei mengaku mereka tak menyukainya. Ada aspek erotis dalam ciuman, yang merupakan bentuk kontak tubuh yang umum digunakan pria untuk mendekati seorang wanita," ujarnya.
Di Eropa, ujar Klein, ada sebuah 'zona jarak sosial' sejauh 60 cm yang harus dihormati.

Masyarakat Knigge, yang menyebut diri memiliki panduan perilaku untuk masyarakat Jerman berbasis di sebuah kastil 80 km di kota Dortmund, Jerman bagian barat. Komunitas yang sama juga merilis aturan mengenai cara yang benar mengakhiri hubungan melalui pesan teks, dan bersikap saat sedang pilek di hadapan umum.
 
^
kalo bukan muhrim ya wajar gk boleh ciuman :D
bahkan kalo udah jadi muhrim pun, ciuman atau mesraan berlebihan di depan umum, lebih baik jangan. nanti bisa bikin iri pasangan lainnya -_-a
 
wah ada2 az dah
selama ga merugikan orang lain, why not gitu loh :)
 
Kalo bukan muhrim ga boleh dong ----->> bener banget apalagi di tempat kerja ...*gubrak*
 
Haha, bener banget bro, gak pantas kalo maen cium pipi di tempat kerja :D
 
wah ada larangannya jg yah ,aku kira ga ada :D
ternyata luar negeri jg ga bebas yah ada larangannya .
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.