• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Lambang Swastika Hindu

Status
Tidak terbuka untuk balasan lebih lanjut.

goesdun

IndoForum Junior A
No. Urut
32661
Sejak
7 Feb 2008
Pesan
3.022
Nilai reaksi
65
Poin
48


LAMBANG SWASTIKA HINDU

Swastika merupakan salah satu simbol yang paling disucikan dalam tradisi Hindu, merupakan contoh nyata tentang sebuah simbol religius yang memiliki latar belakang sejarah dan budaya yang kompleks sehingga hampir mustahil untuk dinyatakan sebagai kreasi atau milik sebuah bangsa atau kepercayaan tertentu.

Diyakini sebagai salah satu simbol tertua di dunia, telah ada sekitar 4000 tahun lalu (berdasarkan temuan pada makam di Aladja-hoyuk, Turki), berbagai variasi Swastika dapat ditemukan pada tinggalan-tinggalan arkeologis ( koin, keramik, senjata, perhiasan atau pun altar keagamaan) yang tersebar pada wilayah geografis yang amat luas.
Wilayah geografis tersebut mencakup Turki, Yunani, Kreta, Cyprus, Italia, Persia, Mesir, Babilonia, Mesopotamia, India, Tibet, China, Jepang, negara-negara Skandinavia dan Slavia, Jerman hingga Amerika.

Budha mengambil swastika untuk menunjukkan identitas Arya.

Makna simbul Swastika adalah Catur Dharma yaitu empat macam tugas yang patut kita Dharma baktikan baik untuk kepentingan pribadi maupun untuk umum (selamat, bahagia dan sejahtra) yaitu:
1. Dharma Kriya = Melaksanakan swadharma dengan tekun dan penuh rasa tanggung jawab
2. Dharma Santosa = Berusaha mencari kedamaian lahir dan bathin pada diri sendiri.
3. Dharma Jati=Tugas yang harus dilaksanakan untuk menjamin kesejahtraan dan ketenangan keluarga dan juga untuk umum
4. Dharma Putus=Melaksanakan kewajiban dengan penuh keikhlasan berkorban serta rasa tanggung jawab demi terwujudnya keadilan social bagi umat manusia.

Makna yang lebih dalam yaitu Empat Tujuan Hidup yaitu Catur Purusartha / Catur Warga: Dharma, Kama, Artha, Moksa.
1. Dharma = Kewajiban/kebenaran/hukum/Agama/Peraturan/Kodrat
2. Artha = Harta benda / Materi
3. Kama = Kesenangan / Hawa Nafsu
4. Moksa = Kebebasan yang abadi

Swastika dalam berbagai bangsa
Simbol ini, yang dikenal dengan berbagai nama seperti misalnya Tetragammadion di Yunani atau Fylfot di Inggris, menempati posisi penting dalam kepercayaan maupun kebudayaan bangsa-bangsa kuno, seperti bangsa Troya, Hittite, Celtic serta Teutonic. Simbol ini dapat ditemukan pada kuil-kuil Hindu, Jaina dan Buddha maupun gereja-gereja Kristen (Gereja St. Sophia di Kiev, Ukrainia, Basilika St. Ambrose, Milan, serta Katedral Amiens, Prancis), mesjid-mesjid Islam ( di Ishafan, Iran dan Mesjid Taynal, Lebanon) serta sinagog Yahudi Ein Gedi di Yudea.

Swastika pernah (dan masih) mewakili hal-hal yang bersifat luhur dan sakral, terutama bagi pemeluk Hindu, Jaina, Buddha, pemeluk kepercayaan Gallic-Roman (yang altar utamanya berhiaskan petir, swastika dan roda), pemeluk kepercayaan Celtic kuna (swastika melambangkan Dewi Api Brigit), pemeluk kepercayaan Slavia kuno (swastika melambangkan Dewa Matahari Svarog) maupun bagi orang-orang Indian suku Hopi serta Navajo (yang menggunakan simbol itu dalam ritual penyembuhan). Jubah Athena serta tubuh Apollo, dewa dan dewi Yunani, juga kerap dihiasi dengan simbol tersebut.

Di pihak yang lain, Swastika juga menempati posisi sekuler sebagai semata-mata motif hiasan arsitektur maupun lambing entitas bisnis, mulai dari perusahaan bir hingga laundry.

Bahkan perusaha besar Microsoft menggunakan lambang swastika miring ke kanan 45 derajat, mungkin sebagai lambang keberuntungan. Karena sampai saat ini tercatat sebagai perusahaan terkaya di Dunia.

Bahkan, swastika juga pernah menjadi simbol dari sebuah kekejaman tak terperi saat Hitler menggunakannya sebagai perwakilan dari superioritas bangsa Arya. Jutaan orang Yahudi tewas di tangan para prajurit yang dengan bangga mengenakan lambang swastika (Swastika yang “sinistrovere”: miring ke kiri sekitar 45 derajat) di lengannya.
Swastika sebagai lambang Dewa Ganesha (anak Shiva yang bermuka gajah), sebagai makna Catur Dharma.

Kata Krishna pada Arjuna di medan pertempuran .. ketika Arjuna harus berperang melawan saudaranya sendiri inilah yang salah ditapsirkan oleh Hitler yaitu “Lakukanlah apapun yang harus kau laukukan selama itu adalah tugasmu. Kau harus mengemban tugasmu dengan baik walaupun itu berarti harus membunuh (untuk kebaikan), karena melakukan tugasmu dengan baik adalah bentuk pengabdian pada Tuhan”

Hitler mungkin tertarik pada arti swastika makanya dia mengambil lambang swastika dan membaliknya, makanya dia bisa mambunuh dengan tanpa rasa bersalah. Karena dia berpikir apa yang diperbuatnya adalah apa yang benar. Dia berlindung dibawah Swastika yang arahnya terbalik, yang semestinya untuk makna Catur Dharma.

Om Santih, Santih, Santih
 

goesdun

IndoForum Junior A
No. Urut
32661
Sejak
7 Feb 2008
Pesan
3.022
Nilai reaksi
65
Poin
48
Jangan sekali-sekali memuja lambang swastika berwarna hitam secara terbalik, iblis cepat sekali datang menyesatkan anda.
 

Made Suryadi Artana

IndoForum Beginner B
No. Urut
23549
Sejak
8 Okt 2007
Pesan
1.029
Nilai reaksi
10
Poin
38
Jadi arti sebenarnya Swastika itu Simbol yang baik ato buruk sih

oh iya klo Buddha bukannya kebalik tuh lambang swastikanya?
 

goesdun

IndoForum Junior A
No. Urut
32661
Sejak
7 Feb 2008
Pesan
3.022
Nilai reaksi
65
Poin
48
Jadi arti sebenarnya Swastika itu Simbol yang baik ato buruk sih

oh iya klo Buddha bukannya kebalik tuh lambang swastikanya?
Swastika dari tanda (+) yang di ujung-ujungnya diberi garis pendek mendatar.

Swastika juga merupakan perlambang "jalannya matahari", yaitu sebagai simbol "gerak nan abadi" yang muncul dari arah "pergerakan semu" matahari dari timur ke barat. Gerak matahari ini terlihat, karena bumi berputar pada sumbunya dari kiri ke kanan (pradaksina), kemudian berevolusi mengelilingi matahari dari barat ke timur, sehingga matahari terlihat bergerak dari timur ke barat.

Swastika sebagai simbol agama Hindu juga memiliki makna perputaran dunia yang dijaga oleh manifestasi Kemahakuasaan Tuhan di delapan penjuru mata angin (asthadala) dan berpusat pada Siwa di titik tengah. Ke-9 manifestasi Kemahakuasaan Tuhan ini kemudian disebut Dewata Nawasanga.

Swastika simbol suci Agama Hindu yang sebagai dasar kekuatan dan kesejahteraan Bhuana Agung atau macrocosmos dan Bhuana Alit atau Microcosmos. Swastika sebagai lambang keselamat, kebahagia dan kesejahtra seluruh alam semesta.

Swastikan lebih bermakna sebagai "penyerapan" atau "pelepasan".

Arah ke kanan lebih pada pelepasan/penebaran energi keselamatan, kebahagiaan dan kesejahtraan (lebih bersifat makrokosmos dan microkosmos yaitu Panca Yadnya dan Panca Maha Yadnya)

Sedangkan kalau di balik (Swastika ke kiri) adalah lambang penyerapan (lebih bersifat microkosmos / Panca Sradha).

Swastika Buddha (Swastika ke kiri) karena ajaran buddha lebih menekankan penyerapan nilai-nilai keselamatan, kebahagiaan dan kesejahtraan. Dan warna merah tetap dipertahankan sebagai nilai-nilai dharma.


Tentu kekuatan warna Swatika juga berpengaruh dalam proses pelepasan atau penyerapan.

Kekuatan warna putih. Kekuatan warna merah. Kekuatan warna kuning. Kekuatan warna hitam. Sedangkan kekuatan warna panca warna dari porosnya diwujudkan dalam warna logam emas atau permata mirah. Kekuatan ini juga sesuai dengan kekuatan Dewa-Dewanya.

Swastika yang lengkap dan ampuh adalah yang bertitik empat di tengah-tengah setiap lekukan, ditambah dua garis masing-masing di kiri kanan swastika yang melambangkan dharma dan adharma secara seimbang. Dan porosnya adalah lambang Siwa.

Swastika yang mengarah ke kanan dan berwarna merah adalah menjadi lambang istri Ganeshya yang bersifat dharma.
Jadi Swastika adalah merah dan mengarah ke arah kanan.


Swastika mengarah ke kiri dan berwarna hitam adalah menjadi lambang istri Ganeshya yang bersifat adharma.
 

roughtorer

IndoForum Senior A
No. Urut
44416
Sejak
24 Mei 2008
Pesan
6.755
Nilai reaksi
174
Poin
63
@Goesdoen
Thanx untuk infonya, bagimana pendapat anda dengan swastika yang dipakai oleh Hitler sebagai lambang Nazi?
 

goesdun

IndoForum Junior A
No. Urut
32661
Sejak
7 Feb 2008
Pesan
3.022
Nilai reaksi
65
Poin
48
@Goesdoen
Thanx untuk infonya, bagimana pendapat anda dengan swastika yang dipakai oleh Hitler sebagai lambang Nazi?
swastika juga pernah menjadi simbol dari sebuah kekejaman Nazi saat Hitler menggunakannya sebagai perwakilan dari superioritas bangsa Arya.

Arah gerak Swastika Nazi adalah ke kiri (walaupun arah belalainya ke kanan, tapi gerakannya ke kiri) yaitu digambarkan dengan miring ke kiri 45 derajat dan berwarna hitam (Hitam lambang sifat Tamas), akibatnya :

Jutaan orang Yahudi tewas di tangan para prajurit yang dengan bangga mengenakan lambang swastika (Swastika yang “sinistrovere”: miring/bergerak ke kiri sekitar 45 derajat) di lengannya.

Hitler mungkin tertarik pada arti swastika makanya dia mengambil lambang swastika dan memutarnya 45 derajat ke kiri serta mengambil warna hitam, makanya dia bisa mambunuh dengan tanpa rasa bersalah.

Karena dia berpikir apa yang diperbuatnya adalah apa yang benar.
Dia berlindung dibawah Swastika Hitam yang miring ke kiri 45 derajat, yang artinya membalik makna Catur Dharma.

Swastika dalam makna dharma/keselamatan/keberuntungan harus perputar ke kanan, walaupun miring/bergerak kenanan seperti halnya Swastika Microsoft miring ke kanan 45 derajat tidak memakai warna hitam.
 

bebek montok

IndoForum Newbie E
No. Urut
50023
Sejak
13 Agt 2008
Pesan
58
Nilai reaksi
1
Poin
8
Swastikan dalam makna dharma/keselamatan/keberuntungan harus perputar ke kanan, walaupun miring/bergerak kenanan seperti halnya Swastika Microsoft miring ke kanan 45 derajat tidak memakai warna hitam.
swastika tidak hanya milik eksklusif orang hindu maupun budha saja lho !

swastika adalah milik semua umat manusia karena merupakan bagian dari peradaban dunia

DAN KARENA SWASTIKA MILIK SEMUA UMAT MANUSIA, SELURUH BANGSA, SWASTIKA MEMILIKI BANYAK VERSI, TOLONG JANGAN MENDEFINISIKAN SWASTIKA DARI SATU AGAMA.

UNTUK JELASNYA ANDA BISA IKUT BERGABUNG DALAM THREAD KRITIK SARAN, MILIK SAYA YG BAHAS SIGNATURE SWSTIKA
 

goesdun

IndoForum Junior A
No. Urut
32661
Sejak
7 Feb 2008
Pesan
3.022
Nilai reaksi
65
Poin
48
swastika tidak hanya milik eksklusif orang hindu maupun budha saja lho !

swastika adalah milik semua umat manusia karena merupakan bagian dari peradaban dunia

DAN KARENA SWASTIKA MILIK SEMUA UMAT MANUSIA, SELURUH BANGSA, SWASTIKA MEMILIKI BANYAK VERSI, TOLONG JANGAN MENDEFINISIKAN SWASTIKA DARI SATU AGAMA.

UNTUK JELASNYA ANDA BISA IKUT BERGABUNG DALAM THREAD KRITIK SARAN, MILIK SAYA YG BAHAS SIGNATURE SWSTIKA
Swastika merupakan salah satu simbol tertua (sudah ada sejak 5.000 SM lalu sebagai simbol perdamaian) dan yang paling disucikan dalam tradisi Hindu (Lambang Agama Hindu), serta memiliki makna tertentu sesuai Hindu.

Lantas dalam perkembanganya Swastika banyak mengalami perubahan.
Misalnya di Bali Swastika berubah menjadi Penjor, dan memiliki makna yang sama "Keselamatan".
Dan Penjorpun sudah banyak dipakai oleh kalangan di luar Hindu bisa jadi pengertiannya sudah tidak sesuai dengan Hindu atau hanya sekedar hiasan saja.
 

Made Suryadi Artana

IndoForum Beginner B
No. Urut
23549
Sejak
8 Okt 2007
Pesan
1.029
Nilai reaksi
10
Poin
38
swastika tidak hanya milik eksklusif orang hindu maupun budha saja lho !



DAN KARENA SWASTIKA MILIK SEMUA UMAT MANUSIA, SELURUH BANGSA, SWASTIKA MEMILIKI BANYAK VERSI, TOLONG JANGAN MENDEFINISIKAN SWASTIKA DARI SATU AGAMA.

UNTUK JELASNYA ANDA BISA IKUT BERGABUNG DALAM THREAD KRITIK SARAN, MILIK SAYA YG BAHAS SIGNATURE SWSTIKA
Sorry klo menurut gw, bukan sombong yahh. Agama Hindu Itu adalah agama tertua. jadi luu simpulkan sendiri deh.:D
 

roughtorer

IndoForum Senior A
No. Urut
44416
Sejak
24 Mei 2008
Pesan
6.755
Nilai reaksi
174
Poin
63
Sorry klo menurut gw, bukan sombong yahh. Agama Hindu Itu adalah agama tertua. jadi luu simpulkan sendiri deh.:D
Swastika Buddha jelas merupakan pengaruh dari Hindu sebagai agama tertua. Ada usaha dari si Monyet Pintar, Monkey atau Bebek Montok, untuk mengkaburkan bahwa swastika agama sama dengan swastika Hitler. Itu yang sedang diusahakan untuk dibereskan.

Untuk penjelasan dari sisi Hindu, saya sangat berterima kasih :):):)
 

JakaLoco

IndoForum Beginner A
No. Urut
32015
Sejak
31 Jan 2008
Pesan
1.188
Nilai reaksi
19
Poin
38
@made suryadi artana & @rougtorer

Yg jelas pelopor dan pemilik sah Swastika adl Hindu dan pemilik sah Swastika ke kiri adalah Buddha..
gak usah pake dipatenkan segala!
semua orang juga tahu..hahahaha..
yg lain cuma pada ngikut aja!!asal bikin..
 

bedahOtak

IndoForum Newbie D
No. Urut
54518
Sejak
8 Okt 2008
Pesan
101
Nilai reaksi
3
Poin
18
pernah saya baca....itu merupakan kumpulan 4 huruf el(pake huruf besar)..
L=LOVE
L=LIGHT
L=LIBERTY
L=...lupa yg satu
hihihii....maaf yak
 

goesdun

IndoForum Junior A
No. Urut
32661
Sejak
7 Feb 2008
Pesan
3.022
Nilai reaksi
65
Poin
48
pernah saya baca....itu merupakan kumpulan 4 huruf el(pake huruf besar)..
L=LOVE
L=LIGHT
L=LIBERTY
L=...lupa yg satu
hihihii....maaf yak
Bukan saja benda-benda tetapi gerak alam pun digambarkan dengan perlambang dunia berputar dan alam semesta ini pun berputar sesuai dengan eclipsnya masing-masing. Kapan perputaran itu berhenti maka suatu pertanda kemunduran atau kemusnahan. Gerak alam yang terus berputar itu dilambangkan dengan Swastika yang artinya selamat.
Maksudnya apa pun yang bergerak di alam ini adalah lambang kehidupan dan keselamatan, apa pun yang tidak bergerak adalah lambang kemunduran dan kematian.

Agama Hindu menggunakan lambang Swastika sebagai lambang pengharapan mendapatkan keselamatan dari Ida Sanghyang Widhi. Selama angin mendesir, selama air mengalir, selama semuanya masih beredar, selama itulah umat Hindu percaya bahwa Ida Sanghyang Widhi menganugrahkan keselamatan.

Dalam Hindu Swastika adalah hukum untuk mencapai Moksa.

Kalau 4 L sebagai hukum untuk mencapai "LIBERTY", tentu L yang dimaksud adalah L yang mestinya berada paling pertama yaitu "LIFE".
 

JakaLoco

IndoForum Beginner A
No. Urut
32015
Sejak
31 Jan 2008
Pesan
1.188
Nilai reaksi
19
Poin
38
Kalau 4 L sebagai hukum untuk mencapai "LIBERTY", tentu L yang dimaksud adalah L yang mestinya berada paling pertama yaitu "LIFE".
Betul juga, seandainya kita gak LIFE alias benda mati emangnya kita bisa ngapain?
 

*LuCiFer*

IndoForum Junior B
No. Urut
43036
Sejak
9 Mei 2008
Pesan
2.677
Nilai reaksi
92
Poin
48
Gambar swatika yang benar yang mana sih,,,, :-/ apa yang ke kanan ato ke kiri



atau

 

JakaLoco

IndoForum Beginner A
No. Urut
32015
Sejak
31 Jan 2008
Pesan
1.188
Nilai reaksi
19
Poin
38
Gambar swatika yang benar yang mana sih,,,, :-/ apa yang ke kanan ato ke kiri



atau

kedua-duanya benar,
yg ke kanan adl milik Hindu sedangkan ke kiri adl milik Buddha..
masing2 Swastika tersebut memilki artinya masing2 tetapi tujuannya sama..
mungkin anda pernah mendengar Siwa -Buddha, nah . . .
Siwa-Buddha menyatakan "Bhineka Tunggal Ika . . Siwa Buddha tan hana dharma mangrawa" yg artinya Siwa dan Buddha berbeda tetapi satu jua, memilki jalan yg berbeda tapi tujuan akhirnya sama!

oya tolong ganti gambar Swastika anda yg ada di FA,
yg anda posting itu Swastika Hindu bukan swastika NAZI, thank you...
 

*LuCiFer*

IndoForum Junior B
No. Urut
43036
Sejak
9 Mei 2008
Pesan
2.677
Nilai reaksi
92
Poin
48
Saya tidak ada pikiran untuk menjelekkan HINDU,,,, tapi gambar yang saya post adalah dari situs HITLER adalah KRISTEN SEJATI (clue dari saya)....

coba bro tanya,,, ke anak SMA ato SMP kasih tanda swastika,,,, "ini simbol apa pasti mayoritas dia akan menjawab NAZI"

karena NAZI terkenal dengan SWASTIKA,,, sedangkan HINDU ato BUDHA terkenal dengan patung BUDHAnya,,,

semoga bro maklum,,, oh iya saya kasih clue lagi tentang tanda salib,,,,




source gambar h++p://www.indocell.net/yesaya/pustaka2/326bf440.jpg

Anda buka h++p://www.indocell.net/yesaya/pustaka2/ maka anda akan masuk ke situs kristen,,,, jadi bukan saya menjelekkan HINDU,,,,
 

goesdun

IndoForum Junior A
No. Urut
32661
Sejak
7 Feb 2008
Pesan
3.022
Nilai reaksi
65
Poin
48
Saya tidak ada pikiran untuk menjelekkan HINDU,,,, tapi gambar yang saya post adalah dari situs HITLER adalah KRISTEN SEJATI (clue dari saya)....

coba bro tanya,,, ke anak SMA ato SMP kasih tanda swastika,,,, "ini simbol apa pasti mayoritas dia akan menjawab NAZI"

karena NAZI terkenal dengan SWASTIKA,,, sedangkan HINDU ato BUDHA terkenal dengan patung BUDHAnya,,,

semoga bro maklum,,, oh iya saya kasih clue lagi tentang tanda salib,,,,




source gambar h++p://www.indocell.net/yesaya/pustaka2/326bf440.jpg

Anda buka h++p://www.indocell.net/yesaya/pustaka2/ maka anda akan masuk ke situs kristen,,,, jadi bukan saya menjelekkan HINDU,,,,
Swastika lahir duluan baru Nazi, Jadi yang numpang terkenal tentu Nazi.
 

roughtorer

IndoForum Senior A
No. Urut
44416
Sejak
24 Mei 2008
Pesan
6.755
Nilai reaksi
174
Poin
63
Saya tidak ada pikiran untuk menjelekkan HINDU,,,, tapi gambar yang saya post adalah dari situs HITLER adalah KRISTEN SEJATI (clue dari saya)....

coba bro tanya,,, ke anak SMA ato SMP kasih tanda swastika,,,, "ini simbol apa pasti mayoritas dia akan menjawab NAZI"

karena NAZI terkenal dengan SWASTIKA,,, sedangkan HINDU ato BUDHA terkenal dengan patung BUDHAnya,,,

semoga bro maklum,,, oh iya saya kasih clue lagi tentang tanda salib,,,,




source gambar h++p://www.indocell.net/yesaya/pustaka2/326bf440.jpg

Anda buka h++p://www.indocell.net/yesaya/pustaka2/ maka anda akan masuk ke situs kristen,,,, jadi bukan saya menjelekkan HINDU,,,,
YAng pasti swastika Hindu atau Buddha, tidak satupun yang miring 45 derajat seperti swastika Hitler.... Ini yang kadang bikin rancu.
 
Status
Tidak terbuka untuk balasan lebih lanjut.
 URL Pendek:

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG

Atas.