• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Kota Berbentuk 8 Diagram

magnum

IndoForum Activist C
No. Urut
1320
Sejak
27 Mei 2006
Pesan
14.143
Nilai reaksi
417
Poin
83
kotadiagram.jpg


Yin Yang Tai chi sebagai pusat, dikelilingi 64 jalan di segala penjuru, tidak ada rambu lalu lintas, orang asing yang masuk ke sana akan pusing tujuh keliling.

Dalam 8 diagram Tiongkok, selain dipakai untuk meramal, juga merupakan rancangan tata letak kota yang terbaik. Di Xinjiang terdapat sebuah kota berbentuk 8 diagram yang terbesar dan paling sempurna di dunia, kota tersebut tampak memancar dalam bentuk lingkaran, tata letak jalan bagaikan istana gaib yang memukau, jalan-jalan sambung menyambung, dan dipastikan tidak akan dapat melihat keunikannya begitu masuk ke kota, namun, jika menaiki menara peninjau setinggi 50 meter lebih di pusat kota, maka anda akan dapat memandang tanah cekungan berbentuk 8 diagram ini.

Pusat kota ini berupa Yin Yang Tai Chi sebagai pusat alun-alun 8 diagram, membentangkan 8 jalur utama seperti sinar dengan sudut dan jarak yang sama berdasarkan posisi 8 diagram, masing-masing jalur utama panjangnya 1.200 meter dan tiap sepanjang 360 meter di buat sebuah jalan lingkar yang menghubungkan ke-8 jalur utama tersebut dan secara keseluruhan memiliki 4 jalan lingkar dari pusat yang menuju ke luar menurut urutan, di antaranya 1 lingkar 8 lorong, 2 lingkar 16 lorong, 3 lingkar 32 lorong dan 4 lingkar 64 lorong. Jalan-jalan ini membentuk 64 simbol menurut posisi 8 diagram, secara lengkap mencerminkan 64 simbol dan 386 palang dalam matematik Yijing.

Kota berbentuk 8 diagram ini memiliki satu keunikan : jalan-jalan raya kota tidak ada rambu lalu lintas. Sebab tiap jalan sambung menyambung dan berhubungan satu sama lain, bagi kota kabupaten ini tidak akan membuat macet, mobil yang berseliweran dan pejalan kaki yang lalu lalang ke arah manapun pasti akan sampai di tempat tujuan, karena itu pada 1996 lalu, dinas terkait membatalkan penunjuk rambu lalu lintas.

Selain tidak ada rambu lalu lintas, kota berbentuk 8 diagram juga masih memiliki keunikan lain, yakni mudah mengubah haluan bagi orang dari luar daerah. Konon katanya, seorang supir dari luar daerah kelebihan membawa barang (over load) di mobilnya, setelah mobilnya sampai di kota berbentuk 8 diagram tersebut, si supir baru menyadari mungkin ia akan bertemu dengan polisi lalu lintas di jalan. Lalu, ia berjalan membelok dengan pikiran mudah-mudahan tidak ada polisi, namun bagaimanapun dia berputar tetap saja tidak dapat menghindari polisi lalu lintas. Ia tidak yakin dan terus memutar, akhirnya ia begitu terus berputar sepanjang malam. Ke-esokannya, si supir yang kelelahan menceritakan peristiwa yang dialaminya kepada rekan-rekannya dan akhirnya menjadi bahan cerita yang lucu. Sebetulnya, yang dilihat supir yang berputar pusing tujuh keliling sepanjang malam itu adalah polisi lalu lintas di persimpangan jalan lapangan alun-alun kebudayaan pusat 8 diagram itu. (Sumber Merit Times-Taiwan)
 
wew....

Indo bikin kota gitu bisa nga ya??
 
tergantung dari niat aja klo bikin kayak gitu /heh
 
bisa aja kalau mau buat,
asal ada tempat yg strategis,bersih,dah gitu asal lingkungan nya tergaja,
kalau cape2 di buat ehh kgk di jaga ,sebentaran udah berubah.
lagipula pembangunannya agak lama....
dah gitu susah&ribet pula design nya /hmm

tapi itu kota keren jg sih /no1 /heh
 
keren bgt...
indonesia mau bikin kota kyk gitu mah susah...
walaupun bisa paling bertahan beberapa hun doang.
 
Gambarnya nga bisa diperbesar ya boos.. Aq penasaran banget niee... :D
 
wiw.... what a very nice of it....
Baru tau nich ada kota kaya gitu...
Bentuknya keren sih....

Tapi kok ga ada polisi and rambu gt ... ~_~''a... /wah
 
^
emang di Indo ada kota kaya gitu?
kgk ada,misalnya doang

Gambarnya nga bisa diperbesar ya boos.. Aq penasaran banget niee... :D
maap itu udah ga bs di perbesar,biar bisa tapi pecah....
cuma dapet gambar itu doang

wiw.... what a very nice of it....
Baru tau nich ada kota kaya gitu...
Bentuknya keren sih....

Tapi kok ga ada polisi and rambu gt ... ~_~''a... /wah

map nya kekecilan jg sich,
cuma dapet gambar itu doang....
susah cari gambar nya

/sry yah
 
oh ya baru nyadar gw... nga ada rambu2...

lalu lintasnya gimana?
 
jakarta paling rapi aja cuma monas dipeta /swt
 
wahhhh.........keren banget...andaikan aja di indonesia ada kek gituh ya?
paste jadi pemasukan deh buat pembangunan yang lainnya.../heh
 
keyen"
emang ahli yang tata na
salut g kalo Ind kyk gt
 
ada tau di indonesia mau bikin di deket bandara soekarno hatta tp kayak nya masih lama jadi nya saya baru liat miniatur nya doank
 
wew?/swt

salut buat kk magnum/no1

bentuknya kayak "spell" buat summon ja

kira2 entar yg kluar apa ya/heh
 
/hmm itu mungkinbisa juga d terapin d indo buat menarik wisatawan ya /hmm
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.