• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Komodo, Kendaraan Tempur Teranyar Buatan Negeri Sendiri

yan raditya

IndoForum Addict E
No. Urut
163658
Sejak
31 Jan 2012
Pesan
24.461
Nilai reaksi
72
Poin
48
s2Z1P.jpg

Tanpa banyak gembar-gembor, PT Pindad yang selama ini lebih dikenal sebagai produsen senjata api standar TNI ternyata sudah mulai memroduksi kendaraan tempur jenis Rantis atau kendaraan taktis. Kendaraan yang mirip paduan truk dan panser ini dinamai sesuai hewan khas Indonesia yaitu Komodo.

Kini PT Pindad bahkan sedang memproduksi enam unit Komodo pesanan Kopassus, TNI AD dan Brimob Polri. “Sekarang sedang kami produksi keenamnya dan ditargetkan 5 Oktober sudah selesai,” kata Manajer Pengembangan Produk PT Pindad, Sena Maulana yang memajang desain buatannya di RITech Expo 2012 di Sasana Budaya Ganesha, Bandung, Kamis (9/8/2012).

v7K4S.jpg

Prototipe Komodo dipajang bersama berbagai armada lainnya seperti panser Anoa seri terbaru Pindad, roket RX-550 buatan Lapan, beberapa mobil listrik dan lain-lain di halaman Gedung Sabuga. Enam unit pesanan itu yakni dua Komodo varian pendobrak untuk 10 personil pesanan Kopassus, tiga Komodo varian Armoured Personnel Carrier (APC) atau pembawa pasukan untuk 10 personil untuk Brimob dan satu versi pengangkut/peluncur rudal antiserangan udara Mistral untuk TNI AD.

Komodo ini, ujar Sena, berfungsi mengintai kondisi jalan dan alam sekitar, kondisi penduduk setempat, kondisi cuaca, atau kekuatan musuh dengan kondisi medan berat seperti jalan berlumpur, berpasir, serta bergunung-gunung, dan mampu menerjang tanjakan 31 derajat dan kemiringan sisi 17 derajat. Komodo seberat 4 ton dan berdaya jelajah 450 km ini ujarnya, selain engine, seluruhnya buatan Pindad yang selesai prototipenya sejak Maret 2012 dan bisa dipesan dan dimodifikasi sesuai keinginan.

Selain Komodo, Pindad juga mengeluarkan versi terbaru dari Anoa, panser angkut pasukan berpenggerak enam roda yang sebelumnya sudah selesai diproduksi sebanyak 150 unit untuk TNI, yang 13 di antaranya dipesan untuk misi perdamaian PBB di Lebanon.
 
hebat juga ya...mantap..
Indonesia Bisa...!!
 
terbukti indonesia gak kalah dengan negara luar.
Kalo ada kekurangan, lebih baik sama-sama diperbaiki, bukan untuk dihina dan kemudian gak digunakan.
Kalo prototipe adalah percobaan, maka hasil selanjutnya harus lebih baik.

:iloveindonesia
 
gitu dong......
kalo kita bisa bikin sendiri knapa mesti import.
kalaupun kemampuannya gak sebagus produk luar, gak apalah.
Kan gak dipake buat perang ini.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.