• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Kolam Purba di Kutub Utara Mengering

Creationz

IndoForum Junior E
No. Urut
6396
Sejak
10 Sep 2006
Pesan
1.516
Nilai reaksi
261
Poin
83
es_kutubutara.jpg

Daratan es di kota Longyearbyen, Norwegia.

CHICAGO, SELASA - Kolam purba di Kutub Utara mengering selama musim panas dan peningkatan suhu telah menguapkan genangan air dangkal.

Menurut para peneliti asal Kanada, penguapan kolam itu - yang sebagian telah ada selama ribuan tahun - menggambarkan betapa dahsyatnya dampak pemanasan global, sehingga mengancam keberadaan danau yang menjadi habitat burung dan lahan pembiakan bagi banyak hewan.

Selama 34 tahun terakhir, para peneliti dari University of Amberta di Edmonton dan Queen’s University di Kingston, Ontario, telah melacak kolam di Cape Herschel, yang terletak di pantai timur Ellesmere Island di Nunavut, yang dulunya termasuk Northwest Territories, Kanada.

Tahun lalu, ketika mereka kembali untuk memeriksa, sebagian dari kolam yang berusia 6.000 tahun tersebut telah hilang. "Kami terkejut. Kami tiba awal pada pertengahan Juli dan kolam yang telah kami pantau itu kering. Sebagian kolam tersebut telah kering sama sekali. Sebagian lagi baru saja kehilangan beberapa sentimeter terakhir airnya," kata Marianne Douglas, Direktur dari Canadian Circumpolar Institute di University of Alberta.

"Sungguh mengagetkan menyaksikan betapa cepatnya ini terjadi. Kami dapat melihat kecenderungan ini telah mulai terjadi beberapa waktu lalu tapi kami sama sekali tak menyangka itu akan bertambah cepat," kata Douglas, yang pekerjaanya disiarkan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Douglas mengatakan, studi mengenai endapan di dasar kolam itu - yang memiliki kedalaman kurang dari 2 meter - memperlihatkan bukti-bukti bahwa perubahan cuaca mulai terjadi sekitar 150 tahun lalu.

Para peneliti tersebut mulanya memperkirakan kolam tersebut bakal tetap ada tapi perubahan telah terjadi dengan sangat cepat. "Kami tidak mengetahui sejauh mana pemanasan atau pengeringan ini akan berlangsung," kata Douglas dalam suatu wawancara telepon.

Douglas, John Smol dari Queen’s University dan rekan mereka mengambil contoh air untuk mengukur kandungan mineral dan endapan di dalam air. Mereka membandingkannya dengan data dari tahun 1980-an dan mendapat perubahan yang mencolok. Penguapan telah membuat endapan itu jauh lebih terpusat.

Mereka juga mendapati bahwa kolam yang dulunya tetap beku sampai pertengahan Juli, kini tidak memiliki es dan paling tidak itu diperkirakan terjadi mulai akhir Mei. "Tak mengherankan bahwa kami menyaksikan penguapan terjadi," katanya.

Perubahan tersebut akan memiliki dampak besar pada burung dan hewan yang bergantung atas sumber air itu bagi kelangsungan hidup dan pengembang-biakan.
 
Lagi-lagi global warming effect....[-([-(
Kacian bumi kita.../sob
 
yup sekali lagi itu efek dari pemanasan global tuh /swt /swt
 
wah222
mesti cepet2 siapin rumah terapung deh....
 
wah bikin bahtera deh kayak nabi nuh
bedanya di atasnya itu hotel bintang 5 /heh
 
bedeh... gimana nih solusinya jadinya?
 
solusinya kita bikin rumah di dasar lautnya,
jd ky cerita2 githu,
ad mnusia yg hdp di laut trus ada yg berthn di atas permukaan,
1 hari di bwh laut = 1 tahun di atas permukaan laut,
nguaranggg.......huehuehueh...
 
loh, sekarang kan lagi marak banjir, di amerika banjir, inggris banjir, indonesia langganan........ wekekkeke. es di kutub mencair, tenggelam lah kita.........

*nyiapin AC buat di taro di Kutub........ /gg
 
siap2 minta ampun ma Tuhan ahh....
kiamat sudah dekat :D
 
loh, sekarang kan lagi marak banjir, di amerika banjir, inggris banjir, indonesia langganan........ wekekkeke. es di kutub mencair, tenggelam lah kita.........

*nyiapin AC buat di taro di Kutub........ /gg

lo ngasih AC malah tambah parah /swt
kalo yg ramah lingkungan seh gpp :-" (ada ngg ya /?)
 
hmmm sptnya kita sudah mulai harus berpkir nih apa yang harus kit alakukan apabila air d kutub sudah mulai mencair dan menggenangi bumi karena dampak dari pemanasan global /sob
 
lo ngasih AC malah tambah parah /swt
kalo yg ramah lingkungan seh gpp :-" (ada ngg ya /?)

ada, kipas yg biasa di pake tukang sate lagi bakar sate ;))


yah,uda gini baru nyadar de /swt /hmm
biarpun masi lom kiamat
 
mau gimana lg akibat yg di timbulkan oleh pabrik2 industi dan rumah kaca mmg bgitu, namun jika tak ada pabrik2 tsb kita tdk bakalan menikmati hidup sprti skrg ini.

serba salah /wah
 
menurut kita tambah maju
tapi se benar na tambah mundur /sob
 
serem BUt pengetahuan tentang jaman dolo akan bertambah...
 
memang dalam kehidupan kita bertambah maju dan maju terus tetapi dalam kesehatan lingkungan tidak dapat kita pungkiri bahwa kita mengalami kemunduran yang sangat banyak dan itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan baik itu kesehatan manusia maupun dunia itu sendiri /sob
 
pasrah aja deh..
semoga aja bumi kita normal lagi ke dulu...klo semua es mencair....bisa" kita kembali ke zaman es deh.../wah
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.