• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Kiat Sukses "Menjual" Ide

Katsurou

IndoForum Newbie D
No. Urut
97541
Sejak
17 Mei 2010
Pesan
101
Nilai reaksi
7
Poin
18
Partisipasi setiap individu dibutuhkan untuk menyukseskan kerja tim. Termasuk kontribusi ide dari setiap anggota tim. Anda boleh saja meyakini memiliki ide cemerlang, tetapi jika kesulitan meyakinkan orang lain untuk memercayai ide Anda, percuma juga.

Masalah utamanya terletak pada fokus perhatian Anda. Banyak orang yang gagal menyampaikan pendapat, ide, dan tak berhasil meyakinkan orang lain karena hanya berkonsentrasi pada apa yang ingin disampaikan. Anda melupakan bahwa mereka seharusnya juga memosisikan diri di pihak orang lain yang ingin diyakinkan oleh idenya.

Inilah caranya agar orang lain meyakini ide cemerlang Anda:

1. Pahami tujuan Anda
Tanyakan kepada diri Anda, apa tujuan Anda memberikan ide, dan dengan cara apa Anda akan menyampaikannya. Jika Anda ingin meyakinkan atasan bahwa Anda memiliki solusi yang lebih tepat untuk menjawab masalah di kantor, pastikan apa yang menjadi tujuan utamanya. Sekadar memberikan ide tanpa memahami tujuan dan memilih caranya, rasanya akan sia-sia saja.

2. Tuliskan hal positif dari ide Anda
Buatlah daftar hal positif dari ide Anda, dan fokuslah pada hal positif tersebut. Jadi, saat Anda menyampaikan pesan kepada orang lain tentang ide Anda, nilai positif inilah yang menjadi acuannya. Anda akan lebih fokus menyampaikan ide dan meyakinkan orang lain dengannya.

3. Tuliskan hal negatif dari ide Anda
Anda juga perlu melakukan antisipasi atas segala kemungkinan. Temukan sisi negatif dari ide Anda dan cari celah yang kemungkinan akan dikritisi orang lain. Pikirkan kemungkinan pertanyaan atau penolakan dari orang lain terhadap ide Anda. Lalu siapkan jawaban atau respons yang akan Anda berikan untuk menjawab semua sanggahan dari sasaran Anda.

4. Pasarkan ide Anda

Sebelum melontarkan ide, cobalah dekati teman yang bisa dipercaya. Tanyakan pendapat mereka tentang ide Anda, baik dari sisi negatif maupun positif. Dukungan dari teman terdekat pasti akan membuat Anda lebih kuat dan percaya diri.

Selamat mencoba.

Sumber: 2achieveyourgoals
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.