• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Kesepian

AzV

IndoForum Activist A
No. Urut
58206
Sejak
30 Nov 2008
Pesan
21.205
Nilai reaksi
306
Poin
83
ISOLASI sosial atau kesepian memengaruhi tingkah laku manusia dan otak manusia bekerja. Bahkan kesepian juga merusak kesehatan, sama halnya dengan merokok.

Demikian hasil sebuah penelian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan The American Association for The Advancement Science. Penelitian tersebut merupakan penelitian pertama yang menggunakan scan fMRI untuk mengkaji hubungan antara isolasi sosial (kesepian) dengan aktivitas di dalam otak. Hal tersebut seperti dikutip dari Health24.

Penelitian terhadap 23 mahasiswa ditujukan untuk mengukur tingkat kesepian mereka. Saat dipindahi dengan scan fMRI, mereka diperlihatkan gambar-gambar tidak menyenangkan, konflik pada manusia, dan juga hal-hal menyenangkan, seperti uang dan orang bahagia.

Para peneliti menemukan bahwa ventral striatum menjadi lebih aktif pada mereka tidak kesepian dan saat mereka diperlihatkan gambar-gambar orang yang berada pada situasi menyenangkan.

Ventral striatum, sebagai pembelajar kritis adalah bagian kunci pada otak yang aktif lewat rangsangan utama, seperti makanan, dan rangsangan sekunder, seperti uang. Penghargaan sosial dan perasaan cinta juga mengaktifkan bagian otak ini.

Sebaliknya, temporoparietal junction (saraf yang mengatur otak untuk membedakan diri sendiri dengan orang lain dan pemahaman situasi di sekitar kita) menjadi kurang aktif saat kita kesepian dan saat diperlihatkan gambar-gambar orang yang berada pada situasi tidak menyenangkan.

Kerja saraf pada otak ini turut memengaruhi kesehatan tubuh. Mereka yang kesepian tingkat kesehatannya cenderung menurun.

"Kesepian merusak kesehatan, sama halnya dengan merokok," tegas John Cacioppo, salah satu peneliti dari Chicago University.

Maka dari itu orang-orang yang sehari-harinya menutup diri sebaiknya memperbaiki cara hidup mereka dan muilai melakukan interaksi dengan orang-orang di sekitarnya, entah itu keluarga, teman kerja, tetangga, dll untuk menghindari anda terserang rasa KESEPIAN
 
Gw sebenarnya agak kesepian, soalnya teman2 sekelas gw banyakan kurang cocak buat gw ajak bergaul, jadi palingan teman gw cuma itu2 aja...
 
emg kesepian tuh g enak bgt.. huh! gw bencii klo kesepian.. lsg pingin kabur dr rumah, jalan2 ma temen2 sebanyak mgkn.. i hate 2 be lonely!! grrrrr

______________________________________________________________________________________

:)BARANG BAGUS NEH!! BARU DI INDONESIA DAN PERTAMA DI indo forum!:)
MADE IN USA..
DERMA MATRIX MASKER COLLAGEN [BUKAN KERTAS!!]
MENGATASI KANTUNG MATA, LINGKAR HITAM MATA,
PAYUDAYA KENDUR / TURUN..
DAN UNTUK WAJAH MENDUNG..
CLICK MY THREAD: https://www.forum.or.id/showthread.php?t=61655
 
gw sama dg si om tusuksate....
 
Makanya cari temen jangan pilih-pilih tapi harus hati-hati
 
Amit...Amit...
Anak Bagong mau post...

slagi IF masih ada, insyallah sy gak kan kesepian......thank's all... /gawi
Nais info & Keep Posting....... /no1
Grazie...... /thx /thx /thx
 
gw kadang juga merasa kesepian, disaat memerlukan orang lain , malah ga ada 1 pun yang bisa hadir disamping gw...
padahal tmn itu bgt banyak.. tapi kadang ga ada yng bisa diandalkan
 
kesepian ? kalau ingin dirumah ya buka IF saja /heh
kalau mau keluar ya jalan2 ke mall
 
Soal kesepian biasanya identik dengan kesendirian ..
masalahnya, kita di rahim ibu sendirian, ntar pas di dalem kubur juga sendirian ..
klo kesepian lebih membawa manfaat dari pada keramaian, kenapa tidak ?
menurut saya lho ? /heh
 
Gw sering kesepian di tengah keramaian.....wkwkwkw =)) Justru ga kesepian kalo buka IF :D
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.