• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Kesejahteraan Umat Awam (Sukses Seorang Wanita)

virya

IndoForum Beginner E
No. Urut
36574
Sejak
17 Mar 2008
Pesan
455
Nilai reaksi
11
Poin
18


Pada suatu ketika Yang Terberkahi berdiam di Savatthi di Taman Timur, di Istana Ibu Migara. Kemudian Visakha - ibu Migara - mendekati Yang Terberkahi, menghormat Beliau dan duduk di satu sisi. Yang Terberkahi kemudian berkata kepadanya:
"Visakha, bila seorang wanita mempunyai 4 (empat) kualitas, dia menuju kejayaan di dunia sekarang dan sukses di dunia ini. apakah yang 4 (empat) itu?

"Di sini, Visakha, seorang wanita mampu di dalam pekerjaannya; dia mengatur pembantu rumah tangga; dia berperilaku dengan cara yang disetujui oleh suaminya; dan dia menjaga penghasilan suaminya.

"Dan bagaimana seorang wanita mampu di dalam pekerjaannya? Di sini, Visakha, dia terampil dan rajin dalam pekerjaan rumah tangga suaminya, entah dengan wol maupun katun; dia menyelidiki cara-cara yang tepat, dan mampu bertindak dan mengatur semuanya dengan baik. Dengan cara inilah seorang wanita mampu di dalam pekerjaannya.

"Dan bagaimana seorang wanita mengatur pembantu rumah tangga? Di sini, Visakha, mengenai para pembantu rumah tangga suaminya - entah budak atau pembantu atau pekerja - dengan pengawasan langsung dia mengetahui apa yang telah mereka lakukan atau yang tidak dapat mereka lakukan, dia mengetahui ketika mereka sakit atau sehat, dan dia membagikan kepada masing-masing jatah makanan yang tepat. Dengan cara inilah seorang wanita mengatur pembantu tangga.

"Dan bagaimana seorang wanita berperilaku dengan cara yang disetujui oleh suaminya? Di sini, Visakha, seorang wanita tidak akan melakukan tindakan salah yang tidak disetujui suaminya, sekalipun jika dia harus mengorbankan kehidupannya. Dengan cara inilah seorang wanita berperilaku dengan cara yang disetujui oleh suaminya

"Dan bagaimana seorang wanita menjaga penghasilan suaminya? Di sini, Visakha, apa pun yang dibawa pulang suaminya - entah uang atau biji-bijian, perak atau emas - dia berhasil melindungi dan menjaganya, dan dia bukan pemboros, pencuri, pembuang atau penghambur kekayaan suaminya. Dengan cara inilah seorang wanita menjaga penghasilan suaminya.

"Bilamana, Visakha, seorang wanita memiliki 4(empat) kualitas ini dia menuju kejayaan di dunia sekarang dan sukses di dunia ini.

Tetapi bila dia memiliki 4 (empat) kualitas lainnya, dia menuju kejayaan di dunia lain dan sukses di dunia lain itu. Apakah yang 4 (empat) itu?

"Di sini, Visakha, seorang wanita mantap dalam Keyakinan, Moralitas, Kedermawanan, dan Kebijaksanaan.

"Dan bagaimana seorang wanita mantap dalam Keyakinan? Di sini, Visakha, seorang wanita memiliki Keyakinan; dia menempatkan Keyakinan pada pencerahan sempurna Sang Tathagata demikian: 'Yang Terberkahi adalah Arahat ... (seperti Teks 92) ... guru para dewa dan manusia, Yang Tercerahkan, Yang Terberkahi.' Dengan cara inilah seorang wanita mantap dalam Keyakinan.

"Dan bagaimanakah seorang wanita mantap dalam Moralitas? Di sini, Visakha, seorang wanita tidak melakukan perbuatan menghancurkan kehidupan, mencuri, berperilaku seks yang salah, berucap yang salah, dan minum anggur, minuman keras dan apa pun yang bersifat meracuni, yang merupakan landasan bagi kelalaian. Dengan cara inilah seorang wanita mantap dalam Moral.

"Dan bagaimanakah seorang wanita mantap dalam Kedermawanan? Di sini, Visakha, seorang wanita berdiam di rumah dengan pikiran tanpa noda kekikiran, dia dermawan secara bebas, suka menolong, gembira dalam melepas, orang yang senang beramal, bergembira dalam berdana dan berbagi. Dengan cara inilah seorang wanita mantap dalam Kedermawanan.

"Dan bagaimanakah seorang wanita mantap dalam Kebijaksanaan? Di sini, Visakha, seorang wanita memiliki Kebijaksanaan yang melihat ke dalam muncul dan lenyapnya fenomena, yang agung dan menembus serta menuju pada hancurnya penderitaan secara total.

"Bilamana seorang wanita memiliki 4 (empat) kualitas ini, dia menuju kejayaan di dunia lain dan sukses di dunia lain itu.

 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.