• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Keong Racun dan Fenomena Pemasaran Internet

Constantine

IndoForum Senior A
No. Urut
64676
Sejak
19 Feb 2009
Pesan
6.946
Nilai reaksi
320
Poin
83
Satu topik yang tengah populer di internet saat ini adalah "video Keong Racun". Jika tak membuka video tersebut di situs Youtube, orang akan menyangka video itu mengenai keong racun, jenis siput liar yang beracun. Namun ternyata bukan!

Apakah gerangan "video Keong Racun" itu? Video ini berisi tampilan dua orang gadis cantik asal Bandung yang menyanyi secara lipsync lagu Keong Racun (yang dinyanyikan Lissa). Artinya mereka tak menyanyi, melainkan hanya mulutnya menirukan suara dalam lagu itu. Banyak orang yang merasa aneh, kenapa video itu jadi populer.

Tapi itulah fenomena internet! Video tersebut kini banyak yang mengunduh lalu mengunggahnya kembali ke Youtube. Salah satunya, sudah dilihat oleh lebih dari dua juta orang di Youtube.

Banyak analisa dialamatkan pada video tersebut. Ada yang menyebut, video itu populer karena yang tampil di dalamnya dua orang gadis cantik. Lagu dangdut Keong Racun sendiri sudah lama beredar dan tak meledak. Namun begitu kedua gadis bernama Sinta dan Jojo (Jovita Adityasari) meng-upload atau mengunggahnya ke Youtube, lagu itu jadi populer dan mengangkat Jojo jadi bintang baru karena ditawari berbagai peran mulai dari jadi penyanyi, model, dan sebagainya gara-gara video tersebut.

Efek Viral Video
Jika melihat ke belakang, viral video (video yang disebar melalui website jaringan sosial) sudah lama menjadi alat pendongkrak popularitas baik yang positif maupun yang negatif. Tentu saja yang negatif tak perlu dibahas. Sedangkan yang positif kerap tak gampang membuatnya. Ada banyak produk yang dirancang sedemikian rupa untuk mendongkrak branding melalui media internet, tapi ternyata gagal. Padahal sudah didukung teknologi perekaman video yang canggih dan biaya besar.

Sebaliknya, ada video amatiran yang dibuat sekadarnya justru melejit menjadi populer. Lihat misalnya, bagaimana Blendtec, perusahaan produsen blender kecil Amerika, yang meluncurkan video unik "Will it blend?" di Youtube. Video itu menampilkan pemilik perusahaan, Tom Dickson, yang merekam dirinya sedang mem-blender ponsel (bukan buah atau sayuran) di blender buatannya (Blendtec). Bahkan setiap kali ada ponsel baru Tom pasti mem-blender-nya dan meng-upload videonya ke Youtube. Satu videonya bisa dilihat oleh lebih dari 8 juta orang. Gara-gara ini Tom populer dan bisnisnya juga berkembang.

Tom melakukan sesuatu yang tak biasa, sedikit menghibur dan membuat penasaran. Blender yang seharusnya untuk mem-blender buah atau sayuran malah mem-blender barang sekuat ponsel. Ternyata Tom ingin menunjukkan bahwa pisau-pisau blender-nya memang tajam, jangankan buah plastik pun bisa dibuat bubuk.

Menurut sejumlah pakar pemasaran, agar suatu viral video banyak yang melihat, gunakan video yang mengandung unsur humornya. Video "Keong Racun" ada humor dan penampilan "artisnya" apa adanya. Tom Dickson juga demikian. Dan kalau melihat video berikut yang merupakan video di Youtube yang paling banyak dilihat sepanjang masa, kita semua akan menemukan jawabannya, kenapa kita mau berkali kali melihatnya. Video ini amatir, lucu, jujur, dan apa adanya. Video berjudul Charlie bit my finger - again! sudah dilihat sebanyak 215 juta kali hingga hari ini sejak di-upload tiga tahun lalu.

Source: andriewongso dot com

=============================

Ada benernya juga sih....cukup memberikan ide bagi para pemasar internet ya untuk meningkatkan omset bisnis nya.....

Selanjutnya.... terserah anda /gg
 
mantep gan..
jadi terinspirasi nih
 
nice threat gan... thanks
money.jpg
 
iyah tuh bang dgn ada nya tuh vidio makin berkembang fenomena pemasaran intrnet na
malah jadi bagus tuh buat inspirasi
 
yup tu q setojo....
internet mah bisa di bilang gudangnya ilmu...
jadi pengen kirim video gitu juga....
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.